Skip to main content

3 Gejala Cacingan Ini Perlu Diketahui, Segera Cegah Dengan Konvermex

Bagi para ibu seringkali dibuat khawatir ketika si buah hati terkena cacingan karena menimbulkan rasa tidak nyaman pada buah hati dan membuat anak menjadi kurang nafsu makan sehingga berat badannya menurun. Penyakit cacingan memang lazim ditemukan pada anak-anak khususnya di usia sekolah. Sebab, aktivitas anak-anak yang bermain dan mengeksplor segala tempat yang kemungkinan bisa jadi terkontaminasi berbagai bibit penyakit. Tapi tahukah moms, kalau orang dewasa juga bisa kena cacingan loh. Nah, kok bisa? Yuk moms,  kita kenali seperti apa sih penyakit cacingan itu, bagaimana gejalanya pada orang dewasa dan anak-anak, serta pencegahan apa yang bisa dilakukan untuk melindungi keluarga dari penyakit cacingan, berikut ini ulasannya.

Apa itu Penyakit Cacingan ?

Dalam tubuh manusia adalah tempat bersemayamnya berbagai parasit, salah satunya cacing. Untuk bisa hidup didalam tubuh manusia, beberapa jenis cacing parasit dalam bentuk larva atau telur yang masuk melalui mulut atau menembus kulit, lalu ke pembuluh darah dan bertahan hidup dengan didalam usus manusia, bahkan dapat pula masuk ke dalam organ tubuh lain. Mereka bertahan hidup dengan mengambil sari-sari makanan yang masuk ke usus.

Moms, penyakit cacingan disebabkan oleh cacing-cacing parasit tersebut yang bersarang dan menginfeksi didalam usus manusia. Jenis cacing yang menyerang tubuh manusia beragam mulai  dari  cacing kremi, cacing gelang, cacing tambah dan cacing pita. Begitupun gejala yang ditimbulkan bervariasi dari setiap jenis cacing yang menginfeksi tubuh. Gejala ringan seperti gatal, ruam, nyeri perut, dan jika abai menangani dapat memicu komplikasi yang menggangu kesehatan seperti infeksi saluran kemih, radang vagina dan stunting  (malnutrisi)

Siapapun bisa terkena penyakit cacingan ya moms.  Penularannya yang mudah sehingga orang dewasa pun bisa terjangkit penyakit ini. Penyebab infeksi cacing terjadi karena adanya kontak langsung kulit dengan benda yang terkontaminasi. Misalnya menyentuh air atau tanah kotor yang mengandung larva cacing, mengonsumsi daging mentah/kurang matang, kurang menjaga kebersihan, dan sanitasi yang buruk 

Orang yang cacingan pun bisa menularkan ke yang lain. Kenapa?. Saat menggaruk pada area yang gatal, biasanya pada area anus & vagina. Telur cacing dapat masuk ke jari-jari bersembunyi dibawah kuku. Ketika menyentuh benda atau permukaan lain, telur cacing akan berpindah tempat.  Jadi, hati-hati ya moms! Selalu anjurkan keluarga untuk mencuci tangan dengan sabun, cuci bersih dengan air panas pakaian dalam, sprei, handuk, pakaian tidur dan jaga kebersihan tubuh dengan benar. 

Bagaimana gejala cacingan itu?

Sebagai cara pencegahan terhadap penyakit cacingan, moms perlu banget mengetahui dan mengenali sebanyak mungkin gejala yang ditimbulkan tiap jenis cacing parasit. Mendeteksi awal gejala adalah lebih baik agar moms dapat segera melakukan pengobatan yang tepat. Nah, bagaimana gejala cacingan pada orang dewasa dan anak-anak Yuk, ketahui 3 gejala cacingan dari tiga jenis cacing parasite berikut ini

1. Gejala cacingan disebabkan cacing kremi

Infeksi cacing kremi (Enterobius vermicularis) adalah yang paling umum dialami pada manusia. Cacing ini dapat hidup di pencernaan manusia khususnya di bagian usus besar dan rektum. Bentuknya kecil dan berwarna putih memiliki panjang sekitar 5-13 milimeter. 

Kenapa bisa terinfeksi cacing kremi? Karena nih moms, secara tidak sadar telah memakan larva cacing melalui makanan atau benda yang sudah terkontaminasi dengan cacing tersebut. Setelah tertelan, cacing menuju ke sistem pencernaan dan akan memproduksi telur dalam jumlah yang sangat banyak di lipatan kulit di sekitar anus saat kita sedang tidur. 

