Skip to main content

16 Things To Do In Shanghai (Part 3 - Sightseeing Shanghai)

Masih berlanjut dari Part 1 dan Part 2 tentang tempat-tempat apa saja sih yang bisa dikunjungi dan menarik di Shanghai. Dan pada bagian terakhir ini yaitu Part 3, tempat menarik lainnya diantaranya makam nasional, masih seputar temple, tengok kebon binatang ala Shanghai, jajal penasaran naik gedung tertinggi di Shanghai. Yuk, checkidot di follow my journey 😃

11. Longhua Pagoda & Longhu Temple

Longhu Temple
Temple kali ini yang saya datangi berada jauh dari pusat kota Shanghai. Saya menggunakan taksi untuk menuju ke temple ini, daerah tempat ini memang jarang dikunjungi untuk para turis untuk hari-hari biasa, terkecuali mereka yang ingin bersembahyang atau ada kegiatan perayaan. Temple ini berada persis di samping pembangunan gedung bertingkat. Dan katanya, temple ini termasuk temple tertua di Shanghai.
Terletak di Jalan Longhua sebelah selatan kota. Longhua Park terkenal dengan Longhua Temple dan Longhua Pagoda. Longhua Temple adalah kuil tertua di Shanghai yang memiliki cerita panjang dari tahun 1700, berdasarkan sejarah. Konon dibangun selama periode Tiga Kerajaan.  Selain sejarahnya, Longhua Temple adalah kuil terbesar di Shanghai. Ini bisa dilihat dari banyaknya hall-hall yang terdapat di area ini. Selain itu patung-patung Budha dan dewa-dewa banyak menghiasi hall dengan kostum khas China tradisional. Bahkan ada disalah satu hall yang menampilkan patung-patung dewa dengan berbagai macam wajah. Hmmm, saya kurang tau ada berapa banyak jumlahnya, tapi sepertinya ratusan. karena patungnya berukuran kecil dan memenuhi setengah ruang.
Dari luar sudah terlihat Longhua Pagoda. Yang menarik adalah, pagoda ini tidak berdiri lurus tegak, tapi agak sedikit miring. Pagoda ini bertingkat tujuh, berdiri tepat di depan Longhua Temple. Kebetulan saya tidak memasuki pagoda ini, jadi kurang tahu untuk isi didalamnya.

Tiket masuk : 10 RMB
Jam buka : 07:00 - 16:30
Transportasi : naik taxi, atau kereta bawah tanah, ambil Subway Line 3, turun di Stasiun Longcao Road. Keluar dari Exit 1 dan berjalan kearah timur sekitar 15 menit menuju kuil 
12. Longhua Martyrs' Memorial Cemetary
Berada tepat di Jalan Longhua, tidak jauh dari area Longhua Temple. Terdapat makam untuk mengenang para pahlawan China. Memasuki area ini, sebenarnya jauh dari kata pemakaman itu sendiri. Karena area ini lebih mirip dengan taman. Cantik dengan bunga berwarna-warni, bersih, tertata rapi dan area yang sangat luas.
Saya begitu terpesona dengan cemetary disini. Suasananya yang sejuk dan pohon pinus yang berjajar. Dari jauh tampak bangunan piramida, dan samping kanan-kiri, berdiri monumen partriotik. Menurut informasi, cemetery ini dibangun sebagai tempat peristirahatan untuk mengenang para pahlawan selama perang sipil China. Di cemetary ini akan banyak ditemui monumen yang tersebar di seluruh area sebagai tanda memperingati para pahlawan revolusioner yang berjuang dan meninggal di Shanghai. 
Saya sempat melihat makam para pahlwanan. Makam pahlawan tertata rapi diantara tingkatan taman. Bahkan saya pikir tadinya itu bukan makam, karena tertutup orang barisan taman sebagai pemisah antar tingkatan makam. Di setiap makam bernisan persegi empat dengan mencantumkan foto para pahlawan. Dan saya benar-benar tidak ingin mengambil gambar makam mereka :-) dont know,  berasa beda aja!!
Tiket masuk : sepertinya Gratis, soale waktu masuk ngga ditanyain tiket 😀
Jam masuk : 09:00 - 15:30 (hari Senin tutup).
Transportasi : tinggal jalan kaki aja dari Longhua Temple, deket banget!

