Skip to main content

10 Things To Do in Berlin (Jelajah Berlin 1 Hari -Part 1)

BERLIN adalah kota kedua yang saya kunjungi setelah Cologne. Kami menempuh perjalanan menggunakan mobil pribadi dari Langenfeld (rumah host saya) menuju Berlin selama kurang lebih 6 jam. Rencananya, kami akan menginap semalam di rumah pamannya host saya, sebelum melanjutkan perjalanan ke Amsterdam. 

Setelah perjalanan yang cukup melelahkan, akhirnya kami tiba di Berlin dan disambut baik oleh tuan rumah. Kami beristirahat sejenak untuk makan siang, dan segera melanjutkan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di BERLIN, karena kami hanya memiliki setengah hari untuk bisa berkeliling.

BERLIN, menurut saya adalah kota dimana sejarah Jerman dituliskan. Menyusuri setiap sudut Berlin, menyentuh setiap memorial yang dilewati. Kadang membuat saya termangu, dan membayangkan bagaimana pahitnya pada masa Perang Dunia II. Namun, di balik itu semua, Berlin tetaplah kota yang menarik untuk dikunjungi. Meskipun saya cuma bisa mengunjungi setengah hari, saya tidak mau melewatkan setiap tempat yang menurut saya, sangat iconic untuk di capture. So, apa saja hasil jepretan saya, lets follow my journey ☺️

1) REICHSTAG BUILDING

REICHSTAG BUILDING berlin
Menjadi tempat yang pertama kali saya kunjungi. Gedung Reichstag merupakan salah satu gedung paling bersejarah di Berlin dan menjadi saksi bisu sejarah Berlin yang penuh dengan gejolak. Gedung ini pertama kali di rancang oleh Paul Wallot pada tahun 1894 dan berfungsi sebagai pusat pemerintahan Jerman. Namun, pada saat Perang Dunia ke-II, gedung ini mengalam kerusakan yang parah akibat pengeboman selama perang terjadi.
Asal Kata Reichstag dalam bahasa Jerman yang berarti “Imperial Parliament” atau Parlemen Kekaisaran. Berasal dari kata “das Reich” means empire, dan “der Tag” means diet. Istilah ini sebenarnya mengacu pada serangkaian sejarah pemerintahan di Jerman dan badan legislative Jerman yang di bentuk pada tahun 1867. Jika diperhatikan, pada pintu masuk utama gedung Reichstag terdapat tulisan Dem deutschen Volke” yang berarti “To the German People”. Kata-kata ini dipilih oleh Paul Wallot sebagai pengabdian untuk Rakyat Jerman.

2) WHITE CROSSES MEMORIAL BERLIN

Deretan salib putih yang berada di pedestrian menjadi pemandangan yang tidak biasa. Tempat ini bukanlah pemakaman, melainkan semacam tanda memorial. White Crosses Memorial, merupakan tempat untuk mengenang para korban yang meninggal dalam Perang Dunia di Tembok Berlin.

White Cross Memorial Berlin

Berada tidak jauh dari Gedung Reichstag, tempat ini membuat saya penasaran untuk melihat lebih dekat. Setiap salib putih sudah dinamai dengan nama korban, dan kapan korban meninggal. Dari yang saya baca, ada sekitar 13 orang yang dikenal terbunuh saat mencoba melarikan diri antara tahun 1961-1965. Sedangkan salib putih lainnya yang tanpa nama, didedikasikan untuk para korban yang tidak dikenal.

Ada satu salib yang berbeda dengan lainnya. Salib batang kayu berwarna coklat tua ini memiliki bentuk berbeda dengan salib putih dan lebih tinggi, berada tepat di depan deretan salib putih. Keberadaan salib ini ditujukan untuk mengenang seorang nama “Heinz Sokolowski” berusia 47 tahun, yang ditembak mati oleh penjaga perbatasan Jerman Timur ketika mencoba menyebrang Tembok Berlin pada pagi hari tanggal 25 November 1965.

3) SIGHTSEEING-BERLINER BUS

Menarik perhatian saya untuk men-capture tiga bus yang sedang parkir di tepi jalan. Ini adalah salah satu moda transportasi yang di sediakan untuk memudahkan wisatawan berkeliling kota Berlin. City tour bus menjadi pilihan banyak wisatawan, bukan hanya biaya tiketnya yang murah, tapi juga wisatawan lebih leluasa untuk menikmati panorama kota Berlin dari deck atas bus.
City tour bus disini sama halnya dengan Negara lain. Memiliki 2 tingkat dengan bagian atas deck yang terbuka. Di berlin tersedia beberapa penyedia city tour bus seperti Hop-on hop-off bus, City sightseeing Berlin, ataupun City circle sightseeing. Masing-masing penyedia city bus tur menyediakan beragam pilihan rute yang menarik, dan harga tiket yang terjangkau mulau dari € 15 untuk tur satu hari dengan lama perjalanan sekitar dua jam.

