Skip to main content

Berantas kustanya, Jangan Stigma Orangnya.

Di Indonesia kusta masih menjadi masalah kesehatan yang sangat komplek yang memerlukan perhatian semua pihak. Masih adanya stigma dan diskriminasi di masyarakat terhadap penderita kusta dan keluarganya berdampak meluas hingga masalah ekonomi, sosial, budaya, termasuk pada segi medis. Stigmatisasi menyulitkan penyandang kusta dan disabilitas dapat mengakses layanan kesehatan yang layak. 

Masih minimnya informasi di unit layanan kesehatan terkait tata cara perawatan dan penanganan pasien kusta serta stigma terhadap kusta di kalangan tenaga kesehatan. Diakui menyebabkan orang dengan kusta tidak mendapatkan layanan kesehatan yang optimal dan enggan berobat. Jika berkelanjutan, kondisi ini tentu dapat berisiko menyebabkan disabilitas pada orang dengan kusta yang tidak diobati dan berpotensi dapat menularkan bakteri kusta kepada sekitarnya. 

dr. M Riby Machmoed MPH selaku Technical Advisor Program Leprosy Control NLR Indonesia menyebut penyakit yang disebabkan oleh bakteri leprosy ini, berdampak sosial stigma yang menyasar pada 4 target yaitu 1) orang yang pernah mengalami kusta (oypmk) merasa mau diketahui oleh publik, 2) pihak keluarga malu jika kemudian ada keluarga yang mengalami kusta, 3) tenaga kesehatan masih ada yang merasa takut dan khawatir tertular kusta, 4) Masyarakat yang masih menganggap kusta adalah penyakit kutukan. 

Hal ini disampaikannya dalam bincang Ruang Publik KBR pada hari Kamis (28/04) yang bertajuk Dinamika Perawatan Diri dan Pencegahan Disabilitas Pada Kusta di Lapangan.  Bersama nara sumber lainnya yaitu Ibu Sierli Natar, S.Kep selaku Wasor TB/Kusta Dinas Kesehatan Kota Makassar. Bincang Ruang Publik juga disiarkan lewat 100 radio jaringan di seluruh Indonesia, dan di Jakarta dapat didengarkan di 104.2 MSTri FM. Siaran Ruang Publik KBR dapat di simak lewat Youtube  di channel Berita KBR

Sementara itu, Sierli Natar, S.Kep dari  Wasor TB/Kusta Dinas Kesehatan Kota Makassar menyebutkan tantangan penanganan kusta di lapangan adalah penderita masih melakukan stigma dengan dirinya sendiri serta pemahaman petugas kesehatan yang tidak sama. 

“Pasien tidak mau menerima ketika terdiagnosa. Cara merubah adalah memberikan edukasi kepada pasien bahwa penyakit ini tidak berbahaya. Kemudian pemahaman semua petugas kesehatan tidak sama. Ada yang benar sudah memahami penyakit kusta, namun ada petugas kesehatan yang tidak memahami. Bagaimana cara merubah mindset petugas kesehatan agar memahami bahwa penyakit kusta menularnya lama, bahwa ketika orang dengan kusta datang berobat, mereka diperlakukan sama dengan pasien lain,”katanya. 

Apakah Kusta bisa Disembuhkan?

Kusta terdengar penyakit lama yang hingga sekarang belum bisa dimusnahkan di seluruh wilayah Indonesia. Jumlah kasus tertinggi di Indonesia saat ini dipegang oleh Jawa Timur sebesar 2139 berdasarkan data tahun 2020. Disusul Jawa Barat 1845 kasus, Papua 1200 kasus , Jawa Barat 1139 kasus, Papua Barat 902 kasus. Indonesia masih berusaha mengeliminasi. 

Penularan penyakit infeksi kronis yang disebabkan oleh Mycobacterium leprae ini melalui pernafasan, udara dan kontak langsung dengan penderita yang belum diobati. Penyakit kusta pada dasarnya dapat disembuhkan asal cepat ditemukan dan cepat diobati. Kunci pencegahan dini penyakit kusta ialah setiap orang haruslah peka terhadap tiap bercak yang ada di kulit, baik bercak putih ataupun merah di kulit. 

Sebagaimana yang diutarakan oleh dr. Riby Machmoed MPH bahwa bila ditemukan bercak putih kemerahan dan tidak gatal maupun sakit, kemungkinan gejala kusta. Jika ditemukan kelemahan jari-jari tangan, kaki ataupun kelopak mata yang sudah sulit tertutup rapat, hati-hati gejala kusta. Sebaiknya diperiksa ke layanan kesehatan apakah bercak tersebut mati rasa atau tidak. Kebanyakan penderita tidak ke puskesmas karena merasa bercak-bercak ini tidak sakit dan tidak gatal. 

