Skip to main content

10 Tempat Camping di Bogor Yang Hits dan Keren Abis!

Camping merupakan salah satu kegiatan wisata alam yang seru dan menyenangkan. Tidak perlu pergi jauh-jauh, kalau tinggal di sekitaran Jabodetabek, Bogor dapat menjadi pilihan liburan camping saat akhir pekan. Pemandangan alamnya mempesona, air terjunnya yang indah, serta udaranya yang sejuk. Berikut ini rekomendasi 10 tempat camping di Bogor yang populer buat liburan akhir pekan. 

1. Curug Cipamingkis

LokasiWargajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16830.
Jam Buka08.00-18.00 (Senin–Minggu) 
Harga tiket masukRp35.000/orang
Telepon0812-8907-4297

Ingin rekreasi meriah tapi dengan budget yang murah?. Jika kamu tinggal di Jakarta, pergi saja ke kota Bogor, dan kunjungi Curug Cipamingkis. Destinasi ini sajikan keelokan air terjun yang menyatu dengan keindahan alam yang dikeliling oleh hijau pepohonan. 

Berlokasi di Desa Wargajaya yang hanya berjarak sekitar 44 km dari pusat kota Bogor dengan menempuh waktu berkendara kira-kira 2-3 jam. Dilanjutkan dengan berjalan kaki dari parkiran menuju titik lokasi yang relatif masih dekat. 

Curug Cipamingkis memiliki daya tarik yang komplit sebagai wahana wisata. Pesona air terjun dengan tebing yang tidak terlalu tinggi kurang lebih 10-15 meter serta debit air yang deras dan jernih. Sehingga sangat memungkinkan bagi para wisatawan untuk bermain air di bawah pancuran air terjun. 

Kamu juga dapat menambah koleksi feed instagram, dengan menyambangi tempat spot-spot foto yang mengagumkan berlatar pemandangan alam. Beberapa spot tersebut adalah Stone Garden, Taman Baratayudha, Perahu Asmara, Jembatan Cinta, dan Rumah Pohon. 

Lelah menikmati wahana di sekitaran curug, dan masih ingin mendapatkan pengalaman menyatu dengan alam. Curug Cipamingkis menyediakan camping ground untuk kegiatan berkemah bagi para pengunjung. 

Semakin lengkap dengan fasilitas penunjang yang memadai seperti adanya toilet, mushola, jogging track, dan area outbound. Tidak perlu bingung kalau tidak sempat bawa alat camping. Pengelola telah menyediakan jasa penyewaan peralatan camping dengan harga yang terjangkau. 

Berkemah disini juga sangat cocok untuk segala usia. Jadi, kamu bisa ajak keluarga maupun sahabat untuk berlibur bersama. 

2. GGCA Gunung Geulis Camp Area

Lokasi: Jalan Bukit Pelangi, Desa No. 2, Gn. Geulis, Kec. Sukaraja, Bogor, Jawa Barat.
Jam Buka08.00-18.30 (Senin-Jumat), 09.00-14.00 (Sabtu-Minggu)
Harga tiket masuk: Mulai dari Rp300.000/paket.
Telepon0251-8294806/0813-1677-3449

Gunung Geulis Camp Area termasuk destinasi glamping terbaik di kota Bogor. Selain aksesibilitas lokasi yang sangat mudah di jangkau dari Jakarta. 

Tempat ini menawarkan nuansa camping di alam terbuka dengan suguhan pemandangan alam Gunung Gede Pangrango. Selain didukung beragam fasilitas super lengkap untuk segala kegiatan luar ruangan. Oleh karenanya, GGCA selalu direkomendasikan sebagai lokasi untuk mengadakan event-event besar seperti gathering dan outing baik instansi maupun umum. 

Ada berbagai pilihan paket camping di GGCA yang bisa kamu ambil sesuai dengan kebutuhan. Bila membawa tenda sendiri dari rumah, kamu hanya cukup menyewa lahan camping nya saja sebesar Rp300.000 per malam. Paket ini berikut dengan fasilitas toilet outdoor dan akses masuk ke swimming pool. 