4) THE BRANDERBURG GATE

Berdiri gagah di tengah jalan utama, Branderburg Gate menjadi salah satu simbol terkenal di Berlin. Tak pelak, setiap wisatawan yang berkunjung ke tempat ini, wajib menjadikan latar Brandenburg untuk berfoto.
The Brandenburg Gate berlin
Bradenburg Gate merupakan simbol dari Perang Dingin. Dan sejak runtuhnya Tembok Berlin, simbol ini menjadi simbol nasional untuk perdamaian dan kesatuan Jerman Barat-Jerman Timur. Awal pendiriannya sendiri sebenarnya untuk menandai akhir dari Jalan Raya Unter den Linden yang merupakan pintu masuk utama kota Berlin. Branderburg Gate dibuka tanggal 6 Agustus 1971 oleh Frienderich Willhelm II. Sedangkan untuk rancangan dari Brandenburg Gate, di design oleh Carl Gotthard Langhans yang terinspirasi dari Acropolis di Athena.

BrandenburgGate memiliki tinggi sekitar 26 meter (85 feet) dan lebar 65 meter (215 feet), yang terdiri dari enam tiang doric di kedua sisinya, terdapat lima jalan setapak untuk melewati gerbang. Dan yang lebih menarik lagi adalah patung yang berada di atas pintu gerbang ini. Patung ini dikenal dengan nama “Quadriga”. Digambarkan sebagai patung Victoria, seorang Dewi Bersayap Kemenangan mengendarai kereta yang ditarik oleh empat kuda. Pada saat Perang Dunia II, Brandenburg Gate mengalami banyak kerusakan, kemudian direkonstruksi kembali, dan satu-satunya kepala kuda yang tersisa dari patung tersebut disimpan di Märkisches

5) CYCLE RICKSHAW BERLIN

Modern, unik dan nyaman!. Tiga kata untuk menggambarkan “becak” ala Berlin. Cycle Rickshaw atau biasa disebut dengan velotaxi atau pedicab, menjadi salah satu pilihan favorit para wisatawan untuk tur keliling Berlin.

Cycle Rickshaw Berlin

Velotaxi adalah jenis kendaraan elektrik roda tiga dengan ruang terbuka di kedua sisinya. Terdiri dari satu ruang pengemudi, dan ruang belakang pengemudi untuk penumpang dengan kapasitas dua orang. Dan jangan salah, supir di sini masih muda-muda dan sangat trendy.
Penyedia velotaxi memberikan berbagai pilihan rute yang dapat dipilih dengan durasi tur bervariasi antara 1-3 jam, dan harga tiket mulai dari € 49 (1 jam). Jadi, bisa dipastikan, wisatawan akan mendapatkan pengalaman yang unik dan menyenangkan.

>>Hai readers ini lanjutannya ☺️ Jelajah Berlin 1 Hari Part 2

Comments

  1. Penuh historis banget ya itu Gedung Reichstag, memorial sama Monumen Branderburg itu. Saya kalau denger Berlin bayangannya pasti soal Perang Dunia II sama era Perang Dingin.

    Unik juga ada becak di Jerman, lucu bentuknya.

    ReplyDelete
  2. Keliling pake jasa guide atau pake angkutan umum terus backpack nih? Karena kelihatan banget punya benang merah tiap tempatnya..

    ReplyDelete
  3. waaa..Berlin.. Salah satu kota tua yg cantik ya.. Terim kasih sdh berbgi pengalaman ini, semoga kubisa mengunjungi tempat2 indah ini juga suatu saat nanti. Aamiin..

    ReplyDelete
  4. Bangunan Branderburg Gate gagah banget apalagi ditambah patung Quadriga diatasnya

    ReplyDelete
  5. wah aku mupeng terus nih liat orang jalan2 duh kan meronta jiwaku.
    aku suka sekali ada tempat wisata yang ad anilai historynya

    aku sering lihat bangunan branderburg di perumahan besar biasanya ada yang semavm itu tapi dibuat mini sih. gak sama persih tapi mirip gtu ada pautng kuda di atasnya apa terinspirasi dari kisah dewi ini ya

    ReplyDelete
  6. Aku tertarik sama Cycle Rickshaw-nya. Mempermudah wisatawan yang ingin keliling Berlin dengan berbagai pilihan rute. Menarik juga kalau diterapkan di wisata kota di Indonesia ya.

    ReplyDelete
  7. Wahh ke Berlin, Hamburgt,y dan Amsterdamm ini masuk list keinginan aku kak... Aku tau Berlin dari cerita abangku yang jga pernah tinggal di sana, benar gak kak Berlin ini ibu kotanya negera German... Katanya di sana banyak bangunan yang bersejarah seperti gedung reichstag ini.

    ReplyDelete
  8. Perjalanan yang berkesan ya, Kak. Bisa mengunjungi tempat-tempat yang memiliki nilai history. Apalagi bisa keliling dengan bus city your. Btw, semua bis memang ada tulisan cuci mata ya, Kak ( sightseeing ). :D

    ReplyDelete
  9. Wahh asyik banget yaa bisa jalan-jalan dan menikmati landscape Kota Berlin yang penuh cerita
    Rasanya pengen banget naik becak ala Berlin juga..