>>Baca yuk: rekomendasi tempat wisata belanja di Shanghai

13. Jade Buddha Temple
Jade Buddha Temple adalah salah satu temple yang dihormati dan terkenal di kota Shanghai, dan merupakan tempat kunjungan para wisatawan mancanegara. Temple ini memang terlihat beda dari temple yang saya kunjungi sebelumnya. Selain banyaknya barang-barang peninggalan dari Dinasti. Di temple ini memiliki giok patung Sang Buddha yang merupakan peninggalan budaya langka. Dua giok berharga patung Buddha ini yaitu Buddha Duduk (The Reclining Buddha Jade) dan Buddha Telentang (The Sleeping Buddha) yang diukir dengan batu giok putih. Inilah kenapa disebut dengan Jade Buddha Temple. 

Meskipun berada dalam area Jade Buddha Temple, tapi untuk memasuki dan melihat ke-dua Patung Buddha ini, harus membeli tiket lagi :-D. Cukup penasaran, saya coba beli. dan memasuki area Jade temple. Untuk melihat Patung Buddha Duduk, harus menaiki tangga kuil. Saya rasa, patung Buddha Duduk ini lebih ketat penjagaannya, karena selama di dalam ruangan khusus Patung Buddha itu berada, tidak diperbolehkan untuk mengambil foto, dan diberi pembatas mungkin sekitar 50 meter antara 
Patung Buddha Duduk dengan para pengunjung. Jadi paling hanya bisa melihat saja, dan album foto yang disediakan dekat pengunjung. Patung Sang Buddha Duduk dengan tinggi 190 cm bertahtakan dengan batu akik dan batu zamrud, menggambarkan Sang Buddha pada saat meditasi. 
Untuk melihat Sang Buddha Telentang, berada di luar dari kuil Patung Buddha Duduk. Sang Buddha Telentang adalah panjang 96 cm, berbaring di sisi kanan dengan tangan kanan menopang kepala dan tangan kiri berpangku di kaki kiri, bentuk ini disebut "lucky repose", Indonesianya=> istirahat beruntung, ya kira-kira begitulah :-). Patung Buddha Telentang ini sangat terkenal, karena memang terlihat manis dan unik dengan gayanya yang telentang :-).
Ada lagi yang menarik, disini beberapa tanaman bonsai dan patung singa di kalungkan pita merah semua =)

Tiket masuk : 30 RMB
Jam masuk : 08:00-17:00
Transportasi : Metro Station Subway Line 7 ke Changshou Road Station. Keluar dari Exit 5 dan jalan menuju Xinhui Road, ambil kanan sampai Jiangning Road, Temple berada di sebelah kanan  

