Skip to main content

10 Things To Do in Berlin (Jelajah Berlin 1 Hari-Part 2)

cerita sebelumnya Jelajah Berlin Part 1 

6. THE BERLIN WALL

Cerita yang tidak pernah lepas dari Berlin adalah keberadaan Tembok Berlin yang menjadi saksi bisu dari Perang Dunia II. Berhubung waktu yang sempit, sayangnya saya hanya bisa mengunjungi bagian sebelah barat dari Tembok Berlin

Things to do in Berlin
Berlin Wall
Sedikit bercerita, Tembok Berlin pada dasarnya di bangun dalam upaya untuk membendung gelombang pengungsi yang berusaha meninggalkan Berlin Timur. Pemerintah komunis Jerman Timur mulai membangun tembok untuk membagi menjadi Berlin Timur dan Berlin Barat. Pembangunan tembok ini menyebabkan krisis jangka pendek dalam hubungan blok AS-Soviet, dan tembok itu menjadi lambing Perang Dingin.
Tembok Berlin di bangun pada tahun 1961 dengan panjang tembok adalah 155 meter (91 mile). Diding-dinding tembok terbuat dari beton dan diperkuat dengan balok-balok baja. Sedangkan pada atas tembok, ditutup dengan kawat berduri. Selama periode 1961-1989, setidaknya telah terbunuh lebih dari 130 orang yang mencoba untuk melewati tembok perbatasan. Dan lebih dari 5.000 orang berhasil lolos melewati Tembok Berlin. Hingga pada tanggal 9 November 1989, menjadi moment runtuhnya Tembok Berlin yang menjadi pembatas Jerman Timur & Jerman Barat selama lebih dari 25 tahun.

7. AMPELMANN TRAFFIC SIGN

Umumnya tanda rambu lalu lintas berbentuk lingkaran dengan warna hijau dan merah. Tapi tidak dengan di Berlin!. Tanda rambu disini memiliki bentuk yang unik. Kenalkan, namanya “Amplemannchen”. Ampelmann yang berarti “little traffic light man” adalah tanda rambu lalu lintas untuk penyeberangan jalan di Berlin Timur. Dirancang oleh Karl Pegulau, seorang psikolog lalu lintas, pada bulan Oktober 1961. Pertama kali di buat bertujuan untuk metode publisitas media agar lebih mudah dikenali. Namun, sejalannya waktu, Ampelmann di gunakan sebagai tanda lampu lalu lintas untuk memudahkan para para pejalan kaki saat akan menyeberang jalan.
Things To Do in Berlin
Ampelmann Traffic Sign
Sama seperti pada umumnya, warna rambu Ampelmann yaitu merah dan hijau. Ampelmann hijau digambarkan seorang pria yang menghadap ke samping, dengan melangkahkan satu kaki (seakan berjalan), memakai topi kecil dan terlihat bentuk hidung. Jika tanda ini menyala, berarti pejalan kaki diperbolehkan untuk menyeberang jalan.
Sedangkan, Ampelmann merah digambarkan seorang pria yang menghadap ke depan (seakan menghadap langsung ke wajah kita) dengan merentangkan kedua tangan. Jika tanda ini menyala, berarti pejalan kaki tidak diperbolehkan untuk menyeberang jalan.

8. CHECKPOINT CHARLIE

Sepanjang jalan Friedrichstadt menjadi salah satu spot paling diminati para wisatawan untuk berfoto. Di jalan ini, dahulunya merupakan tempat pos pemeriksaan setelah dibangunnya Tembok Berlin. Terdapat tiga pos pemeriksaan, yaitu Checkpoint A (Alpha), Checkpoint B (Bravo), dan Checkpoint C (Charlie). Dari ketiganya, Checkpoint Charlie adalah yang paling terkenal. Hal ini dikarenakan, Checkpoint Charlie merupakan jalur akses satu-satunya untuk personil sekutu, diplomat, wartawan ataupun pengunjung non-Jerman dapat melintasi perbatasan masuk ke Berlin Timur. Checkpoint Charlie resmi dihapuskan pada bulan Juni 1990 setelah runtuhnya Tembok Berlin dan bersatunya kembali Jerman Barat dan Jerman Timur.
Tempat wisata di berlin
Checkpoint Charlie
Replika yang terdapat di jalan ini dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Seperti bangunan pos pemeriksaan, tumpukan karung pasir, bendera AS dan penjaga berseragam. Dan biasa menjadi bahan dalam cerita-cerita film ataupun novel yang bertemakan Perang Dingin. . Selain itu, ada yang menarik ditempat ini. Yaitu dua portrait perwira yang berada di pusat jalan utama. Dua perwira tersebut dikenal seorang Prajurit Amerika bernama Jeff Harper, dan seorang Prajurit Rusia yang tidak diketahui namanya. Kedua perwira ini menjadi ikon Checkpoint Charlie, karena pernah ditempatkan pada awal tahun 1990.

