Skip to main content

Online Blogger Gathering #LestarikanCantikmu, Berbagi Ilmu Cantik Yang Bikin Happy

Ajang kompetisi blog #LestarikanCantikmu: Share Your Sustainable Beauty and Wellness Story yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network (BPN) bersama Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) dan Madani Berkelanjutan pada 8 Februari – 7 Maret 2021 telah menarik antusias yang tinggi dari para blogger untuk berkompetisi menuangkan pandangan, opini dan pengalaman di blog masing-masing seputar mengenali label pada produk kecantikan, pilihan kecantikan ramah lingkungan dan ramah sosial, serta potensi komoditas lokal untuk produk kecantikan dan kesehatan. 

Selanjutnya dalam kompetisi ini dipilih 30 peserta terbaik yang berhak mengikuti lokakarya mengenai penggunaan komoditas ramah lingkungan dan ramah sosial. Alhamdulilah๐Ÿคฒ, saya bersyukur termasuk salah satu dari 30 peserta terbaik.  Undangan bagi blogger yang terpilih diinformasikan melalui email, yang dilanjutkan dengan pengiriman hampers menarik dari penyelenggara untuk seluruh peserta lokakarya. Dibawah ini hampers yang saya dapatkan ☺ 

Acara lokakarya bertajuk “Online Blogger Gathering #LestarikanCantikmu diadakan pada hari Jumat, 09 April 2021, pukul 14.00-16.00 dan dilakukan secara daring live on zoom. Bagi saya pribadi, ini sesuatu yang sangat menyenangkan, dapat berjumpa dan berkumpul dengan teman-teman blogger dari daerah lain. Plus, para nara sumber yang keren dan kompeten di bidangnya, siapa saja?

๐Ÿ‘จ Danang Wisnuwardhana, Skincare Content Creator. 
๐Ÿ‘ฉ Gita Syaharani, Kepala Sekretariat LTKL
๐Ÿ‘ฉ Christine Pan, Segara Naturalis

Sepanjang rangkaian acara di pandu oleh Kak Fransisca Soraya. Just info readers,  kalau ternyata yang mengikuti kompetisi ada 130 blogger, mantap ๐Ÿ‘!. Saya sendiri submit di hari terakhir, dan alhamdulillah senang bisa masuk 30 peserta terbaik. Uniknya lagi nih readers, dari 30 peserta terbaik, hanya satu blogger pria terpilih, selebihnya blogger perempuan. 

Keseruan acara webinar turut diramaikan teman-teman blogger dengan memposting di media sosial masing-masing baik instagram maupun twitter dengan mencantumkan hastag #Temanenanlagi, #LTKLxMadanixBPN #LestarikanCantikmu. Serunya lagi readers, acara ini bertabur hadiah banget buat para peserta. Ada hadiah buat yang menang games, penanya terbaik, postingan terbaik, dan pastinya jutaan rupiah untuk para pemenang kompetisi blog. 

Webinar Online Blogger Gathering #LestarikanCantikmu dibagi menjadi tiga sesi, yaitu (1) Sesi pertama diisi oleh Mas Danang yang berbagi cerita perihal penggunaan skincare yang aman dan nyaman. (2) Pada sesi kedua, Mba Gita memaparkan elemen penting diperhatikan dalam pemilihan produk ramah lingkungan dan ramah sosial. (3) Sesi terakhir sharing bareng Mba Christine tentang pengalamannya bergiat usaha produk alami Segara Naturalis. 

Seluruh uraian dari pembicara memberikan pengetahuan yang sangat mendalam bagi saya selaku konsumen produk kecantikan. Readers, berikut ini insight yang saya dapatkan dari pemaparan para nara sumber:

Sesi 1: Danang Wisnuwardhana, Skincare Content Creator

Jujur saja, saya baru ini tahu ada skincare content creator seorang laki-laki, umumnya bidang ini didominasi kaum hawa. Saya suka sewaktu lihat penampilan wajah Mas Danang yang terlihat bersih dan glowing ๐Ÿ˜. Karena ternyata oh ternyata merupakan hasil ritual rutin beliau selalu merawat diri dengan baik dan benar. Yang menariknya adalah, perawatan ini sudah diperkenalkan oleh orang tuanya semenjak kecil. Bayangkan saja, sejak SD Mas Danang sudah memakai sunscreen pertama kali, dan sudah lakukan double cleansing sejak di bangku SMP tahun 1999. Jadi apa yang tengah tren saat ini, sudah pernah beliau lakukan sebelumnya. Baru di tahun 2005, Mas Danang mulai bermain di bidang Skincare Content Creator. 