14. Panda in Shanghai Zoo
Rasanya kurang lengkap kalau sudah ke negeri tirai bambu tapi tidak melihat si mister Panda :-D. Ya, binatang khas negeri China ini bisa kita temui di Shanghai Zoo. Untuk jajal rasa penasarannya saya, saya mendatangi Kebun Binatang Shanghai.
Memasuki area Kebun Binatang Shanghai tidak terlalu ramai pada hari biasa. Suasananya teduh, bersih dan nyaman sekali untuk rekreasi buat keluarga terutama anak-anak. Yang pertama-tama saya kunjungi adalah Penguin. Maklum, saya nge-fans banget sama penguin :-D. Haaahhh, liat penguin berenang di arena kolam, bikin saya pengen bawa pulang ke Indonesia, lucccuu bangettt =D. 
Setelah itu, panda. Hewan berwarna hitam putih, dan gembul ini, memang enaknya kita peluk :-) tak hanya lucu tapi ngemmessiiin banget. Sayang, saat saya kesana, si mister Panda ini lagi di dalam karantina untuk makan.
Tak hanya kedua binatang tersebut, di Kebun Binatang Shanghai banyak juga binatang-binatang yang tidak bisa temui di Indonesia, seperti panda merah, beruang kutub, macan putih dari Cina Selatan, hewan liar karnivora seperti srigala, dan masih banyak lagi. Oya, disini kita juga bisa melihat langsung rumah karantina gajah, dimana gajah dibersihkan, dan diberi makan di dalam karantina.
Tidak terlalu sulit untuk berkeliling di area kebun binatang ini karena disertai oleh petunjuk arah yang  jelas disetiap persimpangan. Area untuk tempat binatang pun tidak terlalu banyak, sebaliknya lebih banyak dihiasi oleh taman-taman yang yang tertata rapi dan bersih. Terdapat arena bermain anak-anak seperti kincir raksasa, Menyenangkanlah berada di Shanghai Zoo :-)
Tiket masuk : 40 RMB
Jam Masuk : 07:00-16:30
Transportasi : Metro Subway Line 10 turun di Shanghai Zoo Station  

 15. Qibao Ancient Town
Ingin mengunjungi salah satu kota tua di Shanghai, Qibao Ancient Town bisa menjadi pilihan. Kota Tua Qibao dapat memuaskan rasa ingin tau kita tentang kota-kota air kuno, sebagai satu-satunya kota kuno yang menjadi bagian besar dari Shanghai denga sejarah lebih dari seribu tahun. 
Memasuki area Qibao Old Street, kendaraan roda empat dilarang masuk, jadi hanya boleh kendaraan roda dua saja. Kita dapat menemui beberapa blok kota-kota air, dengan air sungai yang bersih tanpa ada sampah :-). Karena disini memang dijaga sekali kelestarian budayanya.
Di Qibao tak hanya kota-kota air yang dapat kita nikmati keindahannya, kuil-kuil kecil, restauran tradisional, dan yang menarik adalah pasar tradisional yang menjual beragam jajanan pasar. Saya sempat membeli kacang china dengan harga 10 RMB, dan manisan kiwi :-). Selain itu disini banyak menjual kerajinan dari tas, sandal, sepatu, dompet, dengan harga yang relatif murah. 
Tiket masuk : Gratis
Jam masuk : dari pagi - sore (maaf kurang tau jam bukanya ^_^)
Transportasi : saya pakai taksi, tapi menurut info Metro Station Subway Line 9 turun di Stasiun Qibao, keluar dari Exit 3 ke Kota Tua