Ia menambahkan gejala kusta juga ditandai dengan reaksi kusta dimana menderita demam ringan sampai sedang, perubahan warna bercak putih menjadi merah, juga sakit pada sendi-sendi serta fungsi syaraf. 

Meskipun kusta tidak menyebabkan kematian. Namun hal yang dikhawatirkan adalah kecacatan permanen yang dialami oleh penderita karena dapat menurunkan produktivitas masyarakat. Mari besama deteksi dini tiap bercak yang ada di kulit dan keluarga.

Bagaimana perawatan kusta secara mandiri ?

Lebih lanjut, Sierli Natar, S.Kep menekankan melakukan deteksi dini dengan prinsip 3M (Memeriksa, Melindungi, dan Merawat diri). Maka bila mengamati adanya kelainan, lakukan pemeriksaan untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Adapun cara perawatan diri yang dianjurkan kepada pasien yang mengalami kelainan fungsi syaraf:

  1. Melakukan perendaman pada daerah-daerah yang mengalami kekebalan menggunakan air biasa. 
  2. Setelah di rendam, di gosok menggunakan alat sederhana batu apung, agar penebalan menjadi berkurang. 
  3. Setelah itu dioleskan dengan minyak kelapa pada daerah-daerah yang mengalami penebalan. Kemudian di lakukan istirahat. 
  4. Jika terdapat luka, maka tutup dengan kain perca. 

Perawatan diri harus di lakukan setiap hari dengan ketekunan. Prinsipnya adalah mengusahakan penderita bisa melakukan sendiri, sehingga tidak tergantung pada petugas kesehatan. Dengan pasien melakukan mandiri diharapkan tidak menjadi bertambah cacat. 

Perawatan diri penderita kusta dapat di lihat dari dari tingkat kecacatannya. Jika sudah cacat, maka dibutuhkan perawatan diri seumur hidup. Meski pasien nantinya sudah dinyatakan sembuh, namun dapat berisiko bisa kambuh kembali. Untuk itu, pasien diharapkan tidak memutus kontak dengan petugas kesehatan dan rutin melakukan pemeriksaan untuk mencegah terjadinya kecacatan. 

“Harus diingat, meskipun sudah minum obat, pasien kusta punya risiko untuk tetap cacat, karena reaksi bisa terjadi sebelum pengobatan. Maka setelah pengobatan, diharapkan setiap tiga bulan tetap melakukan kontak dengan petugas. Untuk pengobatan kusta minimal dua tahun, maksimal 5 tahun. ” ujar dr. Riby Machmoed menambahkan penjelasan. 

Pengobatan kusta di unit layanan kesehatan adalah gratis dan di cover oleh BPJS. Meski demikian, dukungan semua pihak sangatlah penting, terutama keluarga untuk memberikan motivasi kepada penderita kusta melakukan pengobatan dan perawatan diri. Petugas kesehatan sendiri diharapkan  mampu melakukan tugasnya dalam melakukan pemantauan dan melayani penderita selama menjalani pengobatan. 

Mari kita berantas kusta, dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat, serta dukung Indonesia mencapai target yang dicanangkan oleh WHO yakni Zero Leprosy 2030. Bahwa tidak hanya eliminasi, tapi juga zero- tidak lagi ada kusta di tahun 2030.


Comments

Popular posts from this blog

Mengurus Visa China Ternyata Hanya 4 Hari!!

Travel plan saya selanjutnya adalah mengunjungi Shanghai, Cina. Untuk dapat mengunjungi Cina, tentunya harus siap dengan visa-nya. Nah, saya mau berbagi sewaktu saya mengurus visa China :-) fresh bulan April 2012 dan ternyata sangat mudah dan simpel. Karena baru pertama kali mengurus visa sendiri, jadi saya sangat interest sekali searching informasi. Untuk website resminya bisa klik disini VISA FOR CHINA . Sebenarnya persyaratan untuk mengurus visa China tidak terlalu banyak, yuk follow my feeds dibawah ini ;-) Buka website resminya, pelajari visa apa yang mau kamu ambil dan tujuannya untuk apa, lihat di sini JENIS-JENIS VISA CHINA & PERSYARATAN  Kalau saya tujuannya untuk traveling biasa, jadi saya ambil Tourism and family visit visa (L-Visa) Isi formulir permohonan dengan lengkap , kamu bisa download  VISA APPLICATION FORM atau bisa langsung APPLY ONLINE . Kalau saya pribadi, sudah apply online, jadi isi data via online, setelah data lengkap dan tersimpan, ot