Ada quote Mas Danang yang sederhana tapi meaningful banget ๐Ÿ‘‰“Pakai Skincare itu harus bikin kita senang, pakai makeup itu harus bikin kita happy”. Aku sih YES๐Ÿ˜Š. Kalau kita senang dengan produk skincare yang dipakai dan sangat menikmatinya, maka hasilnya bakalan efektif dan bagus di kulit kita. Dari pemaparan Mas Danang, saya menarik beberapa point penting agar kita merasa aman, nyaman dan happy dengan skincare yang digunakan. 

  1. Ketahui tujuan skincare yang dipakai dan apakah sudah sesuai dengan kebutuhan kulit kita. Misalnya, ingin kulit menjadi lembab, ingin mengatasi keriput usia 40 tahun. 
  2. Ketahui kandungan bahan skincare dan dampaknya bagi kulit kita. Sehingga kita mengerti cara kerja skincare dan hasilnya bagi kulit. Misalnya kandungan bahan bisa untuk meregenerasi kulit, kandungan bahan bisa membuat kuli lembab. 
  3. Ketahui produk sudah tersertifikasi BPOM atau izin dari negara skincare tersebut berasal. Jika sudah mengantongi izin, dapat dipastikan nyaman untuk di pakai.
  4. Sebagai nilai tambah, ketahui proses produksi produk apakah telah sesuai standar kesehatan, bagaiman rantai hulu hilir produk tersebut
  5. Pakai skincare dengan tenang, damai, dan bahagia, maka akan memberikan dampak yang signifikan di kulit kita 

Sesi 2: Gita Syaharani, Kepala Sekretariat LTKL

Pada sesi ini, Mba Gita banyak memaparkan bagaimana suatu produk atau komoditas sudah dapat dikatakan ramah lingkungan dan ramah sosial. Ada standar yang digunakan bergantung dari jenisnya, untuk produk alami ada namanya standar Natura yang mendefinisikan natural skincare product dan organic product. Kita tidak bisa mengeneralisir produk tersebut sustainable, jika belum melihat 3 elemen penting dibawah ini:

  1. Apakah produknya menjaga fungsi alam. Intinya produk atau komoditas diolah dengan menjaga kualitas ekosistem alam dari hulu ke hilir tanpa menimbulkan kebencanaan seperti kebakaran, longsor, banjir, dan eksploitasi.
  2. Petani/pekebun pekerja sejahtera. Mereka-mereka yang ada di dalam rantai pasok produk harus dipastikan mendapatkan kesejahteraan yang layak, termasuk dalam praktek fair trade. 
  3. Produk mempertanggungjawabkan energi dan limbah dari sistem produksinya. Produsen berusaha renewable energy dalam processing-nya, juga mengolah limbah sampah yang dihasilkan. 

Mba Gita juga memberikan cara mudah memilih produk yang sustainable, readers bisa terapkan nih tipsnya ๐Ÿ˜‰

  • Baca label dan kenali apa yang ada di dalam label produk. Apabila kita sudah mengenali bahan-bahan yang terkandung pada skincare, maka dapat melihat komoditas apa yang terlibat serta dampaknya bagi lingkungan. 
  • Cari produk yang “bercerita”. Pilih produk yang lebih banyak bercerita secara terbuka tentang bagaimana produk itu berasal, bagaimana cara komoditasnya di proses, dan lain-lain. Semakin banyak bercerita, memudahkan konsumen memahami produk tersebut.