16. Shanghai World Financial Center
Nah, kalau ke Shanghai, jangan lupa merasakan naik ke gedung tinggi di Shanghai  yaitu Shanghai World Financial Center & Jin Mao Tower yang berada di tengah kota Lujiazui & pusat bisnis PUdong. Namun Shanghai World Financial Center adalah yang tertinggi. 
Gedung ini memilik 101 lantai dengan tinggi 492 meter, dan selesai di bangun pada 28 Agustus 2008. Gedung ini di bangun bertujuan sebagain pusat bisnis dunia, dan mampu untuk menampilkan budaya, seni serta informasi dari seluruh dunia. 
Banyak turis mancanegara maupun lokal yang menjadikan gedung ini sebagai salah satu daya tarik tempat wisata. Dari awal memasuki arena, kita sudah di suguhkan dengan tampilan miniatur kota Shanghai dengan diwarnai wajah pagi hari, siang, sore hingga menjelang malam, bahkan dengan efek kembang api. Sungguh menarik :-). Setelahnya, kita akan memasuki area menunggu lift. Selama menunggu, di tampilkan kembali wajah kota Shanghai yang menggeliat dengan ekonomi dan budayanya. Setelahnya. kita masuk ke dalam lift dengan kapasitas sekitar 15-20 orang. Dan, tarraaammm, lift melaju cepat sekali, bahkan tidak terasa sedikitpun getaran. Semakin bertambah tingkat,kecepatannya semakin tinggi. Mungkin hanya hitungan tidak sampai 3 menit sudah sampai di lantai 100, amazing :)
Dari lantai 100, ktia dapat melihat view pemandangan kota Shanghai. Nah paling enak kalau kesininya malam hari, karena lebih gemerlap dengan cahaya lampu dari tiap gedung. Karena banyak orang bule disini,  saya bisa berfoto dengan bule, heheheh 😋 lumayan. Selanjutnya, kita turun ke lantai 97/94, untuk melihat-lihat souvenir ataupun yang ingin berphoto studio di Sky Arena 94. Meskipun ngga sampai 1 jam lebih berada di sini, tapi saya benar-benar menggagumi teknologi untuk membangun gedung ini. Thats really cool inside :-)
Tiket masuk : 150 RMB
Jam buka : 08:00-23:00
Transportasi : kalau saya tinggal jalan kaki dari penginapan. Kalau dari Stasiun turn di Century Ave Line 3



Comments

  1. lagi search di google tentang penginapan hostel di shanghai eh ketemu blog ini
    sukaaaa bgt dapet rekomendasi wisata di shanghai.. thanks mbak crt di blognya jadi bisa memudahkan saya bikin itinerary, salam kenal
    Anggi

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengurus Visa China Ternyata Hanya 4 Hari!!

Travel plan saya selanjutnya adalah mengunjungi Shanghai, Cina. Untuk dapat mengunjungi Cina, tentunya harus siap dengan visa-nya. Nah, saya mau berbagi sewaktu saya mengurus visa China :-) fresh bulan April 2012 dan ternyata sangat mudah dan simpel. Karena baru pertama kali mengurus visa sendiri, jadi saya sangat interest sekali searching informasi. Untuk website resminya bisa klik disini VISA FOR CHINA . Sebenarnya persyaratan untuk mengurus visa China tidak terlalu banyak, yuk follow my feeds dibawah ini ;-) Buka website resminya, pelajari visa apa yang mau kamu ambil dan tujuannya untuk apa, lihat di sini JENIS-JENIS VISA CHINA & PERSYARATAN  Kalau saya tujuannya untuk traveling biasa, jadi saya ambil Tourism and family visit visa (L-Visa) Isi formulir permohonan dengan lengkap , kamu bisa download  VISA APPLICATION FORM atau bisa langsung APPLY ONLINE . Kalau saya pribadi, sudah apply online, jadi isi data via online, setelah data lengkap dan tersimpan, ot

4 Rekomendasi Tempat Wisata Belanja di Shanghai

Wisata belanja di Shanghai memang tidak ada habisnya. Namun, yang paling membuat saya tertarik adalah market-market tradisionalnya, sangat unik dengan berbagai macam jajanan pasar. Berikut ini saya akan berikan  tempat belanja yang berhasil saya kunjungi selama di Shanghai yang bisa jadi referensi teman-teman. Mari follow my journey  di bawah ini ya :) Nanjing Road Nanjing Road merupakan pusat jalan perbelanjaan utama di Shanghai. Ini jalan yang panjang hingga beberapa kilometer yang saling terhubung. Terdiri dari Nanjing Rd Timur dan Nanjing Rd Barat. Nanjing Rd Timur paling dekat dengan The Bund, sedangkan Nanjing Rd Barat dekat dengan People's Square. Pada siang hari, Nanjing Road penuh menggeliat dengan riuhnya para pengunjung. Outlet-outlet disepanjang jalan menawarkan merek-merek terkenal yang tak terhitung jumlahnya dengan kualitas yang bagus tentunya. Nanjing Road memang pusat perbelanjaan modern dengan tetap menyajikan konsep tradisional. Terbukti dengan ma

Nabung di Bank BRI, Kena Pajak!!