Meski cacingan bukan kondisi yang serius, tetapi menimbulkan gejala yang bikin menganggu dan tidak nyaman, yakni:

  • Rasa gatal di bagian anus, terutama pada malam hari
  • Insomnia atau kesulitan tidur
  • Ruam atau iritasi di sekitar anus dan vagina
  • Nyeri perut
  • Mual
  • Nafsu makan berkurang 
  • Berat badan menurun

Bagi perempuan, jika cacing berpindah ke area vagina dapat menimbulkan gatal di daerah vagina, dan lebih rentan mengalami komplikasi contohnya peradangan vagina (vaginitis) dan keputihan. 

2. Gejala cacingan disebabkan cacing gelang

Cacing gelang (Ascaris lumbricoides) adalah parasit yang hidup dan berkembang biak di dalam usus manusia. Ukuran panjang cacing gelang dewasa bisa mencapai lebih dari 30 cm dan dapat dilihat dengan mata telanjang. Cacing ini umumnya ditemukan di tempat dengan fasiltas sanitasi yang kurang memadai dan kebersihan yang buruk.  

Penularannya dapat terjadi bila telur cacing masuk ke dalam tubuh. Nah, telur cacing ini dapat ditemukan pada tanah yang terkontaminasi oleh tinja manusia. Oleh karenanya, bahan makanan yang tumbuh ataupun hewan yang mencari makan di tanah tersebut, dapat menjadi media peyebab infeksi cacing gelang. Buat para moms yang punya binatang peliharaan seperti anjing dan kucing, penting untuk berhati-hati membawa binatang di ruang terbuka agar menghindari terjadi perpindahan telur cacing ke manusia.

Moms, cacing gelang biasanya menginfeksi organ tubuh pada bagian paru-paru dan usus. Jadi, gejalanya sesuai dengan organ tubuh yang terinfeksi. Jika menyerang organ paru-paru gejala yang muncul meliputi:

  • Demam
  • Batuk
  • Nyeri pada dada
  • Sesak napas
  • Ada darah di dalam dahak. 

Sedangkan jika menyerang organ usus, gejala yang ditimbulkan antara lain:

  • Muntah
  • Mual
  • Diare 
  • Nyeri perut
  • BAB berdarah
  • Penurunan berat badan
  • Nafsu makan menurun.

3. Gejala cacingan disebabkan cacing tambang

Penyakit cacing tambang adalah infeksi cacing yang sebagian besar disebabkan oleh parasit Ancylostoma duodenale dan Necator americanus. Infeksi cacing tambang ini sangat berisiko bagi mereka yang suka menghabiskan waktu diruang terbuka tanpa alas kaki. Lantaran kedua cacing dapat hidup di tanah yang lembab, hangat dan terhindar dari sinar matahari langsung. Lingkungan dengan sanitasi yang buruk, sehingga feses yang mengandung cacing tambang akan mengkontaminasi tanah dan air  disekitarnya. Jangan lupa moms, kalau mengonsumsi daging mentah/setengah matang juga memiliki risiko terkontaminasi telur cacing. 

Gatal dan ruam di kaki merupakan gejala awal dari infeksi cacing tambang yang sering kali tidak disadari. Gejala ini dapat terjadi ketika cacing tambang memasuki kulit. Gejala berikut ini pada kulit yang terinfeksi cacing tambang:

  • Permukaan kulit memerah atau berubah warna
  • Muncul benjolan berisi padat pada kulit (papula)
  • Permukaan kulit kasar dan bersisik seperti ular, sebesar 2-3 mm. 

Setelah dari kulit, cacing bisa masuk ke saluran pencernaan, berkembang di usus dan menimbulkan beberapa gejala, seperti:

  • Sakit perut atau perum kram
  • Diare
  • Nafsu makan menurun
  • Berat badan menurun
  • Kelelahan
  • Demam
  • Anemia
  • Cacing ditemukan di muntah dan feses

Kapan pencegahan dilakukan?

Meski kasus penyakit cacingan terjadi secara tidak sengaja, moms perlu memperhatikan cara pencegahan untuk menekan risikonya

✔️Menjaga kebersihan diri dan lingkungan tempat tinggal. Seperti rutin mencuci tangan dan kaki sebelum dan sesudah beraktivitas dengan menggunakan sabun, rutin potong kuku, hindari melakukan kebiasaan mengigit kuku yang bisa membuat telur cacing masuk ke mulut, dan selalu menggunakan alas kaki saat berjalan di ruang terbuka seperti pantai dan taman. 

