Skip to main content

Menumbuhkan Kesadaran Pemuda Pada Fungsi Hutan Jembrana Melalui Pariwisata Berbasis Masyarakat

Kesadaran masyarakat akan pentingnya hutan dalam menjaga kelestarian bumi memegang peranan penting dalam keberhasilan pelestarian hutan. Pemanfaatan hutan sebagai kawasan pertanian tanpa menghilangkan fungsi utamanya membutuhkan kesadaran para petani termasuk masyarakat yang tinggal di sekitar hutan. Namun peran kesadaran pemuda sangat diperlukan tentang bagaimana pentingnya hutan mendukung kehidupan di bumi ini.  

Berdasarkan survey penelitian, ada sekitar 56,7% generasi muda di Jembrana mengetahui sepenuhnya fungsi dari hutan dan kecendrungan hidup berdampingan secara harmonis antara hutan dan petani hutan. Hal ini didasarkan pada pengetahuan mereka mengenai fungsi pohon bagi planet ini dimulai dari menyerap karbon dioksida, mendukung ekosistem, rumah bagi berbagai spesies, menyimpan cadangan air, memenuhi kebutuhan primer masyarakat untuk membantu mengurangi pemanasan global. Meskipun demikian, semua itu tidak ada gunanya jika tidak ada upaya pelestarian hutan. Upaya tersebut dapat ditempuh melalui reboisasi, tebang pilih dan tidak membuang sampah sembarangan ke dalam kawasan hutan. 

hutan mangrove jembrana

Sementara sekitar 7,5% generasi muda masih menganggap hutan didedikasikan untuk keuntungan ekonomi tanpa mempertimbangkan kelestarian alam dan fungsi hutan untuk menopang kelangsungan hidup di bumi. #HutanKitaSultan, hutan menyimpan kekayaan alam yang kaya, sehingga berbagai flora dan fauna dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia kebutuhan, salah satunya adalah vanilla. Dalam dua hingga tiga tahun ke depan, Indonesia akan mendominasi Produksi vanili dunia, bersaing dengan Meksiko, Ghana dan Madagaskar. Lebih-lebih lagi, selama pandemi COVID-19, di mana banyak pekerja yang diberhentikan, banyak yang beralih ke bertani dengan konsep agroforestri menggunakan media kultur vanili. Agroforestri dibuka membuka peluang ekonomi baru, alih-alih mengeksploitasi hutan secara besar-besaran.

Sisanya sebesar 35,8%, hanya fokus pada konservasi hutan. Diketahui 27% hutan di Jembrana tidak berfungsi optimal karena penebangan liar, perambahan dan penggembalaan ternak. Hutan lindung telah dialihkan ke perkebunan karena faktor ekonomi, krisis air bersih saat musim kemarau dan banjir di Tegal Cangkring. Tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa kondisi ini semakin parah dan konservasi hutan adalah solusinya.

Pelaksanaan konservasi hutan membutuhkan pemahaman tentang keterkaitannya antara masalah sosial, ekonomi dan politik, serta menghargai nilai-nilai yang dijunjung oleh pemangku kepentingan. Selanjutnya, kemampuan untuk mengidentifikasi trade-off dan kompromi untuk mencapai praktis solusi diperlukan. Seringkali, keputusan pembuat kebijakan didasarkan pada kebutuhan ekonomi dan politik daripada dorongan ekologis. 

Hutan merupakan bagian integral dari sistem kehidupan manusia

Kabupaten Jembrana memiliki persentase kawasan hutan terbesar dibandingkan dengan kabupaten lainnya di Bali. Berdasarkan Badan Statistik Kehutanan Kabupaten Jembrana bahwa hutan mencakup sekitar 41,07% dari daratan (41.307 ha) di Kabupaten Jembrana. Sebagian besar sekitar 80,47% dari hutan merupakan kawasan lindung. Hakikat hutan lindung itu sendiri diartikan sebagai kawasan yang ditetapkan dilindungi untuk menjaga keseimbangan ekologi dan berfungsi sebagai sistem penyangga kehidupan. Namun dalam pengelolaannya, sekitar 27% kawasan hutan tidak berfungsi secara optimal karena perubahan fisik yang mengakibatkan alih fungsi hutan akibat penebangan liar, perambahan hutan, penggembalaan ternak.