9. THE HOLOCAUST MEMORIAL

Saya dibuat takjub dengan memorial ditempat ini. Bukan karena arsitekturnya, tapi karena jumlahnya yang sangat banyak dan semua memiliki design yang sama. Tempat memorial ini bernama “The Murdered Jews of Europe” atau biasa disebut dengan “The Holocaust Memorial”. Memorial yang ditujukan untuk mengenang dan memperingati orang-orang Yahudi yang terbunuh di Eropa akibat geonisida Nazi saat Perang Dunia II.
Things To Do in Berlin
Holocoust Memorial
Design dari memorial ini dirancang oleh Peter Eisenman, seorang arsitek dari New York. Arsitekturnya sangat sederhana. Hanya berbentuk balok persegi dengan warna abu-abu polos. Berada di area seluas 19.000 m2 , sejauh mata memandang ada begitu banyak prasasti balok persegi dengan berbagai ukuran dan tinggi yang berbeda-beda, yaitu sekitar 2.711 prasasti. Kumpulan prasasti terbuat dari beton dan dilapisi dengan cat anti-grafiti, jadi tidak bisa untuk di corat-coret. Tingginya prasasti ada yang lebih rendah, bahkan ada yang lebih tinggi dari ukuran orang dewasa. Jarak antar graffiti juga tidak terlalu lebar serta jalan yang tidak merata. Jadi, disarankan untuk tidak memanjat prasasti. Kesan abstrak dan terbuka, dimaksudkan sebagai perenungan untuk mengenang enam juta orang yang meninggal dalam kejadian tersebut.

10. TRABI CAR

Things To Do in Berlin
Trabi Car

Yang satu ini ikon paling menarik di Berlin. Mobil klasik dengan tampilan yang eyecatching. Apalagi kalau bukan Trabi Car namanya. Trabi Car atau Trabant Car adalah mobil klasik keluaran Jerman di tahun 1957-1990 yang diproduksi oleh VEB Sachsenring. Dan menjadi mobil yang paling diminati di Jerman Timur sebelum jatuhnya Tembok Berlin.
Kata “Trabant” dapat diartikan sebagai “Fellow Traveller”. Jadi, tepat jika mobil klasik satu ini menjadi sahabat perjalanan wisatawan untuk berkeliling Berlin. Sama halnya dengan penyedia moda transportasi lainnya seperti city tour bus atau velotaxi. Penyedia Trabi Car juga menyediakan berbagai pilihan rute yang bervariasi. Wisatawan bisa memilih dengan driver (guide) atau tanpa driver. Karena Trabi Car adalah jenis mobil kecil, jadi kapasitasnya hanya muat untuk empat orang dewasa. Wisatawan dapat berkendara menggunakan Trabi Car dengan durasi tur sekitar dua jam, dan biaya tiket mulai dari € 49/orang.