Tetapi kamu tetap bisa mencoba kegiatan seru seperti panahan, bersepeda, paint ball, dan masih banyak outdoor activities lainnya. Sementara kamu asyik berkegiatan, anak-anak dapat bermain di area playground yang telah disediakan. Berkemah disini akan membuat kamu beserta keluarga semakin betah menginap. 

3. Campgrounds Sukamantri

Lokasi: Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Tamansari, Kec. Tamansari, Bogor, Jawa Barat 16610. 
Jam Buka: Setiap hari selama 24  jam 
Harga tiket masuk: Rp25.000/orang.
Telepon: 0858-8392-3203.

Berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, bumi perkemahan Sukamantri dapat menjadi pilihan liburan alam bersama keluarga. Hanya berjarak sekitar 14 km dari pusat kota Bogor yang mudah dijangkau menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan perkotaan. 

Camping ground yang terletak di kaki Gunung Salak ini menawarkan keindahan pemandangan asri vegetasi pepohonan pinus dan hutan tropis. Masih dapat dijumpai beberapa satwa liar seperti monyet ekor panjang, Owa Jawa dan Burung Elang Jawa. 

Berada di ketinggian 870 mdpl, suasana malam hari disini terasa sejuk dan udara yang tidak terlalu dingin, sehingga sangat nyaman. Panorama city light kota Bogor saat malam semakin melengkapi daya tarik yang dimiliki campground Sukamantri. Bahkan di pagi hari masih dimanjakan hangat matahari terbit serta kicauan burung yang terbang bebas di alam. 

Kamu tidak akan merasa bosan jika berkemah di sini, sebab ada banyak aktivitas outdoor yang bisa dilakukan. Ada jungle track bagi kamu yang suka menjelajah hutan, atau trekking ke air terjun Suryakencana. 

Curug yang punya ketinggian 15 meter dengan dua aliran air terjun yang terpecah, masih belum banyak terjamah oleh pengunjung. Butuh waktu sekitar 30 menit berjalan kaki dari camping ground menuju lokasi air terjun. 

Kamu juga tidak perlu repot membawa peralatan camping dari rumah. Disini lengkap menyediakan fasilitas berkemah seperti tenda, sleeping bag, matras, kompor dan lainnya dengan tarif terjangkau. 

Begitupun fasilitas umum seperti toilet, mushola dan rumah makan yang sudah memadai. Camping bersama keluarga disini, selain dapat menjauhkan sejenak dari penat aktivitas juga bermanfaat untuk mengedukasi anak lebih mencintai alam. 

4. Curug Ciputri Tenjolaya

Lokasi: Tapus I, Tenjolaya, Bogor, Jawa Barat 16370. 
Jam Buka: Setiap hari selama 24 jam.
Harga tiket masukRp15.000/orang.
Telepon0878-2096-0469.

Wisata air terjun lainnya di Bogor yang juga menarik untuk liburan camping yaitu Curug Ciputri Tenjolaya. Perjalanan yang ditempuh dari pusat kota Bogor ke lokasi yang berjarak 21 km, butuh waktu sekitar 1 jam berkendara. 

Sedangkan untuk menuju curug, harus berjalan kaki sepanjang 1 km dengan kontur jalan yang sedikit menanjak. Meski demikian, kamu akan dipayungi oleh pemandangan indah jajaran pohon pinus menjulang tinggi yang instagenic

Curug Ciputri Tenjolaya memiliki kekhasan tersendiri dimana kolam airnya sudah terbentuk secara alami. Pancuran air terjun yang jatuh dari ketinggian 30 meter dengan debit air yang tidak terlalu deras dan sangat jernih. Banyak dimanfaatkan pengunjung untuk berendam dan bermain air di sekitar curug. Kesejukan udara dan tempat yang dikeliling pepohonan dan suguhan panorama alam perbukitan, sungguh membuat lupa waktu. 

Kamu bisa memaksimalkan rekreasi dengan memilih untuk berkemah di kawasan ini. Ada beberapa area camping ground yang disediakan oleh pihak pengelola. Yang paling terdekat adalah area camping yang tidak jauh dari parkiran, kurang lebih trekking sekitar 2 km. 