Sesi 3: Christine Pan, Segara Naturalis

Readers, di sesi ini Mba Christine sharing pengalaman yang melatarbelakangi dimulainya Segara Naturalis. Berawal dari kemirisan setiap kali diving dan surfing di perairan Indonesia, selalu saja mendapati adanya sampah. Belum lagi hutan yang gundul akibat pembabatan dan beralihfungsi dipenuhi kelapa sawit. Image Indonesia yang indah banyak dirusak akibat kontribusi diri kita sebagai penyampah. Beliau juga menyadari, setiap kali traveling botol toiletries yang digunakan akan berakhir menjadi sampah plastik, begitupun isian bahan baku didalamnya. Ketidakpuasan pada produk yang ada di pasaran turut menjadi alasan. Akhirnya beliau mulai mencari solusi bagaimana gampang traveling tanpa nyampah dan merusak alam dengan mulai membuat produk alami sendiri. 

Mba Christine mulai membuat sabun alami di tahun 2015, kemudian memutuskan full time di Segara sejak tahun 2018. Segara menginginkan produk yang minim sampah, anti tumpah, tapi kulit sehat alami. Dari pemaparan Kak Christine, saya menarik 3 kesimpulan yaitu:

  1. Minim sampah. Segara berprinsip dari hulu ke hilir harus berjalan berkesinambungan. Tidak hanya pada ingredient, bahan baku dan praktek produksi yang ramah lingkungan. Tetapi memperhatikan supplier-supplier agar tidak mewariskan sampah produksi mereka. Segara berusaha meminimalisir sampah baik secara proses produksi produk maupun operasional day to day di kantor. Ini dapat terlihat dari laporan timbulan sampah yang dikeluarkan DCA (Divers Clean Action) dimana pada tahun lalu periode Januari – Maret, Segara menghasilkan 13,4 kg sampah baik dari produk maupun operasional, dan ada sekitar 8,4 kg terdiri dari sampah plastik. Sementara itu, 95% sampah bisa di recycle.
  2. Anti tumpah. Produk Segara hadir dalam bentuk batang, mulai dari sabun batang, sampo batang, pasta gigi serbuk, dan hanya satu yang liquid yaitu shower gel. Jadi kalau buat jalan-jalan, praktis yang solid dan tidak ada resiko tumpah.
  3. Kulit tetap alami. Segara menggunakan komoditas lokal dan berbasis scientific, dimana bahan baku yang digunakan dilakukan studi riset terlebih dahulu agar sesuai dengan fungsi yang diinginkan.

Sasaran pengguna Segara biasanya orang-orang yang bisa menjadi change maker, influencer gaya hidup yang zero waste, solid, dan enhance nature skin. Mereka umumnya para kaum zero waste, orang yang suka organik, dan suka lingkungan alam luar (outdoor). Salah satu selebritis yang memakai produk Segara yakni Nadine Candrawinata. Kalau readers mau mencoba produknya, Segara mengandalkan secara online seperti instagram, dan market place.

Akhir kata....

Sudah seseruan bareng pembicara yang keren dan inspiratif banget. Untuk memanaskan suasana, Kak Fransisca memberikan  3 games Tebak Gambar. Tiap gambar dikasih waktu 20 detik, yang cepat jawab dan benar tebak ketiganya, dapat hadiah deh dari penyelenggara. 

Tak lupa saya haturkan selamat kepada para pemenang lomba blog #LestarikanCantikmu, kalian jempolan deh ๐Ÿ‘๐Ÿ˜. Rangkaian acara ditutup dengan foto bersama, wajah-wajah ceria..ciissss ☺️

Akhir kata, saya mengucapkan terima kasih ๐Ÿ™kepada seluruh penyelenggara untuk kesempatan mengikuti event Online Blogger Gathering #LestarikanCantikmu. Berkumpul bersama blogger dari berbagai daerah dan belajar bersama menambah pengetahuan seputar produk dan komoditas yang ramah lingkungan & ramah sosial. Semoga saya pribadi dapat menjadi salah satu change maker menyampaikan pesan baik ini kepada orang lain. Salam lestari ☘️

Oya, kalau readers ingin tahu gimana  keseruan acaranya? Yuk tonton videonya dibawah ini ๐Ÿ˜‰