11. THE TOPOGRAPHY OF TERROR

Karena hari sudah menjelang sore, saya hanya sempat mengunjungi museum outdoor yang cukup terkenal di Berlin. Namanya Topograhie des Terros atau dalam bahasa Inggris “Topography of Terror”. Museum adalah pusat pameran dan dokumentasi yang mencakup sejarah terror dan propaganda selama era Nazi di tahun 1933-1945. Museum yang didirikan tahun 1987, ditemukan oleh tim arkeolog dan sejahrawan saat mereka menggali di sekitar kota yang terdapat kawah bom, dan menemukan sisa-sisa ruang bawah tanah.
Tempat wisata di berlin
Topography of Terror
Untuk museum indoornya lebih banyak menerangkan dan menampilkan mengenai lokasi, korban dan peran Nazi dalam menduduki wilayah di Eropa. Sedangkan museum outdoornya diberi judul “Berlin 1933-1945 between Propaganda and Terror” menggambarkan peran ibukota di pemerintahan Nazi, words quotes disepanjang media kaca, dan sisa-sisa bekas peninggalan saat wilayah ini di bom rata pada akhir Perang Dunia II. Museum yang dibuka untuk umum setiap harinya dapat dinikmati wisatawan secara gratis.
Tempat wisata di berlin

SPOT SIGN WAY

Sebenarnya tidak ada yang menarik ataupun harus diceritakan mengenai petunjuk jalan ini. Saya hanya men-capture-nya untuk mengingat kembali tempat-tempat mana saja yang sudah saya datangi. Petunjuk jalan untuk menuju tempat wisata sudah cukup jelas disini, jadi tidak perlu ragu lagi untuk tersasar. Jalani, nikmati dan resapi, mengenal lebih dekat dengan sejarah Berlin.




 📰🎉Artikel ini dipublish pada Harian Jawa Pos Halaman My Journey April 2018

Comments

Popular posts from this blog

Mengurus Visa China Ternyata Hanya 4 Hari!!

Travel plan saya selanjutnya adalah mengunjungi Shanghai, Cina. Untuk dapat mengunjungi Cina, tentunya harus siap dengan visa-nya. Nah, saya mau berbagi sewaktu saya mengurus visa China :-) fresh bulan April 2012 dan ternyata sangat mudah dan simpel. Karena baru pertama kali mengurus visa sendiri, jadi saya sangat interest sekali searching informasi. Untuk website resminya bisa klik disini VISA FOR CHINA . Sebenarnya persyaratan untuk mengurus visa China tidak terlalu banyak, yuk follow my feeds dibawah ini ;-) Buka website resminya, pelajari visa apa yang mau kamu ambil dan tujuannya untuk apa, lihat di sini JENIS-JENIS VISA CHINA & PERSYARATAN  Kalau saya tujuannya untuk traveling biasa, jadi saya ambil Tourism and family visit visa (L-Visa) Isi formulir permohonan dengan lengkap , kamu bisa download  VISA APPLICATION FORM atau bisa langsung APPLY ONLINE . Kalau saya pribadi, sudah apply online, jadi isi data via online, setelah data lengkap dan tersimpan, ot

4 Rekomendasi Tempat Wisata Belanja di Shanghai

Wisata belanja di Shanghai memang tidak ada habisnya. Namun, yang paling membuat saya tertarik adalah market-market tradisionalnya, sangat unik dengan berbagai macam jajanan pasar. Berikut ini saya akan berikan  tempat belanja yang berhasil saya kunjungi selama di Shanghai yang bisa jadi referensi teman-teman. Mari follow my journey  di bawah ini ya :) Nanjing Road Nanjing Road merupakan pusat jalan perbelanjaan utama di Shanghai. Ini jalan yang panjang hingga beberapa kilometer yang saling terhubung. Terdiri dari Nanjing Rd Timur dan Nanjing Rd Barat. Nanjing Rd Timur paling dekat dengan The Bund, sedangkan Nanjing Rd Barat dekat dengan People's Square. Pada siang hari, Nanjing Road penuh menggeliat dengan riuhnya para pengunjung. Outlet-outlet disepanjang jalan menawarkan merek-merek terkenal yang tak terhitung jumlahnya dengan kualitas yang bagus tentunya. Nanjing Road memang pusat perbelanjaan modern dengan tetap menyajikan konsep tradisional. Terbukti dengan ma

Nabung di Bank BRI, Kena Pajak!!