Harga tiket camping nya terbilang murah, cukup bayar 25ribu perorang, membawa sendiri tenda dome dan alat camping lainnya. Fasilitas umum juga sudah tersedia, ada toilet, mushola serta warung makan. Jadi, tidak pusing kehabisan perbekalan, tinggal beli saja di warung makan atau sekedar ngopi hangat selepas bermain di curug. 

5. Sentul Pine Forest

Lokasi: Jl. Ke Karang Tengah, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810
Jam Buka: Setiap hari, 07.30-17.30
Harga tiket masuk: Rp7.500/orang
Telepon: 0813-1271-0797

Ingin merasakan sensasi camping di tengah hutan pinus yang lokasinya tidak jauh dari Jakarta?. Yuk, berkunjung ke Taman Wisata Alam Gunung Pancar atau lebih dikenal dengan nama Hutan Pinus Sentul. Destinasi wisata yang menawarkan pengalaman berkemah dengan fasilitas premium yang sangat lengkap. 

Tidak dipungkiri, daya tarik keindahan jajaran rapih pohon-pohon pinus yang tinggi menjulang yang ada di kawasan ini begitu mempesona. Bahkan selalu menjadi spot hunting foto pengunjung yang ingin mengabadikan momen berpose di antara hutan pinus yang asri. Berada di ketinggian 800 mdpl, udara terasa sejuk segar khas pegunungan. 

Ada beberapa aktivitas outdoor yang menarik disini, seperti trekking, hiking, berkuda, dan lainnya. Tanah yang lapang serta kontur alam yang mumpuni, seringkali lokasi ini juga menjadi tempat mengadakan acara gathering dan outbound. Daya tarik lainnya di tempat ini yaitu adanya pemandian air panas Gunung Pancar. Kamu bisa rileksasi dengan berendam di kolam air panas yang menyehatkan. 

PIlihan lain untuk rileksasi, rebahan di atas hammock yang disewakan di area hutan pinus. Mulai dari 4-10 tingkatan, dan spot ini juga menjadi wahana favorit wisatawan untuk berburu foto. 

Mau berkemah disini, ada ragam paket camping yang bisa dipilih. Jika bawa tenda sendiri, hanya dikenakan biaya Rp100.00 per orang sudah termasuk tiket masuk dan izin lokasi camping. 

Bila ingin yang lebih mewah, paket Glamorous Camping (glamping) siap memanjakan dengan fasilitas premium yang dimiliki untuk kamu dan keluarga. Mulai dari 1,5 juta rupiah per tenda dengan durasi menginap 2D1N berkapasitas 4 orang. Tidak hanya bikin betah, tetapi akan mendapatkan pengalaman camping yang tidak terlupakan. 

6. Suaka Elang


Lokasi: Ciburayut, Cigombong, Bogor, Jawa Barat.
Jam Buka: 08.00-17.00 (Senin – Minggu)
Harga tiket masuk: Rp20.000/orang.
Telepon: 0856-9788-8819

Suaka Elang Loji merupakan salah satu wisata edukasi alam di kota Bogor yang paling banyak direkomendasikan. Sesuai namanya, tempat ini digunakan sebagai penangkaran habitat langka burung Elang sebelum dilepaskan di alam liar. Tetapi pengunjung yang datang masih bisa menikmati pesona di dalam kawasan ini dengan menjadikannya pilihan lokasi berkemah. 

Masih berada di dalam Taman Nasional Gunung Halimun Salak, berkemah di Suaka Elang Loji memberikan sensasi tersendiri. Area camping ground yang luas dikelilingi oleh hutan pohon pinus yang berjajar rapih nan asri. 

Kala pagi, pesona pemandangan kabut yang masih menyelimuti pepohonan, begitu instagramable. Sayang untuk dilewatkan tanpa berfoto. Pengunjung juga diizinkan untuk memasang hammock di antara pepohonan pinus. Kamu bisa bersantai di ayunan hammock sambil memandang keindahan alam sekitar. 