4 Rekomendasi Tempat Wisata Belanja di Shanghai

Wisata belanja di Shanghai memang tidak ada habisnya. Namun, yang paling membuat saya tertarik adalah market-market tradisionalnya, sangat unik dengan berbagai macam jajanan pasar. Berikut ini saya akan berikan  tempat belanja yang berhasil saya kunjungi selama di Shanghai yang bisa jadi referensi teman-teman. Mari follow my journey  di bawah ini ya :) Nanjing Road Nanjing Road merupakan pusat jalan perbelanjaan utama di Shanghai. Ini jalan yang panjang hingga beberapa kilometer yang saling terhubung. Terdiri dari Nanjing Rd Timur dan Nanjing Rd Barat. Nanjing Rd Timur paling dekat dengan The Bund, sedangkan Nanjing Rd Barat dekat dengan People's Square. Pada siang hari, Nanjing Road penuh menggeliat dengan riuhnya para pengunjung. Outlet-outlet disepanjang jalan menawarkan merek-merek terkenal yang tak terhitung jumlahnya dengan kualitas yang bagus tentunya. Nanjing Road memang pusat perbelanjaan modern dengan tetap menyajikan konsep tradisional. Terbukti dengan ma

Nabung di Bank BRI, Kena Pajak!!

Disini saya mau berbagi tentang pengalaman saya menabung di BRI beberapa bulan kemarin, karena saya pikir menabung di bank pemerintah seperti BRI, tidak ada banyak potongan yang macam-macam. Sebelumnya saya menabung di Bank Muamalat Syariah yang sebenarnya sudah cocok sekali dan tidak banyak memberikan potongan kepada nasabah kecuali untuk biaya administrasi yang relatif masih dibawah Rp 10ribu. Tapi karena desakan orangtua untuk di pindah ke bank pemerintah, akhirnya saya memutuskan untuk membuka rekening di Bank BRI dekat kantor saya. Pembukaan rekening saya dengan setoran Rp 600ribu. Masih di bulan yang sama,saya mentransfer setoran ke rekening BRI sebesar Rp XX.000.000,- (maaf off the record). Pada bulan berikutnya, saya mendapatkan bunga bank sebesar Rp 28.036,-. Dan saya cukup kaget ketika saya mengetahui tabungan saya dikenakan pajak yang tidak ada ketentuannya berapa persen. Yang terpotong saat itu pajaknya Rp 5.607,- belum lagi potongan administrasi sebesar Rp 10ribu.

16 Things To Do In Shanghai (Part 1 - Sightseeing Shanghai)

Salah satu tujuan trip untuk solo traveling saya yang pertama adalah Shanghai, China. Satu minggu, saya habiskan waktu hanya di kota Shanghai, dan memang tidak membuat itenary untuk mengunjungi kota lain seperti Beijing. Mungkin saya ingin lebih dekat dengan kota Shanghai, sebagai kota Metropolis dari China. Untuk penerbangan ke China, saya menggunakan Singapore Airlines,dengan tujuan Pudong International Airport. Keberangkatan pagi hari jam 09:10, transit di Singapura, dan berlanjut jam 13:00 menuju Shanghai. Lama perjalanan Singapura-Shanghai sekitar 4 jam 45 menit. Tiba di Shanghai sekitar jam 7 malam. Sedangkan kembali ke Jakarta, saya ambil keberangkatan malam hari jam 19:10 tiba di Singapura jam 01:00 dini hari. Hanya saja, transit di Singapura agak lama 5 jam, jadi lumayan buooseenin. Berlanjut penerbangan ke Jakarta pagi jam 07:00, delay satu jam dari awal jadwal 05:00 Sedangkan untuk budget cost sendiri, rasanya bukan ala backpacker :-D

Weekend Banking BCA KCP Grand Indonesia

Bagi nasabah BCA,layanan weekend banking sangat membantu dalam memudahkan nasabahnya melakukan transaksi di hari Sabtu dan Minggu. Waktu itu saya menggunakan layanan ini untuk pembukaan rekening baru. Layanan weekend banking BCA diwilayah Jakarta Selatan & Jakarta Pusat hanya dilayani di dua lokasi,yaitu KCP Grand Indonesia dan KCP Pondok Indah Mall. Layanan Weekend Banking ini buka setiap Sabtu dan Minggu (Kecuali hari libur) dari pukul 10.00-15.00 WIB.  Untuk itu, saya memilih mendatangi kantor BCA di Grand Indonesia yang masih dekat dengan kantor. Hampir saja saya salah tujuan lokasi Bank BCA. Karena layanan weekend banking BCA bukan berlokasi di Menara BCA(tepat di depan jalan utama Grand Indonesia), tapi berada di Grand Indonesia Westmall Lantai LG. Sayangnya, saya tidak bisa melakukan pembukaan rekening baru, karena kartu identitas saya beralamatkan di Depok. Layanan pembukaan rekening baru pada saat weekend hanya melayani pembukaan rekening dengan kartu identitas wil