Isu yang menimbulkan kekhawatiran saat ini adalah deforestasi yang dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan areal pertanian untuk mendukung para petani yang tinggal di sekitar hutan lindung. Meskipun demikian, itu berdampak negatif pada hutan lindung. Hal ini memperparah kerusahan hutan di Kabupaten Jembrana yang telah terjadi sejak tahun 1970-an. Tingkat kerusakan hutan meningkat, namun dalam jangka panjang, bumi membutuhkan hutan untuk keseimbangan ekosistem dan kualitas hidup yang lebih baik.

Hutan merupakan bagian integral dari sistem kehidupan manusia, dimana sumber daya alam merupakan aspek penting lingkungan. kelangsungan hidup, pertumbuhan, dan kesejahteraan manusia diandalkan pada sumber daya alam yang tersedia di sekitar mereka seperti tanah, air, flora, fauna, mikroorganisme, mineral dan energi.

Keberadaan hutan dalam hal ini daya dukung dan efektivitas fungsi hutan untuk mendukung seluruh aspek kehidupan manusia, kehidupan hewan dan tumbuhan sangat ditentukan oleh tingkat kesadaran manusia akan pentingnya hutan khususnya pemanfaatan dan pengelolaan hutan. Hutan adalah media untuk saling berhubungan antara manusia dengan makhluk hidup lainnya, memfaktorkan proses ekologi serta sikuls tunggal yang dapat menunjang kehidupan.

Salah satu faktor penting yang harus dicermati untuk dikembangkan lebih lanjut adalah bagaimana orang harus merawat lingkungan tanpa mengorbankan pembangunan ekonomi dan sosial. Sekarang giliran masayrakat untuk mengembalikan fungsi hutan dan mengurangi segala aktivitas yang mengancam kehidupan di planet ini. Padahal sudah banyak proyek konservasi hutan dan banyak penelitian yang telah dilakukan tentang ekologi hutan. Tetap saja, dermawan hutan dan para aktivitis tidak yakin tentang solusi terbaik yang perlu dilakukan untuk hutan konservasi dan dalam mengatasi masalah yang dihadapi.

Anak Muda adalah #TeamUpforimpact, investasi terbaik untuk melakukan perubahan. 

Situasi problematik melihat bahwa generasi muda adalah investasi terbaik untuk melakukan perubahan. Seperti disebutkan di atas, kesadaran diri sangat penting. Sadar diri bahwa orang-orang mengambil tanggung jawab atas tindakan mereka yang di pimpin oleh pola pikir yang baik.

Bentuk kepedulian #UntukmuBumiku Adalah Community-based Tourism (CBT) Pohsanten merupakan pariwisata berbasis masyarakat di Desa Pohsanten, dimana pembangunan berkelanjutan dengan merangkul komunitas sebagai pelaku utama melalui pemberdayaan masyarakat dalam berbagai kegiatan kepariwisataan. Community-based Tourism Pohsanten adalah untuk mensinergikan sektor kehutanan dan pariwisata. #indonesiaBikinBangga Desa Pohsanten merupakan salah satu desa agrowisata cocoa di Jembrana, Bali. Selain penghasil cocoa, dusun Pohsanten memiliki alam yang asri dan alami yang memikat para wisatawan untuk berkunjung. 

Dalam hal ini mendorong kesadaran anak muda adalah dengan mendidik generasi muda tentang gaya hidup hijau dalam rangka membentuk pola pikir hijau dan berkelanjutan melalui Green Living Program di Desa Wisata Pohsanten. Mengingat generasi yang lebih tua sudah memiliki pola pikir tetap dan cenderung lebih sulit untuk di ubah. Kegiatan ini di harapkan dapat memberikan potensi keberlanjutan. Masa depan yang berkelanjutan tidak dapat diwujudkan tanpa masukan dan partisipasi pemuda.

Pariwisata dimaksudkan untuk digunakan sebagai jalur menuju hutan lestari, terutama di CBT Pohsanten terletak di Kabupaten Jembrana. Atraksi dan produk wisata berkembang dan menawarkan oleh CBT Pohsanten berpusat pada alam dan kelestarian khususnya hutan. Ini untuk contoh, Green Living Tour yang komponennya meliputi walking tour dan trekking, kelas green living, edu-tour agro kakao. Produk ini ditujukan untuk melayani kaum muda mengingat bahwa generasi muda adalah #TeamUpforimpact, investasi terbaik untuk melakukan perubahan.

Dalam hubungannya dengan manusia dan hutan hidup berdampingan, mengintegrasikan konservasi hutan dan pariwisata adalah juga pilihan yang layak. Akhir-akhir ini minat masyarakat dunia terhadap wisata hutan meningkat. Selain kegiatan rekreasi, wisata hutan juga menyediakan banyak manfaat. Manfaat tersebut antara lain: 

  • mencegah penyalahgunaan lingkungan alam
  • untuk mencegah malpraktik pertanian, 
  • untuk melestarikan lingkungan alam,  
  • untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesadaran masyarakat lokal tentang konservasi alam. 