Ketika menuju ke camping ground, melewati sebuah jembatan gantung yang cukup menjadi ikon disini. Sebab banyak traveler yang membagikan hasil jepretan kerennya di media sosial dan menjadi trending. Belum sah ke Suaka Elang Loji, kalau belum berfoto di jembatan gantung ini. Namun, kamu perlu berhati-hati saat melewatinya. Jembatan beralaskan kayu dengan pembatas jaring di sisi kanan dan kiri, sudah berumur dan ada lobang. 

Tidak jauh dari lokasi berkemah, terdapat Curug Cibadak yang bisa kamu kunjungi. Memiliki ketinggian 30-40 meter dengan aliran air yang bersih mengalir dari bebatuan besar. Trekking menuju tempat air terjun butuh waktu 60 menit tergantung dari kecepatan fisik. 

Medannya memang cukup melelahkan, tetapi sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang menyegarkan. Jangan lupa membawa makanan dan minuman sendiri, sebab belum terdapat warung di sepanjang jalan menuju curug. 

Meski tempat Suaka Elang Loji berada di tengah hutan, berkemah disini sudah dilengkapi dengan fasilitas penunjang. Mulai dari mushola, toilet, area parkir, kantin serta penyewaan peralatan camping. Sangat disarankan untuk datang sebelum menjelang sore hari, sebab jalur trekking ke lokasi wisata belum memiliki penerangan jalan. 

7. Lingkung Gunung Adventure Camp

Lokasi: Jalan Caringin-Cilengsi Perkebunan Pancawati-Cimande Girang Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Cimande, Kec. Caringin,  Bogor, Jawa Barat.
Jam Buka: 09.00-20.00 (Senin – Minggu)
Harga tiket masuk: Mulai dari Rp75.000 / orang
Telepon: 0895-10142113
Instagram: @lingkunggunung

Mau berwisata petualangan dengan panorama alam yang instagramable? Sepertinya kamu perlu mengunjungi tempat yang satu ini, Lingkung Gunung Adventure Camp. Dari pusat kota Bogor hanya berjarak sekitar 27 km, menempuh waktu berkendara kira-kira 1,5 jam saja. Tempat rekreasi ini menawarkan sensasi petualangan alam yang dikemas menarik dan berbeda dari tempat lainnya.

Berada di kaki Gunung Gede Pangrango, diatas ketinggian 860 mdpl. Lingkung Adventure memiliki daya tarik pesona alam yang berhadapan langsung dengan Gunung Salak. Pandangan mata dimanjakan dengan pemandangan hamparan pepohonan hijau pegunungan nan asri. Suasana yang syahdu di alam terbuka akan membuatmu merasa nyaman dan tenang. 

Kamu bisa berkunjung dan berkemah disini bersama teman, keluarga maupun rekan kerja. Ada berbagai pilihan paket yang tersedia yang didukung fasilitas lengkap dan memadai. Jika kamu Ingin merasakan suasana lebih dekat dengan alam, bisa mengambil paket camping tenda mulai dari Rp75.000 per orang. Harga ini sudah termasuk tenda, matras dan sleeping bag. 

Jika penasaran dengan berkemah ala glamour, kamu bisa pilih akomodasi glamping mulai dari Rp500.000 per orang. Semua kebutuhan sudah tersedia termasuk sarapan pagi. Sambil berkemah, kamu juga dapat melakukan ragam kegiatan untuk menambah keseruan. Ada wahana spot foto selfie dengan latar bentangan alam pegunungan atau berpose di spot tenda glamping yang unik.

Mencoba atraksi wisata seperti rafting, flying fox, bersepeda gunung, berkuda, dan lainnya.  Malam harinya, lengkapi keseruan berkemah kamu dengan request paket api unggun, agar suasana quality time kamu semakin hangat dan asyik. 

8. Bukit Alesano Campground

Lokasi: Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16740
Jam Buka: Setiap hari selama 24 jam 
Harga tiket masuk: Rp10.000/orang.
Telepon: -

Bukit Alesano tengah populer di kalangan millenial sebagai spot camping yang menawan sekaligus instagramable. Perpaduan panorama pegunungan dengan keindahan landscape kota Bogor dari atas bukit, sungguh cantik tiada duanya. 