✔️Makan dan masak yang matang. Pastikan moms memasak bahan makanan hingga matang, khususnya daging. Jika ingin di makan mentah seperti buah dan sayuran, pastikan sudah di cuci bersih. Sedangkan jika ingin makan daging mentah, pastikan sudah terbebas dari cacing. 

✔️Menggunakan alas kaki saat keluar rumah agar telur cacing tidak berkontak langsung dengan kulit kaki ataupun masuk melalui jari-jari.

✔️Minum obat cacing. Apabila terdapat anggota keluarga yang terjangkit penyakit cacingan, moms dapat melakukan konsultasi ke dokter atau langkah cepat dan tepat yakni mengonsumsi obat cacing Pyrantel Pamoate yang termasuk kategori obat bebas seperti Konvermex

Konvermex, Obat Cacing Keluarga

Konvermex adalah obat cacing keluarga untuk melindungi dari penyakit cacingan. Bahan aktif Konvermex menghancurkan cacing di tubuh. Kandungan Pyrantel Pamoate  melumpuhkan dan menghancurkan cacing serta mengeluarkannya dari dalam tubuh tanpa memerlukan pencahar. 

Konvermex mengobati penyakit cacingan yang disebabkan oleh parasite saluran pencernaan, baik tunggal maupun campuran:

  • Cacing kremi (Enterobius vermicularis)
  • Cacing gelang (Ascaris lumbricouides)
  • Cacing tambang (Ancylosstoma duodenale
  • Cacing tambang (Necator americanus) 
  • Cacing Trichostrongylus colubriformis dan Orientalis. 

Konvermex tersedia dua varian obat cacing dewasa dan obat cacing untuk anak dalam bentuk suspense dan tablet/kaplet, yaitu 

  • Suspensi 125 mg untuk dosis anak – anak di bawah 12 thn
  • Suspensi  250 mg untuk dosis dewasa
  • Tablet 125 mg untuk dosis anak
  • Kaplet 250 mg untuk dosis dewasa

Aturan Pakai Dosis sekali minum (atau ikuti petunjuk di kemasan).

Untuk menjaga dan memastikan keluarga terhindar dan tidak terjadinya penularan (memutus siklus penularan) penyakit cacingan ini, dianjurkan agar minum obat cacing secara rutin setiap 6 bulan sekali secara bersamaan dengan seluruh anggota keluarga.. Ayo saling jaga kesehatan dan kebersihan agar terhindar dari cacingan.

Konvermex dapat dibeli di apotek dan supermarket, juga bisa via online:


Comments

Popular posts from this blog

Mengurus Visa China Ternyata Hanya 4 Hari!!

Travel plan saya selanjutnya adalah mengunjungi Shanghai, Cina. Untuk dapat mengunjungi Cina, tentunya harus siap dengan visa-nya. Nah, saya mau berbagi sewaktu saya mengurus visa China :-) fresh bulan April 2012 dan ternyata sangat mudah dan simpel. Karena baru pertama kali mengurus visa sendiri, jadi saya sangat interest sekali searching informasi. Untuk website resminya bisa klik disini VISA FOR CHINA . Sebenarnya persyaratan untuk mengurus visa China tidak terlalu banyak, yuk follow my feeds dibawah ini ;-) Buka website resminya, pelajari visa apa yang mau kamu ambil dan tujuannya untuk apa, lihat di sini JENIS-JENIS VISA CHINA & PERSYARATAN   Kalau saya tujuannya untuk traveling biasa, jadi saya ambil Tourism and family visit visa (L-Visa) Isi formulir permohonan dengan lengkap , kamu bisa download  VISA APPLICATION FORM atau bisa langsung APPLY ONLINE . Kalau saya pribadi, sudah apply online, jadi isi data via online, setelah data lengkap dan tersimpan,

4 Rekomendasi Tempat Wisata Belanja di Shanghai

Wisata belanja di Shanghai memang tidak ada habisnya. Namun, yang paling membuat saya tertarik adalah market-market tradisionalnya, sangat unik dengan berbagai macam jajanan pasar. Berikut ini saya akan berikan  tempat belanja yang berhasil saya kunjungi selama di Shanghai yang bisa jadi referensi teman-teman. Mari follow my journey  di bawah ini ya :) Nanjing Road Nanjing Road merupakan pusat jalan perbelanjaan utama di Shanghai. Ini jalan yang panjang hingga beberapa kilometer yang saling terhubung. Terdiri dari Nanjing Rd Timur dan Nanjing Rd Barat. Nanjing Rd Timur paling dekat dengan The Bund, sedangkan Nanjing Rd Barat dekat dengan People's Square. Pada siang hari, Nanjing Road penuh menggeliat dengan riuhnya para pengunjung. Outlet-outlet disepanjang jalan menawarkan merek-merek terkenal yang tak terhitung jumlahnya dengan kualitas yang bagus tentunya. Nanjing Road memang pusat perbelanjaan modern dengan tetap menyajikan konsep tradisional. Terbukti dengan ma

Nabung di Bank BRI, Kena Pajak!!