Mengintegrasikan pariwisata dengan pelestarian lingkungan alam, di kasus ini hutan menjadi resolusi yang baik. CBT dianggap sebagai alat untuk alam dan budaya konservasi sumber daya dan pengembangan masyarakat dan terkait erat dengan ekowisata. Wisata yang memanfaatkan lingkungan alam sebagai daya tarik khususnya hutan dapat menjadi katalisator pembangunan bagi masyarakat adat yang tinggal di sekitar kawasan, pekerjaan diversifikasi, media pertukaran budaya - menyatukan orang-orang di seluruh dunia,  konservasi keanekaragaman hayati,  fasilitas rekreasi bagi penduduk karena pariwisata berbagi infrastruktur, melestarikan hutan berarti melindungi cadangan air dan mengurangi perubahan iklim, mengkonfirmasi potensi pengembangan rekreasi hutan kegiatan, menekankan pentingnya untuk inisiatif pariwisata berbasis masyarakat di seluruh dunia. Mengingat kompleksitas interaksi dan ekosistem hutan, kegiatan yang dilakukan di hutan perlu diatur dan penerapannya perlu ditegakkan.

Kesimpulan

#DengarAlamBernyanyi bahwa Manusia dan Hutan hidup berdampingan. Keduanya juga dapat diwujudkan dengan mengintegrasikan konservasi hutan dan pariwisata; sebagai tanggapan terhadap meningkatnya minat masyarakat terhadap wisata hutan; manfaat yang diperoleh dari wisata hutan meliputi: mencegah penyalahgunaan lingkungan alam; untuk mencegah malpraktik pertanian; ke melestarikan lingkungan alam; untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesadaran masyarakat lokal tentang pelestarian alam.

Tak lupa, saya ingin mengajak readers sekalian untuk turut mendengarkan lagu "Dengar Alam Bernyanyi" di platform music seprti di Spotify dan Apple Music. Semakin banyak yang mendengarkan lagu tersebut, maka akan semakin banyak royalti yang digunakan untuk perlindungan hutan di Indonesia. 

Comments

Popular posts from this blog

Mengurus Visa China Ternyata Hanya 4 Hari!!

Travel plan saya selanjutnya adalah mengunjungi Shanghai, Cina. Untuk dapat mengunjungi Cina, tentunya harus siap dengan visa-nya. Nah, saya mau berbagi sewaktu saya mengurus visa China :-) fresh bulan April 2012 dan ternyata sangat mudah dan simpel. Karena baru pertama kali mengurus visa sendiri, jadi saya sangat interest sekali searching informasi. Untuk website resminya bisa klik disini VISA FOR CHINA . Sebenarnya persyaratan untuk mengurus visa China tidak terlalu banyak, yuk follow my feeds dibawah ini ;-) Buka website resminya, pelajari visa apa yang mau kamu ambil dan tujuannya untuk apa, lihat di sini JENIS-JENIS VISA CHINA & PERSYARATAN  Kalau saya tujuannya untuk traveling biasa, jadi saya ambil Tourism and family visit visa (L-Visa) Isi formulir permohonan dengan lengkap , kamu bisa download  VISA APPLICATION FORM atau bisa langsung APPLY ONLINE . Kalau saya pribadi, sudah apply online, jadi isi data via online, setelah data lengkap dan tersimpan, ot

4 Rekomendasi Tempat Wisata Belanja di Shanghai

Wisata belanja di Shanghai memang tidak ada habisnya. Namun, yang paling membuat saya tertarik adalah market-market tradisionalnya, sangat unik dengan berbagai macam jajanan pasar. Berikut ini saya akan berikan  tempat belanja yang berhasil saya kunjungi selama di Shanghai yang bisa jadi referensi teman-teman. Mari follow my journey  di bawah ini ya :) Nanjing Road Nanjing Road merupakan pusat jalan perbelanjaan utama di Shanghai. Ini jalan yang panjang hingga beberapa kilometer yang saling terhubung. Terdiri dari Nanjing Rd Timur dan Nanjing Rd Barat. Nanjing Rd Timur paling dekat dengan The Bund, sedangkan Nanjing Rd Barat dekat dengan People's Square. Pada siang hari, Nanjing Road penuh menggeliat dengan riuhnya para pengunjung. Outlet-outlet disepanjang jalan menawarkan merek-merek terkenal yang tak terhitung jumlahnya dengan kualitas yang bagus tentunya. Nanjing Road memang pusat perbelanjaan modern dengan tetap menyajikan konsep tradisional. Terbukti dengan ma

Nabung di Bank BRI, Kena Pajak!!