Kerap mendapatkan julukan Negeri Diatas Awan, pengunjung seolah terhipnotis oleh pesona kabut tebal yang menyelimuti kawasan kala malam hari. Yang kemudian menghilang perlahan oleh tiupan angin, membuka pemandangan gemerlap kerlip dari lampu-lampu pemukiman kota Bogor

Jangan terlewatkan momen matahari terbit sembari meresapi udara sejuk pagi hari. Manjakan mata dengan sajian pemandangan perbukitan serta hijau persawahan di sekeliling Gunung Gede Pangrango yang menyegarkan. Begitupun kala sunset menciptakan nuansa romantisme yang eksotis. Hasil jepretan menawan bisa kamu dapatkan dengan berpose di spot foto gardu pandang saat matahari mulai tenggelam 

Bagaimana, kamu tertarik datang kesini?. Semua suguhan utama ini bisa kamu nikmati hanya dengan berkemah di Bukit Alesano. Ajak teman-teman kamu, jangan sendirian di tempat seindah ini. Kamu bisa bawa peralatan camping sendiri, atau menyewa ditempat dengan harga yang bersahabat. 

Tidak perlu kuatir soal fasilitas. Meski berada di perbukitan, sudah tersedia toilet untuk membersihkan diri, mushola bagi muslim yang ingin beribadah, serta warung yang menjajakan makanan camilan ringan. Berhubung disini hanya ada parkiran untuk sepeda motor, disarankan tidak membawa kendaraan roda empat. 

9. Citra Alam Riverside


Lokasi: Desa Jogjogan RT 03/RW 01 Cilember, Jogjogan, Cisarua, Bogor, Jawa Barat.
Jam Buka: Setiap hari 24 jam.
Harga tiket masuk: Mulai dari Rp300.000/paket.
Telepon: 021-7310249 / 021-7321394
Instagram: @citraalam.id

Sedang berencana kegiatan gathering keluarga atau mungkin outing kantor?. 

Citra Alam Riverside bisa dijadikan salah satu pilihan tempat camping dengan fasilitas gathering dan outbound yang sangat lengkap. Menawarkan nuansa berkemah di alam terbuka pegunungan puncak Cilember Bogor yang berhawa sejuk. Beragam aktivitas outdoor dikemas menarik dan edukatif dengan tetap menjunjung kearifan lokal dan budaya. 

Perkemahan yang terletak di tepi sungai (riverside) Ciliwung menyuguhkan pemandangan hamparan persawahan di sekitarnya serta ruang terbuka hijau. Areanya yang luas mencapai 5 hektar dapat menampung hingga 1000 orang. Selain banyak spot berfoto selfi untuk mengabadikan momen keseruan camping kamu.

Beberapa jenis kegiatan bisa dilakukan disini, seperti flying fox, arum jeram, agrowisata, berkuda, dan masih banyak lagi.  Tempat ini juga dekat dengan lokasi Curug Cilember yang dapat ditempuh dengan  berjalan kaki sekitar 30 menit saja. 

Kamu bisa memilih paket yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Terdapat pilihan menginap dengan durasi 2 hari 1 malam (2D1N) atau 3 hari 1 malam (3D2N). Penginapannya yang ada berupa tenda dome dan villa tenda. Dijamin, menginap di perkemahan ini membuat pengalaman camping semakin menyenangkan dan berkesan.

10. Griya Sawah Lega

Sumber: google images

Lokasi:
Kopo, Kecamatan Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Jam Buka: Setiap hari 24 jam  
Harga tiket masuk:
Telepon0251-8258088 / 0857-1745 8088

Griya Sawah Lega memberikan pengalaman menginap di tenda dome dengan fasilitas rasa bintang lima dalam nuansa pedesaan. Berbeda dengan camping di bumi perkemahan, berkemah disini lengkap dengan fasilitas didalamnya yang mengesankan. Kamu akan tidur nyenyak menggunakan kasur dan bantal, sampai urusan makan pun sudah disediakan. 