Disini saya mau berbagi tentang pengalaman saya menabung di BRI beberapa bulan kemarin, karena saya pikir menabung di bank pemerintah seperti BRI, tidak ada banyak potongan yang macam-macam. Sebelumnya saya menabung di Bank Muamalat Syariah yang sebenarnya sudah cocok sekali dan tidak banyak memberikan potongan kepada nasabah kecuali untuk biaya administrasi yang relatif masih dibawah Rp 10ribu. Tapi karena desakan orangtua untuk di pindah ke bank pemerintah, akhirnya saya memutuskan untuk membuka rekening di Bank BRI dekat kantor saya. Pembukaan rekening saya dengan setoran Rp 600ribu. Masih di bulan yang sama,saya mentransfer setoran ke rekening BRI sebesar Rp XX.000.000,- (maaf off the record). Pada bulan berikutnya, saya mendapatkan bunga bank sebesar Rp 28.036,-. Dan saya cukup kaget ketika saya mengetahui tabungan saya dikenakan pajak yang tidak ada ketentuannya berapa persen. Yang terpotong saat itu pajaknya Rp 5.607,- belum lagi potongan administrasi sebesar Rp 10ribu.

16 Things To Do In Shanghai (Part 1 - Sightseeing Shanghai)

Salah satu tujuan trip untuk solo traveling saya yang pertama adalah Shanghai, China. Satu minggu, saya habiskan waktu hanya di kota Shanghai, dan memang tidak membuat itenary untuk mengunjungi kota lain seperti Beijing. Mungkin saya ingin lebih dekat dengan kota Shanghai, sebagai kota Metropolis dari China. Untuk penerbangan ke China, saya menggunakan Singapore Airlines,dengan tujuan Pudong International Airport. Keberangkatan pagi hari jam 09:10, transit di Singapura, dan berlanjut jam 13:00 menuju Shanghai. Lama perjalanan Singapura-Shanghai sekitar 4 jam 45 menit. Tiba di Shanghai sekitar jam 7 malam. Sedangkan kembali ke Jakarta, saya ambil keberangkatan malam hari jam 19:10 tiba di Singapura jam 01:00 dini hari. Hanya saja, transit di Singapura agak lama 5 jam, jadi lumayan buooseenin. Berlanjut penerbangan ke Jakarta pagi jam 07:00, delay satu jam dari awal jadwal 05:00 Sedangkan untuk budget cost sendiri, rasanya bukan ala backpacker :-D

Weekend Banking BCA KCP Grand Indonesia

Bagi nasabah BCA,layanan weekend banking sangat membantu dalam memudahkan nasabahnya melakukan transaksi di hari Sabtu dan Minggu. Waktu itu saya menggunakan layanan ini untuk pembukaan rekening baru. Layanan weekend banking BCA diwilayah Jakarta Selatan & Jakarta Pusat hanya dilayani di dua lokasi,yaitu KCP Grand Indonesia dan KCP Pondok Indah Mall. Layanan Weekend Banking ini buka setiap Sabtu dan Minggu (Kecuali hari libur) dari pukul 10.00-15.00 WIB.  Untuk itu, saya memilih mendatangi kantor BCA di Grand Indonesia yang masih dekat dengan kantor. Hampir saja saya salah tujuan lokasi Bank BCA. Karena layanan weekend banking BCA bukan berlokasi di Menara BCA(tepat di depan jalan utama Grand Indonesia), tapi berada di Grand Indonesia Westmall Lantai LG. Sayangnya, saya tidak bisa melakukan pembukaan rekening baru, karena kartu identitas saya beralamatkan di Depok. Layanan pembukaan rekening baru pada saat weekend hanya melayani pembukaan rekening dengan kartu identitas wil