Disini saya mau berbagi tentang pengalaman saya menabung di BRI beberapa bulan kemarin, karena saya pikir menabung di bank pemerintah seperti BRI, tidak ada banyak potongan yang macam-macam. Sebelumnya saya menabung di Bank Muamalat Syariah yang sebenarnya sudah cocok sekali dan tidak banyak memberikan potongan kepada nasabah kecuali untuk biaya administrasi yang relatif masih dibawah Rp 10ribu. Tapi karena desakan orangtua untuk di pindah ke bank pemerintah, akhirnya saya memutuskan untuk membuka rekening di Bank BRI dekat kantor saya. Pembukaan rekening saya dengan setoran Rp 600ribu. Masih di bulan yang sama,saya mentransfer setoran ke rekening BRI sebesar Rp XX.000.000,- (maaf off the record). Pada bulan berikutnya, saya mendapatkan bunga bank sebesar Rp 28.036,-. Dan saya cukup kaget ketika saya mengetahui tabungan saya dikenakan pajak yang tidak ada ketentuannya berapa persen. Yang terpotong saat itu pajaknya Rp 5.607,- belum lagi potongan administrasi sebesar Rp 10ribu.

16 Things To Do In Shanghai (Part 1 - Sightseeing Shanghai)

Salah satu tujuan trip untuk solo traveling saya yang pertama adalah Shanghai, China. Satu minggu, saya habiskan waktu hanya di kota Shanghai, dan memang tidak membuat itenary untuk mengunjungi kota lain seperti Beijing. Mungkin saya ingin lebih dekat dengan kota Shanghai, sebagai kota Metropolis dari China. Untuk penerbangan ke China, saya menggunakan Singapore Airlines,dengan tujuan Pudong International Airport. Keberangkatan pagi hari jam 09:10, transit di Singapura, dan berlanjut jam 13:00 menuju Shanghai. Lama perjalanan Singapura-Shanghai sekitar 4 jam 45 menit. Tiba di Shanghai sekitar jam 7 malam. Sedangkan kembali ke Jakarta, saya ambil keberangkatan malam hari jam 19:10 tiba di Singapura jam 01:00 dini hari. Hanya saja, transit di Singapura agak lama 5 jam, jadi lumayan buooseenin. Berlanjut penerbangan ke Jakarta pagi jam 07:00, delay satu jam dari awal jadwal 05:00 Sedangkan untuk budget cost sendiri, rasanya bukan ala backpacker :-D

Weekend Banking BCA KCP Grand Indonesia

Bagi nasabah BCA,layanan weekend banking sangat membantu dalam memudahkan nasabahnya melakukan transaksi di hari Sabtu dan Minggu. Waktu itu saya menggunakan layanan ini untuk pembukaan rekening baru. Layanan weekend banking BCA diwilayah Jakarta Selatan & Jakarta Pusat hanya dilayani di dua lokasi,yaitu KCP Grand Indonesia dan KCP Pondok Indah Mall. Layanan Weekend Banking ini buka setiap Sabtu dan Minggu (Kecuali hari libur) dari pukul 10.00-15.00 WIB.  Untuk itu, saya memilih mendatangi kantor BCA di Grand Indonesia yang masih dekat dengan kantor. Hampir saja saya salah tujuan lokasi Bank BCA. Karena layanan weekend banking BCA bukan berlokasi di Menara BCA(tepat di depan jalan utama Grand Indonesia), tapi berada di Grand Indonesia Westmall Lantai LG. Sayangnya, saya tidak bisa melakukan pembukaan rekening baru, karena kartu identitas saya beralamatkan di Depok. Layanan pembukaan rekening baru pada saat weekend hanya melayani pembukaan rekening dengan kartu identitas wil