Tidak sekedar camping ala resort, menikmati udara sejuk pegunungan dengan pemandangan persawahan sembari melakukan kegiatan outdoor yang menyenangkan. Kamu bisa beraktivitas seperti menangkap ikan di kolam pancing, bermain bilyar, flying fox dan berenang. Ruang terbuka hijau yang cukup luas, tempat ini sering dijadikan lokasi kegiatan outbound dan gathering acara keluarga, kantor maupun sekolah. 

Harga paket camping yang ditawarkan mulai dari Rp185.000 per orang, sudah termasuk fasilitas tenda, matras, sleeping bag, free charge, 3x makan, dan 2x snack. Dengan seluruh fasilitas yang dimiliki, kamu akan merasakan kenyamanan saat berlibur disini.

Nah, itulah rekomendasi 10 tempat camping di Bogor yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga, sahabat, maupun komunitas. Dengan camping bisa menumbuhkan kecintaan terhadap alam semesta, serta mempererat tali silahturahmi dan komunikasi antar sesama. Jangan lupa untuk selalu menaati protokol kesehatan yang berlaku agar tetap nyaman dan aman Selama liburan camping. 

Comments

Popular posts from this blog

Mengurus Visa China Ternyata Hanya 4 Hari!!

Travel plan saya selanjutnya adalah mengunjungi Shanghai, Cina. Untuk dapat mengunjungi Cina, tentunya harus siap dengan visa-nya. Nah, saya mau berbagi sewaktu saya mengurus visa China :-) fresh bulan April 2012 dan ternyata sangat mudah dan simpel. Karena baru pertama kali mengurus visa sendiri, jadi saya sangat interest sekali searching informasi. Untuk website resminya bisa klik disini VISA FOR CHINA . Sebenarnya persyaratan untuk mengurus visa China tidak terlalu banyak, yuk follow my feeds dibawah ini ;-) Buka website resminya, pelajari visa apa yang mau kamu ambil dan tujuannya untuk apa, lihat di sini JENIS-JENIS VISA CHINA & PERSYARATAN  Kalau saya tujuannya untuk traveling biasa, jadi saya ambil Tourism and family visit visa (L-Visa) Isi formulir permohonan dengan lengkap , kamu bisa download  VISA APPLICATION FORM atau bisa langsung APPLY ONLINE . Kalau saya pribadi, sudah apply online, jadi isi data via online, setelah data lengkap dan tersimpan, ot

4 Rekomendasi Tempat Wisata Belanja di Shanghai

Wisata belanja di Shanghai memang tidak ada habisnya. Namun, yang paling membuat saya tertarik adalah market-market tradisionalnya, sangat unik dengan berbagai macam jajanan pasar. Berikut ini saya akan berikan  tempat belanja yang berhasil saya kunjungi selama di Shanghai yang bisa jadi referensi teman-teman. Mari follow my journey  di bawah ini ya :) Nanjing Road Nanjing Road merupakan pusat jalan perbelanjaan utama di Shanghai. Ini jalan yang panjang hingga beberapa kilometer yang saling terhubung. Terdiri dari Nanjing Rd Timur dan Nanjing Rd Barat. Nanjing Rd Timur paling dekat dengan The Bund, sedangkan Nanjing Rd Barat dekat dengan People's Square. Pada siang hari, Nanjing Road penuh menggeliat dengan riuhnya para pengunjung. Outlet-outlet disepanjang jalan menawarkan merek-merek terkenal yang tak terhitung jumlahnya dengan kualitas yang bagus tentunya. Nanjing Road memang pusat perbelanjaan modern dengan tetap menyajikan konsep tradisional. Terbukti dengan ma

Nabung di Bank BRI, Kena Pajak!!