Informasi tentang penyelenggara, yuk readers di follow medsos-nya

✔️ Blogger Perempuan Network (BPN), adalah komunitas blogger perempuan terbesar di Indonesia yang menjadi wadah bagi para blogger wanita untuk belajar menjadi blogger professional. Platform media sosial: Instagram @bloggerperempuan, Twitter @BPerempuan, Facebook Page: Blogger Perempuan dan Website: bloggerperempuan.co.id, Youtube: Blogger Perempuan

✔️ Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) adalah forum kolaborasi yang dibentuk dan dikelola oleh pemerintah kabupaten untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Platform media sosial: Instagram: @kabupatenlestariTwitter: @kab_lestari Facebook: Kabupaten Lestari, Website: www.kabupatenlestari.org, Youtube: Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL)

✔️ Madani Berkelanjutan (Manusia dan Alam untuk Indonesia Berkelanjutan) adalah lembaga nirlaba yang berupaya menjembatani hubungan antar pemangku kepentingan (pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat sipil) untuk mencapai solusi inovatif terkait tata kelola hutan dan lahan. Platform media sosial: Twitter @yayasanmadani, Instagram: @madaniberkelanjutan.id Facebook: Madani Berkelanjutan Websitemadaniberkelanjutan.id Youtube: Madani Berkelanjutan 

Comments

  1. Seru banget acaranya ya jadi menambah wawasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Alhamdulillah :)..apalagi sejak pandemi sudah lama nda bertemu teman-teman blogger

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengurus Visa China Ternyata Hanya 4 Hari!!

Travel plan saya selanjutnya adalah mengunjungi Shanghai, Cina. Untuk dapat mengunjungi Cina, tentunya harus siap dengan visa-nya. Nah, saya mau berbagi sewaktu saya mengurus visa China :-) fresh bulan April 2012 dan ternyata sangat mudah dan simpel. Karena baru pertama kali mengurus visa sendiri, jadi saya sangat interest sekali searching informasi. Untuk website resminya bisa klik disini VISA FOR CHINA . Sebenarnya persyaratan untuk mengurus visa China tidak terlalu banyak, yuk follow my feeds dibawah ini ;-) Buka website resminya, pelajari visa apa yang mau kamu ambil dan tujuannya untuk apa, lihat di sini JENIS-JENIS VISA CHINA & PERSYARATAN  Kalau saya tujuannya untuk traveling biasa, jadi saya ambil Tourism and family visit visa (L-Visa) Isi formulir permohonan dengan lengkap , kamu bisa download  VISA APPLICATION FORM atau bisa langsung APPLY ONLINE . Kalau saya pribadi, sudah apply online, jadi isi data via online, setelah data lengkap dan tersimpan, ot

4 Rekomendasi Tempat Wisata Belanja di Shanghai

Wisata belanja di Shanghai memang tidak ada habisnya. Namun, yang paling membuat saya tertarik adalah market-market tradisionalnya, sangat unik dengan berbagai macam jajanan pasar. Berikut ini saya akan berikan  tempat belanja yang berhasil saya kunjungi selama di Shanghai yang bisa jadi referensi teman-teman. Mari follow my journey  di bawah ini ya :) Nanjing Road Nanjing Road merupakan pusat jalan perbelanjaan utama di Shanghai. Ini jalan yang panjang hingga beberapa kilometer yang saling terhubung. Terdiri dari Nanjing Rd Timur dan Nanjing Rd Barat. Nanjing Rd Timur paling dekat dengan The Bund, sedangkan Nanjing Rd Barat dekat dengan People's Square. Pada siang hari, Nanjing Road penuh menggeliat dengan riuhnya para pengunjung. Outlet-outlet disepanjang jalan menawarkan merek-merek terkenal yang tak terhitung jumlahnya dengan kualitas yang bagus tentunya. Nanjing Road memang pusat perbelanjaan modern dengan tetap menyajikan konsep tradisional. Terbukti dengan ma