16 Things To Do In Shanghai (Part 2 - Sightseeing Shanghai)

Pada Part 1 yaitu tempat-tempat menarik untuk dikunjungi selama di Shanghai , saya sudah memberikan 5 tempat menarik di Shanghai. Nah, berlanjut di Part 2, masih sama, rekomendasi tempat-tempat menarik seperti temple, mesjid, garden, dan gedung tertinggi, dan arena. Follow my journey  di bawah ini ya 😄  6. Yu Yuan Garden and Bazaar Yu Yuan Garden adalah taman paling terkenal di Shanghai. Terletak di jantung Kota Tua Shanghai, dan salah satu tempat wisata paling menarik dan menjadi pusat kunjungan para turis di Shanghai.  Dekat dengan Yu Yuan Garden dapat ditemui pasar dengan sederetan outlet-outlet, rumah makan, yang menjual berbagai macam produk, mulai dari souvenir, pakaian, makanan khas, dan lain-lain. Suasananya rame betul, belum lagi bangunan-bangunan sekitar pasar yang terlihat sangat klasik khas tradisional China. Harga souvenir di sini relatif murah, mulai dari harga 5 RMB-90 RMB tergantung dari jenis souvenir. Untuk produk baju harganya bisa diatas 100 RMB.

16 Things To Do In Shanghai (Part 3 - Sightseeing Shanghai)

Masih berlanjut dari Part 1 dan Part 2 tentang tempat-tempat apa saja sih yang bisa dikunjungi dan menarik di Shanghai. Dan pada bagian terakhir ini yaitu Part 3, tempat menarik lainnya diantaranya makam nasional, masih seputar temple, tengok kebon binatang ala Shanghai, jajal penasaran naik gedung tertinggi di Shanghai. Yuk, checkidot di follow my journey 😃 11. Longhua Pagoda & Longhu Temple Longhu Temple Temple kali ini yang saya datangi berada jauh dari pusat kota Shanghai. Saya menggunakan taksi untuk menuju ke temple ini, daerah tempat ini memang jarang dikunjungi untuk para turis untuk hari-hari biasa, terkecuali mereka yang ingin bersembahyang atau ada kegiatan perayaan. Temple ini berada persis di samping pembangunan gedung bertingkat. Dan katanya, temple ini termasuk temple tertua di Shanghai. Terletak di Jalan Longhua sebelah selatan kota. Longhua Park terkenal dengan Longhua Temple dan Longhua Pagoda. Longhua Temple adalah kuil tertua di Shanghai y

Jalan-jalan ke Singapura ala Backpackers

Nuny & Neni This is me and my best friend, Neni. Beberapa waktu lalu, kami berdua backpacking ke Singapura. Jadi, memang kami siapkan sendiri, mulai dari beli tiket penerbangan sampai reservasi hostel. Banyak hal yang menarik selama 2 hari berada di Singapura, mulai dari bermalam di Changi Airport,sampai ketempat-tempat wisata,seperti Resort Island Sentosa. Berbagi cerita, semoga bisa memberikan informasi yang menyenangkan :) Mengurus Tiket dan Reservasi Penginapan Saat ini t iket penerbangan ke Singapura sangat mudah didapat,banyak airlines yang menyediakan jadwal penerbangan ke Singapura bahkan dengan harga promo yang sangat murah. Diantaranya ada Mandala Airlines, Air Asia Airlines, Batavia Air,Tiger Airways, Lion Air. www.thehivebackpackers.com Untuk reservasi penginapan,cukup mudah. Di Singapura banyak tersedia pilihan penginapan dari hostel backpackers sampai hotel berbintang. Salah satu hostel tujuan saya adalah The Hive Backpackers,yang t

4D3N Backpacking Malaysia Singapore Part 1 (Living in Chinatown Kuala Lumpur)

Setelah menyesuaikan waktu perjalanan dengan jadwal libur kami. Saya bersama sahabat saya, Ms. Neni berencana untuk  melakukan backpacking kembali. Tempat yang kami tuju masih dekat yaitu Malaysia dan Singapura. Perjalanan selama empat hari, kami mengunjungi Malaysia 2 hari 2 malam, dan Singapore 2 hari 1 malam. Ada banyak cerita menarik yang dapat dibagikan, termasuk juga beberapa tips bagi yang ingin berjalan-jalan hemat,tapi ngga ketinggalan untuk berkeliling tempat-tempat menarik di negara tujuan. Nuny & Neni Tiket Penerbangan Pulang-Pergi  Untuk penerbangan kali ini saya menggunakan jasa penerbangan Air Asia dan JetStar. Seperti diketahui Air Asia adalah pesawat asal Malaysia, dengan memanfaatkan tiket promo-nya, lumayan bisa mengurangi budget travel . Meskipun kami harus berangkat 3 bulan sesudahnya dari sejak diberlakukannya tiket promo :). Untuk penerbangan Air Asia dengan rute Jakarta - Kuala lumpur (tiket Rp 279ribu include tax airport) dan Kuala lump