16 Things To Do In Shanghai (Part 2 - Sightseeing Shanghai)

Pada Part 1 yaitu tempat-tempat menarik untuk dikunjungi selama di Shanghai , saya sudah memberikan 5 tempat menarik di Shanghai. Nah, berlanjut di Part 2, masih sama, rekomendasi tempat-tempat menarik seperti temple, mesjid, garden, dan gedung tertinggi, dan arena. Follow my journey  di bawah ini ya 😄  6. Yu Yuan Garden and Bazaar Yu Yuan Garden adalah taman paling terkenal di Shanghai. Terletak di jantung Kota Tua Shanghai, dan salah satu tempat wisata paling menarik dan menjadi pusat kunjungan para turis di Shanghai.  Dekat dengan Yu Yuan Garden dapat ditemui pasar dengan sederetan outlet-outlet, rumah makan, yang menjual berbagai macam produk, mulai dari souvenir, pakaian, makanan khas, dan lain-lain. Suasananya rame betul, belum lagi bangunan-bangunan sekitar pasar yang terlihat sangat klasik khas tradisional China. Harga souvenir di sini relatif murah, mulai dari harga 5 RMB-90 RMB tergantung dari jenis souvenir. Untuk produk baju harganya bisa diatas 100 RMB.

16 Things To Do In Shanghai (Part 3 - Sightseeing Shanghai)

Masih berlanjut dari Part 1 dan Part 2 tentang tempat-tempat apa saja sih yang bisa dikunjungi dan menarik di Shanghai. Dan pada bagian terakhir ini yaitu Part 3, tempat menarik lainnya diantaranya makam nasional, masih seputar temple, tengok kebon binatang ala Shanghai, jajal penasaran naik gedung tertinggi di Shanghai. Yuk, checkidot di follow my journey 😃 11. Longhua Pagoda & Longhu Temple Longhu Temple Temple kali ini yang saya datangi berada jauh dari pusat kota Shanghai. Saya menggunakan taksi untuk menuju ke temple ini, daerah tempat ini memang jarang dikunjungi untuk para turis untuk hari-hari biasa, terkecuali mereka yang ingin bersembahyang atau ada kegiatan perayaan. Temple ini berada persis di samping pembangunan gedung bertingkat. Dan katanya, temple ini termasuk temple tertua di Shanghai. Terletak di Jalan Longhua sebelah selatan kota. Longhua Park terkenal dengan Longhua Temple dan Longhua Pagoda. Longhua Temple adalah kuil tertua di Shanghai y

Jalan-jalan ke Singapura ala Backpackers

Nuny & Neni This is me and my best friend, Neni. Beberapa waktu lalu, kami berdua backpacking ke Singapura. Jadi, memang kami siapkan sendiri, mulai dari beli tiket penerbangan sampai reservasi hostel. Banyak hal yang menarik selama 2 hari berada di Singapura, mulai dari bermalam di Changi Airport,sampai ketempat-tempat wisata,seperti Resort Island Sentosa. Berbagi cerita, semoga bisa memberikan informasi yang menyenangkan :) Mengurus Tiket dan Reservasi Penginapan Saat ini t iket penerbangan ke Singapura sangat mudah didapat,banyak airlines yang menyediakan jadwal penerbangan ke Singapura bahkan dengan harga promo yang sangat murah. Diantaranya ada Mandala Airlines, Air Asia Airlines, Batavia Air,Tiger Airways, Lion Air. www.thehivebackpackers.com Untuk reservasi penginapan,cukup mudah. Di Singapura banyak tersedia pilihan penginapan dari hostel backpackers sampai hotel berbintang. Salah satu hostel tujuan saya adalah The Hive Backpackers,yang t

4D3N Backpacking Malaysia Singapore Part 1 (Living in Chinatown Kuala Lumpur)

Setelah menyesuaikan waktu perjalanan dengan jadwal libur kami. Saya bersama sahabat saya, Ms. Neni berencana untuk  melakukan backpacking kembali. Tempat yang kami tuju masih dekat yaitu Malaysia dan Singapura. Perjalanan selama empat hari, kami mengunjungi Malaysia 2 hari 2 malam, dan Singapore 2 hari 1 malam. Ada banyak cerita menarik yang dapat dibagikan, termasuk juga beberapa tips bagi yang ingin berjalan-jalan hemat,tapi ngga ketinggalan untuk berkeliling tempat-tempat menarik di negara tujuan. Nuny & Neni Tiket Penerbangan Pulang-Pergi  Untuk penerbangan kali ini saya menggunakan jasa penerbangan Air Asia dan JetStar. Seperti diketahui Air Asia adalah pesawat asal Malaysia, dengan memanfaatkan tiket promo-nya, lumayan bisa mengurangi budget travel . Meskipun kami harus berangkat 3 bulan sesudahnya dari sejak diberlakukannya tiket promo :). Untuk penerbangan Air Asia dengan rute Jakarta - Kuala lumpur (tiket Rp 279ribu include tax airport) dan Kuala lump