Disini saya mau berbagi tentang pengalaman saya menabung di BRI beberapa bulan kemarin, karena saya pikir menabung di bank pemerintah seperti BRI, tidak ada banyak potongan yang macam-macam. Sebelumnya saya menabung di Bank Muamalat Syariah yang sebenarnya sudah cocok sekali dan tidak banyak memberikan potongan kepada nasabah kecuali untuk biaya administrasi yang relatif masih dibawah Rp 10ribu. Tapi karena desakan orangtua untuk di pindah ke bank pemerintah, akhirnya saya memutuskan untuk membuka rekening di Bank BRI dekat kantor saya. Pembukaan rekening saya dengan setoran Rp 600ribu. Masih di bulan yang sama,saya mentransfer setoran ke rekening BRI sebesar Rp XX.000.000,- (maaf off the record). Pada bulan berikutnya, saya mendapatkan bunga bank sebesar Rp 28.036,-. Dan saya cukup kaget ketika saya mengetahui tabungan saya dikenakan pajak yang tidak ada ketentuannya berapa persen. Yang terpotong saat itu pajaknya Rp 5.607,- belum lagi potongan administrasi sebesar Rp 10ribu.

16 Things To Do In Shanghai (Part 1 - Sightseeing Shanghai)

Salah satu tujuan trip untuk solo traveling saya yang pertama adalah Shanghai, China. Satu minggu, saya habiskan waktu hanya di kota Shanghai, dan memang tidak membuat itenary untuk mengunjungi kota lain seperti Beijing. Mungkin saya ingin lebih dekat dengan kota Shanghai, sebagai kota Metropolis dari China. Untuk penerbangan ke China, saya menggunakan Singapore Airlines,dengan tujuan Pudong International Airport. Keberangkatan pagi hari jam 09:10, transit di Singapura, dan berlanjut jam 13:00 menuju Shanghai. Lama perjalanan Singapura-Shanghai sekitar 4 jam 45 menit. Tiba di Shanghai sekitar jam 7 malam. Sedangkan kembali ke Jakarta, saya ambil keberangkatan malam hari jam 19:10 tiba di Singapura jam 01:00 dini hari. Hanya saja, transit di Singapura agak lama 5 jam, jadi lumayan buooseenin. Berlanjut penerbangan ke Jakarta pagi jam 07:00, delay satu jam dari awal jadwal 05:00 Sedangkan untuk budget cost sendiri, rasanya bukan ala backpacker :-D

Weekend Banking BCA KCP Grand Indonesia

Bagi nasabah BCA,layanan weekend banking sangat membantu dalam memudahkan nasabahnya melakukan transaksi di hari Sabtu dan Minggu. Waktu itu saya menggunakan layanan ini untuk pembukaan rekening baru. Layanan weekend banking BCA diwilayah Jakarta Selatan & Jakarta Pusat hanya dilayani di dua lokasi,yaitu KCP Grand Indonesia dan KCP Pondok Indah Mall. Layanan Weekend Banking ini buka setiap Sabtu dan Minggu (Kecuali hari libur) dari pukul 10.00-15.00 WIB.  Untuk itu, saya memilih mendatangi kantor BCA di Grand Indonesia yang masih dekat dengan kantor. Hampir saja saya salah tujuan lokasi Bank BCA. Karena layanan weekend banking BCA bukan berlokasi di Menara BCA(tepat di depan jalan utama Grand Indonesia), tapi berada di Grand Indonesia Westmall Lantai LG. Sayangnya, saya tidak bisa melakukan pembukaan rekening baru, karena kartu identitas saya beralamatkan di Depok. Layanan pembukaan rekening baru pada saat weekend hanya melayani pembukaan rekening dengan kartu identitas wil

16 Things To Do In Shanghai (Part 2 - Sightseeing Shanghai)

Pada Part 1 yaitu tempat-tempat menarik untuk dikunjungi selama di Shanghai , saya sudah memberikan 5 tempat menarik di Shanghai. Nah, berlanjut di Part 2, masih sama, rekomendasi tempat-tempat menarik seperti temple, mesjid, garden, dan gedung tertinggi, dan arena. Follow my journey  di bawah ini ya 😄  6. Yu Yuan Garden and Bazaar Yu Yuan Garden adalah taman paling terkenal di Shanghai. Terletak di jantung Kota Tua Shanghai, dan salah satu tempat wisata paling menarik dan menjadi pusat kunjungan para turis di Shanghai.  Dekat dengan Yu Yuan Garden dapat ditemui pasar dengan sederetan outlet-outlet, rumah makan, yang menjual berbagai macam produk, mulai dari souvenir, pakaian, makanan khas, dan lain-lain. Suasananya rame betul, belum lagi bangunan-bangunan sekitar pasar yang terlihat sangat klasik khas tradisional China. Harga souvenir di sini relatif murah, mulai dari harga 5 RMB-90 RMB tergantung dari jenis souvenir. Untuk produk baju harganya bisa diatas 100 RMB.