Disini saya mau berbagi tentang pengalaman saya menabung di BRI beberapa bulan kemarin, karena saya pikir menabung di bank pemerintah seperti BRI, tidak ada banyak potongan yang macam-macam. Sebelumnya saya menabung di Bank Muamalat Syariah yang sebenarnya sudah cocok sekali dan tidak banyak memberikan potongan kepada nasabah kecuali untuk biaya administrasi yang relatif masih dibawah Rp 10ribu. Tapi karena desakan orangtua untuk di pindah ke bank pemerintah, akhirnya saya memutuskan untuk membuka rekening di Bank BRI dekat kantor saya. Pembukaan rekening saya dengan setoran Rp 600ribu. Masih di bulan yang sama,saya mentransfer setoran ke rekening BRI sebesar Rp XX.000.000,- (maaf off the record). Pada bulan berikutnya, saya mendapatkan bunga bank sebesar Rp 28.036,-. Dan saya cukup kaget ketika saya mengetahui tabungan saya dikenakan pajak yang tidak ada ketentuannya berapa persen. Yang terpotong saat itu pajaknya Rp 5.607,- belum lagi potongan administrasi sebesar Rp 10ribu.

16 Things To Do In Shanghai (Part 1 - Sightseeing Shanghai)

Salah satu tujuan trip untuk solo traveling saya yang pertama adalah Shanghai, China. Satu minggu, saya habiskan waktu hanya di kota Shanghai, dan memang tidak membuat itenary untuk mengunjungi kota lain seperti Beijing. Mungkin saya ingin lebih dekat dengan kota Shanghai, sebagai kota Metropolis dari China. Untuk penerbangan ke China, saya menggunakan Singapore Airlines,dengan tujuan Pudong International Airport. Keberangkatan pagi hari jam 09:10, transit di Singapura, dan berlanjut jam 13:00 menuju Shanghai. Lama perjalanan Singapura-Shanghai sekitar 4 jam 45 menit. Tiba di Shanghai sekitar jam 7 malam. Sedangkan kembali ke Jakarta, saya ambil keberangkatan malam hari jam 19:10 tiba di Singapura jam 01:00 dini hari. Hanya saja, transit di Singapura agak lama 5 jam, jadi lumayan buooseenin. Berlanjut penerbangan ke Jakarta pagi jam 07:00, delay satu jam dari awal jadwal 05:00 Sedangkan untuk budget cost sendiri, rasanya bukan ala backpacker :-D

Weekend Banking BCA KCP Grand Indonesia

Bagi nasabah BCA,layanan weekend banking sangat membantu dalam memudahkan nasabahnya melakukan transaksi di hari Sabtu dan Minggu. Waktu itu saya menggunakan layanan ini untuk pembukaan rekening baru. Layanan weekend banking BCA diwilayah Jakarta Selatan & Jakarta Pusat hanya dilayani di dua lokasi,yaitu KCP Grand Indonesia dan KCP Pondok Indah Mall. Layanan Weekend Banking ini buka setiap Sabtu dan Minggu (Kecuali hari libur) dari pukul 10.00-15.00 WIB.  Untuk itu, saya memilih mendatangi kantor BCA di Grand Indonesia yang masih dekat dengan kantor. Hampir saja saya salah tujuan lokasi Bank BCA. Karena layanan weekend banking BCA bukan berlokasi di Menara BCA(tepat di depan jalan utama Grand Indonesia), tapi berada di Grand Indonesia Westmall Lantai LG. Sayangnya, saya tidak bisa melakukan pembukaan rekening baru, karena kartu identitas saya beralamatkan di Depok. Layanan pembukaan rekening baru pada saat weekend hanya melayani pembukaan rekening dengan kartu identitas wil