Disini saya mau berbagi tentang pengalaman saya menabung di BRI beberapa bulan kemarin, karena saya pikir menabung di bank pemerintah seperti BRI, tidak ada banyak potongan yang macam-macam. Sebelumnya saya menabung di Bank Muamalat Syariah yang sebenarnya sudah cocok sekali dan tidak banyak memberikan potongan kepada nasabah kecuali untuk biaya administrasi yang relatif masih dibawah Rp 10ribu. Tapi karena desakan orangtua untuk di pindah ke bank pemerintah, akhirnya saya memutuskan untuk membuka rekening di Bank BRI dekat kantor saya. Pembukaan rekening saya dengan setoran Rp 600ribu. Masih di bulan yang sama,saya mentransfer setoran ke rekening BRI sebesar Rp XX.000.000,- (maaf off the record). Pada bulan berikutnya, saya mendapatkan bunga bank sebesar Rp 28.036,-. Dan saya cukup kaget ketika saya mengetahui tabungan saya dikenakan pajak yang tidak ada ketentuannya berapa persen. Yang terpotong saat itu pajaknya Rp 5.607,- belum lagi potongan administrasi sebesar Rp 10ribu.

16 Things To Do In Shanghai (Part 1 - Sightseeing Shanghai)

Salah satu tujuan trip untuk solo traveling saya yang pertama adalah Shanghai, China. Satu minggu, saya habiskan waktu hanya di kota Shanghai, dan memang tidak membuat itenary untuk mengunjungi kota lain seperti Beijing. Mungkin saya ingin lebih dekat dengan kota Shanghai, sebagai kota Metropolis dari China. Untuk penerbangan ke China, saya menggunakan Singapore Airlines,dengan tujuan Pudong International Airport. Keberangkatan pagi hari jam 09:10, transit di Singapura, dan berlanjut jam 13:00 menuju Shanghai. Lama perjalanan Singapura-Shanghai sekitar 4 jam 45 menit. Tiba di Shanghai sekitar jam 7 malam. Sedangkan kembali ke Jakarta, saya ambil keberangkatan malam hari jam 19:10 tiba di Singapura jam 01:00 dini hari. Hanya saja, transit di Singapura agak lama 5 jam, jadi lumayan buooseenin. Berlanjut penerbangan ke Jakarta pagi jam 07:00, delay satu jam dari awal jadwal 05:00 Sedangkan untuk budget cost sendiri, rasanya bukan ala backpacker :-D

Weekend Banking BCA KCP Grand Indonesia

Bagi nasabah BCA,layanan weekend banking sangat membantu dalam memudahkan nasabahnya melakukan transaksi di hari Sabtu dan Minggu. Waktu itu saya menggunakan layanan ini untuk pembukaan rekening baru. Layanan weekend banking BCA diwilayah Jakarta Selatan & Jakarta Pusat hanya dilayani di dua lokasi,yaitu KCP Grand Indonesia dan KCP Pondok Indah Mall. Layanan Weekend Banking ini buka setiap Sabtu dan Minggu (Kecuali hari libur) dari pukul 10.00-15.00 WIB.  Untuk itu, saya memilih mendatangi kantor BCA di Grand Indonesia yang masih dekat dengan kantor. Hampir saja saya salah tujuan lokasi Bank BCA. Karena layanan weekend banking BCA bukan berlokasi di Menara BCA(tepat di depan jalan utama Grand Indonesia), tapi berada di Grand Indonesia Westmall Lantai LG. Sayangnya, saya tidak bisa melakukan pembukaan rekening baru, karena kartu identitas saya beralamatkan di Depok. Layanan pembukaan rekening baru pada saat weekend hanya melayani pembukaan rekening dengan kartu identitas wil

16 Things To Do In Shanghai (Part 2 - Sightseeing Shanghai)

Pada Part 1 yaitu tempat-tempat menarik untuk dikunjungi selama di Shanghai , saya sudah memberikan 5 tempat menarik di Shanghai. Nah, berlanjut di Part 2, masih sama, rekomendasi tempat-tempat menarik seperti temple, mesjid, garden, dan gedung tertinggi, dan arena. Follow my journey  di bawah ini ya 😄  6. Yu Yuan Garden and Bazaar Yu Yuan Garden adalah taman paling terkenal di Shanghai. Terletak di jantung Kota Tua Shanghai, dan salah satu tempat wisata paling menarik dan menjadi pusat kunjungan para turis di Shanghai.  Dekat dengan Yu Yuan Garden dapat ditemui pasar dengan sederetan outlet-outlet, rumah makan, yang menjual berbagai macam produk, mulai dari souvenir, pakaian, makanan khas, dan lain-lain. Suasananya rame betul, belum lagi bangunan-bangunan sekitar pasar yang terlihat sangat klasik khas tradisional China. Harga souvenir di sini relatif murah, mulai dari harga 5 RMB-90 RMB tergantung dari jenis souvenir. Untuk produk baju harganya bisa diatas 100 RMB.