Pengalaman Buyback LM di Butik Emas Gd. Antam Simatupang

Yang pertama memang selalu terasa spesial. Hari ini ceritanya melepas logam mulia pertama yang saya beli tahun 2017. Hasil nabung dari sisa gaji bulanan, di belikan LM. Ngga punya pengalaman beli-beli LM, dan berujung beli online di website toko perhiasan. Logam mulia klasik yang sertifikatnya masih terpisah, seberat 10 gram, seharga Rp 5.698.000,-. Itupun masih numpang simpen dulu di toko karena masih dapat free brankas, dan baru dikirim satu bulan kemudian via JNE.  Ngga berasa udah 5 tahun aja, ini LM bersemayam di laci lemari. Masih terbungkus dalam amplop hijau diselimuti lembar kuitansi pembelian. Sebenarnya belum butuh-butuh amat untuk menjual LM, tapi mengingat mau buat modal usaha. Setelah dipandang, dipikir dan diputuskan, harus rela melepas LM pertamaku dari genggaman๐Ÿฅบ. Browsing kira-kira dimana tempat yang oke buat buyback LM. Kalau mau gampang, bisa aja sih jual di toko emas atau butik jewellery. Pernah iseng tanya ke toko emas (yang ngga jualan LM), eh malah LM-nya dihar

Nabung di Bank BRI, Kena Pajak!!

Disini saya mau berbagi tentang pengalaman saya menabung di BRI beberapa bulan kemarin, karena saya pikir menabung di bank pemerintah seperti BRI, tidak ada banyak potongan yang macam-macam. Sebelumnya saya menabung di Bank Muamalat Syariah yang sebenarnya sudah cocok sekali dan tidak banyak memberikan potongan kepada nasabah kecuali untuk biaya administrasi yang relatif masih dibawah Rp 10ribu. Tapi karena desakan orangtua untuk di pindah ke bank pemerintah, akhirnya saya memutuskan untuk membuka rekening di Bank BRI dekat kantor saya. Pembukaan rekening saya dengan setoran Rp 600ribu. Masih di bulan yang sama,saya mentransfer setoran ke rekening BRI sebesar Rp XX.000.000,- (maaf off the record). Pada bulan berikutnya, saya mendapatkan bunga bank sebesar Rp 28.036,-. Dan saya cukup kaget ketika saya mengetahui tabungan saya dikenakan pajak yang tidak ada ketentuannya berapa persen. Yang terpotong saat itu pajaknya Rp 5.607,- belum lagi potongan administrasi sebesar Rp 10ribu.

16 Things To Do In Shanghai (Part 1 - Sightseeing Shanghai)

Salah satu tujuan trip untuk solo traveling saya yang pertama adalah Shanghai, China. Satu minggu, saya habiskan waktu hanya di kota Shanghai, dan memang tidak membuat itenary untuk mengunjungi kota lain seperti Beijing. Mungkin saya ingin lebih dekat dengan kota Shanghai, sebagai kota Metropolis dari China. Untuk penerbangan ke China, saya menggunakan Singapore Airlines,dengan tujuan Pudong International Airport. Keberangkatan pagi hari jam 09:10, transit di Singapura, dan berlanjut jam 13:00 menuju Shanghai. Lama perjalanan Singapura-Shanghai sekitar 4 jam 45 menit. Tiba di Shanghai sekitar jam 7 malam. Sedangkan kembali ke Jakarta, saya ambil keberangkatan malam hari jam 19:10 tiba di Singapura jam 01:00 dini hari. Hanya saja, transit di Singapura agak lama 5 jam, jadi lumayan buooseenin. Berlanjut penerbangan ke Jakarta pagi jam 07:00, delay satu jam dari awal jadwal 05:00 Sedangkan untuk budget cost sendiri, rasanya bukan ala backpacker :-D

Review Oli X-Ten 10W30 Matic Untuk Vario 150

Buat kamu yang sedang cari review oli X-Ten 10W30 Matic untuk Vario 150, pas banget baca informasi ini. Kali ini saya ingin berbagi informasi penggunaan dan ulasan pemakaian oli X-Ten 10W30 Matic. Testimoni penggunaan oli ini tentunya berasal dari pengalaman saya pribadi. Produk oli saya gunakan di motor Vario 150 keluaran tahun 2018. Untuk menjaga performa Honda Vario 150cc, tentunya harus rutin melakukan perawatan. Mulai dari mengganti oli tepat waktu hingga memilih oli yang tepat. Kali ini saya ganti oli di Planet Ban yang berlokasi di Jalan Akses UI Kelapa Dua, Depok. Kebetulan dekat dengan area tempat tinggal.  Sebenarnya ini kedua kalinya saya ganti oli di sini. Yang pertama sudah mencapai 4.000an kilometer. Kalau mengacu dari waktu pergantian standar oli X-Ten bisa lebih lama hingga 2x lipat dibandingkan oli biasa, bisa ganti oli setiap kurang lebih 5.000 km. Tapi, tetap saya ganti buat menjaga performa mesin motor.  Spesifikasi Oli Nama Produk : XT - 30 Matic Viskositas: SAE 10