16 Things To Do In Shanghai (Part 2 - Sightseeing Shanghai)

Pada Part 1 yaitu tempat-tempat menarik untuk dikunjungi selama di Shanghai , saya sudah memberikan 5 tempat menarik di Shanghai. Nah, berlanjut di Part 2, masih sama, rekomendasi tempat-tempat menarik seperti temple, mesjid, garden, dan gedung tertinggi, dan arena. Follow my journey  di bawah ini ya 😄  6. Yu Yuan Garden and Bazaar Yu Yuan Garden adalah taman paling terkenal di Shanghai. Terletak di jantung Kota Tua Shanghai, dan salah satu tempat wisata paling menarik dan menjadi pusat kunjungan para turis di Shanghai.  Dekat dengan Yu Yuan Garden dapat ditemui pasar dengan sederetan outlet-outlet, rumah makan, yang menjual berbagai macam produk, mulai dari souvenir, pakaian, makanan khas, dan lain-lain. Suasananya rame betul, belum lagi bangunan-bangunan sekitar pasar yang terlihat sangat klasik khas tradisional China. Harga souvenir di sini relatif murah, mulai dari harga 5 RMB-90 RMB tergantung dari jenis souvenir. Untuk produk baju harganya bisa diatas 100 RMB.

Jalan-jalan ke Singapura ala Backpackers

Nuny & Neni This is me and my best friend, Neni. Beberapa waktu lalu, kami berdua backpacking ke Singapura. Jadi, memang kami siapkan sendiri, mulai dari beli tiket penerbangan sampai reservasi hostel. Banyak hal yang menarik selama 2 hari berada di Singapura, mulai dari bermalam di Changi Airport,sampai ketempat-tempat wisata,seperti Resort Island Sentosa. Berbagi cerita, semoga bisa memberikan informasi yang menyenangkan :) Mengurus Tiket dan Reservasi Penginapan Saat ini t iket penerbangan ke Singapura sangat mudah didapat,banyak airlines yang menyediakan jadwal penerbangan ke Singapura bahkan dengan harga promo yang sangat murah. Diantaranya ada Mandala Airlines, Air Asia Airlines, Batavia Air,Tiger Airways, Lion Air. www.thehivebackpackers.com Untuk reservasi penginapan,cukup mudah. Di Singapura banyak tersedia pilihan penginapan dari hostel backpackers sampai hotel berbintang. Salah satu hostel tujuan saya adalah The Hive Backpackers,yang t

4D3N Backpacking Malaysia Singapore Part 1 (Living in Chinatown Kuala Lumpur)

Setelah menyesuaikan waktu perjalanan dengan jadwal libur kami. Saya bersama sahabat saya, Ms. Neni berencana untuk  melakukan backpacking kembali. Tempat yang kami tuju masih dekat yaitu Malaysia dan Singapura. Perjalanan selama empat hari, kami mengunjungi Malaysia 2 hari 2 malam, dan Singapore 2 hari 1 malam. Ada banyak cerita menarik yang dapat dibagikan, termasuk juga beberapa tips bagi yang ingin berjalan-jalan hemat,tapi ngga ketinggalan untuk berkeliling tempat-tempat menarik di negara tujuan. Nuny & Neni Tiket Penerbangan Pulang-Pergi  Untuk penerbangan kali ini saya menggunakan jasa penerbangan Air Asia dan JetStar. Seperti diketahui Air Asia adalah pesawat asal Malaysia, dengan memanfaatkan tiket promo-nya, lumayan bisa mengurangi budget travel . Meskipun kami harus berangkat 3 bulan sesudahnya dari sejak diberlakukannya tiket promo :). Untuk penerbangan Air Asia dengan rute Jakarta - Kuala lumpur (tiket Rp 279ribu include tax airport) dan Kuala lump