16 Things To Do In Shanghai (Part 2 - Sightseeing Shanghai)

Pada Part 1 yaitu tempat-tempat menarik untuk dikunjungi selama di Shanghai , saya sudah memberikan 5 tempat menarik di Shanghai. Nah, berlanjut di Part 2, masih sama, rekomendasi tempat-tempat menarik seperti temple, mesjid, garden, dan gedung tertinggi, dan arena. Follow my journey  di bawah ini ya 😄  6. Yu Yuan Garden and Bazaar Yu Yuan Garden adalah taman paling terkenal di Shanghai. Terletak di jantung Kota Tua Shanghai, dan salah satu tempat wisata paling menarik dan menjadi pusat kunjungan para turis di Shanghai.  Dekat dengan Yu Yuan Garden dapat ditemui pasar dengan sederetan outlet-outlet, rumah makan, yang menjual berbagai macam produk, mulai dari souvenir, pakaian, makanan khas, dan lain-lain. Suasananya rame betul, belum lagi bangunan-bangunan sekitar pasar yang terlihat sangat klasik khas tradisional China. Harga souvenir di sini relatif murah, mulai dari harga 5 RMB-90 RMB tergantung dari jenis souvenir. Untuk produk baju harganya bisa diatas 100

16 Things To Do In Shanghai (Part 3 - Sightseeing Shanghai)

Masih berlanjut dari Part 1 dan Part 2 tentang tempat-tempat apa saja sih yang bisa dikunjungi dan menarik di Shanghai. Dan pada bagian terakhir ini yaitu Part 3, tempat menarik lainnya diantaran makam nasional, masih seputar temple, tengok kebon binatang ala Shanghai, jajal penasaran naik gedung tertinggi di Shanghai. Yuk, checkidot di follow my journey 😃 11. Longhua Pagoda & Longhu Temple Longhu Temple Temple kali ini yang saya datangi berada jauh dari pusat kota Shanghai. Saya menggunakan taksi untuk menuju ke temple ini, daerah tempat ini memang jarang dikunjungi untuk para turis untuk hari-hari biasa, terkecuali mereka yang ingin bersembahyang atau ada kegiatan perayaan. Temple ini berada persis di samping pembangunan gedung bertingkat. Dan katanya, temple ini termasuk temple tertua di Shanghai. Terletak di Jalan Longhua sebelah selatan kota. Longhua Park terkenal dengan Longhua Temple dan Longhua

Jalan-jalan ke Singapura ala Backpackers

Nuny & Neni This is me and my best friend,Neni. Beberapa waktu lalu, kami berdua backpacking ke Singapura. Jadi, memang kami siapkan sendiri, mulai dari beli tiket penerbangan sampai reservasi hostel. Banyak hal yang menarik selama 2 hari berada di Singapura , mulai dari bermalam di Changi Airport,sampai ketempat-tempat wisata,seperti Resort Island Sentosa. Berbagi cerita, semoga bisa memberikan informasi yang menyenangkan :) Mengurus Tiket dan Reservasi Penginapan Saat ini t iket penerbangan ke Singapura sangat mudah didapat,banyak airlines yang menyediakan jadwal penerbangan ke Singapura bahkan dengan harga promo yang sangat murah. Diantaranya ada Mandala Airlines, Air Asia Airlines, Batavia Air,Tiger Airways, Lion Air. www.thehivebackpackers.com Untuk reservasi penginapan,cukup mudah. Di Singapura banyak tersedia pilihan penginapan dari hostel backpackers sampai hotel berbintang. Salah satu hostel tujuan saya adalah The Hive Backpackers,yang

4D3N Backpacking Malaysia Singapore Part 1 (Living in Chinatown Kuala Lumpur)

Setelah menyesuaikan waktu perjalanan dengan jadwal libur kami. Saya bersama sahabat saya, Ms. Neni berencana untuk  melakukan backpacking kembali. Tempat yang kami tuju masih dekat yaitu Malaysia dan Singapura. Perjalanan selama empat hari, kami mengunjungi Malaysia 2 hari 2 malam, dan Singapore 2 hari 1 malam. Ada banyak cerita menarik yang dapat dibagikan, termasuk juga beberapa tips bagi yang ingin berjalan-jalan hemat,tapi ngga ketinggalan untuk berkeliling tempat-tempat menarik di negara tujuan. Nuny & Neni Tiket Penerbangan Pulang-Pergi  Untuk penerbangan kali ini saya menggunakan jasa penerbangan Air Asia dan JetStar. Seperti diketahui Air Asia adalah pesawat asal Malaysia, dengan memanfaatkan tiket promo-nya, lumayan bisa mengurangi budget travel . Meskipun kami harus berangkat 3 bulan sesudahnya dari sejak diberlakukannya tiket promo :). Untuk penerbangan Air Asia dengan rute Jakarta - Kuala lumpur (tiket Rp 279ribu include tax airport) dan Kuala lump