Yuk Kurangi Sampah Sendiri Dengan Konsep 7R

Rumah tangga menjadi produsen sampah terbesar di Indonesia. Berdasarkan data riset Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2019 menunjukkan jumlah sampah nasional mencapai 175.000 ton/hari, dengan sumber sampah 48% didominasi berasal dari rumah tangga. Multidimensi persoalan sampah menjadi kendala dalam pengelolaan  sampah di Indonesia. Sebut saja faktor perilaku masyarakat yang belum peduli pentingnya pengelolaan sampah, masalah sampah plastik yang kian mengancam, keterbatasan fasilitas pemerintah daerah dalam pengelolaan sampah serta kurang maksimal karena tidak ditangani oleh professional yang ahli di bidang persampahan.  sumber data riset KLHK Bijak kelola sampah  harus ditanamkan mulai dari diri sendiri. Setiap individu wajib memiliki semangat peduli lingkungan bahwa  sampahku adalah tanggung jawabku . Sehingga mampu mengimplementasikan bijak kelola sampah di kehidupan sehari-sehari. Saya mencoba menerapkan konsep 7R (reth

Weekend Banking BCA KCP Grand Indonesia

Bagi nasabah BCA,layanan weekend banking sangat membantu dalam memudahkan nasabahnya melakukan transaksi di hari Sabtu dan Minggu. Waktu itu saya menggunakan layanan ini untuk pembukaan rekening baru. Layanan weekend banking BCA diwilayah Jakarta Selatan & Jakarta Pusat hanya dilayani di dua lokasi,yaitu KCP Grand Indonesia dan KCP Pondok Indah Mall. Layanan Weekend Banking ini buka setiap Sabtu dan Minggu (Kecuali hari libur) dari pukul 10.00-15.00 WIB.  Untuk itu, saya memilih mendatangi kantor BCA di Grand Indonesia yang masih dekat dengan kantor. Hampir saja saya salah tujuan lokasi Bank BCA. Karena layanan weekend banking BCA bukan berlokasi di Menara BCA(tepat di depan jalan utama Grand Indonesia), tapi berada di Grand Indonesia Westmall Lantai LG. Sayangnya, saya tidak bisa melakukan pembukaan rekening baru, karena kartu identitas saya beralamatkan di Depok. Layanan pembukaan rekening baru pada saat weekend hanya melayani pembukaan rekening dengan kartu identitas wil

16 Things To Do In Shanghai (Part 2 - Sightseeing Shanghai)

Pada Part 1 yaitu tempat-tempat menarik untuk dikunjungi selama di Shanghai , saya sudah memberikan 5 tempat menarik di Shanghai. Nah, berlanjut di Part 2, masih sama, rekomendasi tempat-tempat menarik seperti temple, mesjid, garden, dan gedung tertinggi, dan arena. Follow my journey  di bawah ini ya ๐Ÿ˜„  6. Yu Yuan Garden and Bazaar Yu Yuan Garden adalah taman paling terkenal di Shanghai. Terletak di jantung Kota Tua Shanghai, dan salah satu tempat wisata paling menarik dan menjadi pusat kunjungan para turis di Shanghai.  Dekat dengan Yu Yuan Garden dapat ditemui pasar dengan sederetan outlet-outlet, rumah makan, yang menjual berbagai macam produk, mulai dari souvenir, pakaian, makanan khas, dan lain-lain. Suasananya rame betul, belum lagi bangunan-bangunan sekitar pasar yang terlihat sangat klasik khas tradisional China. Harga souvenir di sini relatif murah, mulai dari harga 5 RMB-90 RMB tergantung dari jenis souvenir. Untuk produk baju harganya bisa diatas 100 RMB.