16 Things To Do In Shanghai (Part 3 - Sightseeing Shanghai)

Masih berlanjut dari Part 1 dan Part 2 tentang tempat-tempat apa saja sih yang bisa dikunjungi dan menarik di Shanghai. Dan pada bagian terakhir ini yaitu Part 3, tempat menarik lainnya diantaranya makam nasional, masih seputar temple, tengok kebon binatang ala Shanghai, jajal penasaran naik gedung tertinggi di Shanghai. Yuk, checkidot di follow my journey 😃 11. Longhua Pagoda & Longhu Temple Longhu Temple Temple kali ini yang saya datangi berada jauh dari pusat kota Shanghai. Saya menggunakan taksi untuk menuju ke temple ini, daerah tempat ini memang jarang dikunjungi untuk para turis untuk hari-hari biasa, terkecuali mereka yang ingin bersembahyang atau ada kegiatan perayaan. Temple ini berada persis di samping pembangunan gedung bertingkat. Dan katanya, temple ini termasuk temple tertua di Shanghai. Terletak di Jalan Longhua sebelah selatan kota. Longhua Park terkenal dengan Longhua Temple dan Longhua Pagoda. Longhua Temple adalah kuil tertua di Shanghai y

Jalan-jalan ke Singapura ala Backpackers

Nuny & Neni This is me and my best friend, Neni. Beberapa waktu lalu, kami berdua backpacking ke Singapura. Jadi, memang kami siapkan sendiri, mulai dari beli tiket penerbangan sampai reservasi hostel. Banyak hal yang menarik selama 2 hari berada di Singapura, mulai dari bermalam di Changi Airport,sampai ketempat-tempat wisata,seperti Resort Island Sentosa. Berbagi cerita, semoga bisa memberikan informasi yang menyenangkan :) Mengurus Tiket dan Reservasi Penginapan Saat ini t iket penerbangan ke Singapura sangat mudah didapat,banyak airlines yang menyediakan jadwal penerbangan ke Singapura bahkan dengan harga promo yang sangat murah. Diantaranya ada Mandala Airlines, Air Asia Airlines, Batavia Air,Tiger Airways, Lion Air. www.thehivebackpackers.com Untuk reservasi penginapan,cukup mudah. Di Singapura banyak tersedia pilihan penginapan dari hostel backpackers sampai hotel berbintang. Salah satu hostel tujuan saya adalah The Hive Backpackers,yang t

4D3N Backpacking Malaysia Singapore Part 1 (Living in Chinatown Kuala Lumpur)

Setelah menyesuaikan waktu perjalanan dengan jadwal libur kami. Saya bersama sahabat saya, Ms. Neni berencana untuk  melakukan backpacking kembali. Tempat yang kami tuju masih dekat yaitu Malaysia dan Singapura. Perjalanan selama empat hari, kami mengunjungi Malaysia 2 hari 2 malam, dan Singapore 2 hari 1 malam. Ada banyak cerita menarik yang dapat dibagikan, termasuk juga beberapa tips bagi yang ingin berjalan-jalan hemat,tapi ngga ketinggalan untuk berkeliling tempat-tempat menarik di negara tujuan. Nuny & Neni Tiket Penerbangan Pulang-Pergi  Untuk penerbangan kali ini saya menggunakan jasa penerbangan Air Asia dan JetStar. Seperti diketahui Air Asia adalah pesawat asal Malaysia, dengan memanfaatkan tiket promo-nya, lumayan bisa mengurangi budget travel . Meskipun kami harus berangkat 3 bulan sesudahnya dari sejak diberlakukannya tiket promo :). Untuk penerbangan Air Asia dengan rute Jakarta - Kuala lumpur (tiket Rp 279ribu include tax airport) dan Kuala lump