16 Things To Do In Shanghai (Part 3 - Sightseeing Shanghai)

Masih berlanjut dari Part 1 dan Part 2 tentang tempat-tempat apa saja sih yang bisa dikunjungi dan menarik di Shanghai. Dan pada bagian terakhir ini yaitu Part 3, tempat menarik lainnya diantaranya makam nasional, masih seputar temple, tengok kebon binatang ala Shanghai, jajal penasaran naik gedung tertinggi di Shanghai. Yuk, checkidot di follow my journey 😃 11. Longhua Pagoda & Longhu Temple Longhu Temple Temple kali ini yang saya datangi berada jauh dari pusat kota Shanghai. Saya menggunakan taksi untuk menuju ke temple ini, daerah tempat ini memang jarang dikunjungi untuk para turis untuk hari-hari biasa, terkecuali mereka yang ingin bersembahyang atau ada kegiatan perayaan. Temple ini berada persis di samping pembangunan gedung bertingkat. Dan katanya, temple ini termasuk temple tertua di Shanghai. Terletak di Jalan Longhua sebelah selatan kota. Longhua Park terkenal dengan Longhua Temple dan Longhua Pagoda. Longhua Temple adalah kuil tertua di Shanghai y

Jalan-jalan ke Singapura ala Backpackers

Nuny & Neni This is me and my best friend, Neni. Beberapa waktu lalu, kami berdua backpacking ke Singapura. Jadi, memang kami siapkan sendiri, mulai dari beli tiket penerbangan sampai reservasi hostel. Banyak hal yang menarik selama 2 hari berada di Singapura, mulai dari bermalam di Changi Airport,sampai ketempat-tempat wisata,seperti Resort Island Sentosa. Berbagi cerita, semoga bisa memberikan informasi yang menyenangkan :) Mengurus Tiket dan Reservasi Penginapan Saat ini t iket penerbangan ke Singapura sangat mudah didapat,banyak airlines yang menyediakan jadwal penerbangan ke Singapura bahkan dengan harga promo yang sangat murah. Diantaranya ada Mandala Airlines, Air Asia Airlines, Batavia Air,Tiger Airways, Lion Air. www.thehivebackpackers.com Untuk reservasi penginapan,cukup mudah. Di Singapura banyak tersedia pilihan penginapan dari hostel backpackers sampai hotel berbintang. Salah satu hostel tujuan saya adalah The Hive Backpackers,yang t

4D3N Backpacking Malaysia Singapore Part 1 (Living in Chinatown Kuala Lumpur)

Setelah menyesuaikan waktu perjalanan dengan jadwal libur kami. Saya bersama sahabat saya, Ms. Neni berencana untuk  melakukan backpacking kembali. Tempat yang kami tuju masih dekat yaitu Malaysia dan Singapura. Perjalanan selama empat hari, kami mengunjungi Malaysia 2 hari 2 malam, dan Singapore 2 hari 1 malam. Ada banyak cerita menarik yang dapat dibagikan, termasuk juga beberapa tips bagi yang ingin berjalan-jalan hemat,tapi ngga ketinggalan untuk berkeliling tempat-tempat menarik di negara tujuan. Nuny & Neni Tiket Penerbangan Pulang-Pergi  Untuk penerbangan kali ini saya menggunakan jasa penerbangan Air Asia dan JetStar. Seperti diketahui Air Asia adalah pesawat asal Malaysia, dengan memanfaatkan tiket promo-nya, lumayan bisa mengurangi budget travel . Meskipun kami harus berangkat 3 bulan sesudahnya dari sejak diberlakukannya tiket promo :). Untuk penerbangan Air Asia dengan rute Jakarta - Kuala lumpur (tiket Rp 279ribu include tax airport) dan Kuala lump