    ReplyDelete
  10. Velotaxi pengen cobain deh rasanya seperti becak kekinian deh. Anak-anak pasti suka jalan-jalan keliling kota menggunakan itu deh.

    ReplyDelete
  11. Wah 6 jam perjalanan? jauh juga. Kalau ke Berlin berarti lebih banyak wisata sejarah yah kak, Trus di Berlin ada alat transportasi mirip becak juga ternyata, lucu bentuknya.

    ReplyDelete
  12. Hepi banget ya mbak bisa ke sini, mengenal lebih dekat sejarahnya pula. Jadi ini simbol perdamaian ya untuk Jerman Barat dan Timur. Andai Korsel dan Korut juga bersatu pasti damai banget nih. Banyak negara yang berubah sejak perang Dunia ya mbak. Allhamdulilah kita hidup di jaman kemerdekaan.

    ReplyDelete
  13. Gerbang Branderbug Gate berarti dulunya adalah akses resmi masuk Kota Berlin saat dipegang Jerman Timur,begitu kah kak? Bangunannya mirip abad pertengahan ya. Terkesan banget jika bisa halan-halan sampai ke sana.

    ReplyDelete
  14. Berlin penuh dengan tempat bersejarah ya mbak. Anyway city tour bus nya kece. Velotaxi lebih mirip bemo alias bajaj ga sih? Wah, saya penasaran dengan the branderburg gate nya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengurus Visa China Ternyata Hanya 4 Hari!!

Travel plan saya selanjutnya adalah mengunjungi Shanghai, Cina. Untuk dapat mengunjungi Cina, tentunya harus siap dengan visa-nya. Nah, saya mau berbagi sewaktu saya mengurus visa China :-) fresh bulan April 2012 dan ternyata sangat mudah dan simpel. Karena baru pertama kali mengurus visa sendiri, jadi saya sangat interest sekali searching informasi. Untuk website resminya bisa klik disini VISA FOR CHINA . Sebenarnya persyaratan untuk mengurus visa China tidak terlalu banyak, yuk follow my feeds dibawah ini ;-) Buka website resminya, pelajari visa apa yang mau kamu ambil dan tujuannya untuk apa, lihat di sini JENIS-JENIS VISA CHINA & PERSYARATAN  Kalau saya tujuannya untuk traveling biasa, jadi saya ambil Tourism and family visit visa (L-Visa) Isi formulir permohonan dengan lengkap , kamu bisa download  VISA APPLICATION FORM atau bisa langsung APPLY ONLINE . Kalau saya pribadi, sudah apply online, jadi isi data via online, setelah data lengkap dan tersimpan, ot

4 Rekomendasi Tempat Wisata Belanja di Shanghai

Wisata belanja di Shanghai memang tidak ada habisnya. Namun, yang paling membuat saya tertarik adalah market-market tradisionalnya, sangat unik dengan berbagai macam jajanan pasar. Berikut ini saya akan berikan  tempat belanja yang berhasil saya kunjungi selama di Shanghai yang bisa jadi referensi teman-teman. Mari follow my journey  di bawah ini ya :) Nanjing Road Nanjing Road merupakan pusat jalan perbelanjaan utama di Shanghai. Ini jalan yang panjang hingga beberapa kilometer yang saling terhubung. Terdiri dari Nanjing Rd Timur dan Nanjing Rd Barat. Nanjing Rd Timur paling dekat dengan The Bund, sedangkan Nanjing Rd Barat dekat dengan People's Square. Pada siang hari, Nanjing Road penuh menggeliat dengan riuhnya para pengunjung. Outlet-outlet disepanjang jalan menawarkan merek-merek terkenal yang tak terhitung jumlahnya dengan kualitas yang bagus tentunya. Nanjing Road memang pusat perbelanjaan modern dengan tetap menyajikan konsep tradisional. Terbukti dengan ma

Nabung di Bank BRI, Kena Pajak!!

Disini saya mau berbagi tentang pengalaman saya menabung di BRI beberapa bulan kemarin, karena saya pikir menabung di bank pemerintah seperti BRI, tidak ada banyak potongan yang macam-macam. Sebelumnya saya menabung di Bank Muamalat Syariah yang sebenarnya sudah cocok sekali dan tidak banyak memberikan potongan kepada nasabah kecuali untuk biaya administrasi yang relatif masih dibawah Rp 10ribu. Tapi karena desakan orangtua untuk di pindah ke bank pemerintah, akhirnya saya memutuskan untuk membuka rekening di Bank BRI dekat kantor saya. Pembukaan rekening saya dengan setoran Rp 600ribu. Masih di bulan yang sama,saya mentransfer setoran ke rekening BRI sebesar Rp XX.000.000,- (maaf off the record). Pada bulan berikutnya, saya mendapatkan bunga bank sebesar Rp 28.036,-. Dan saya cukup kaget ketika saya mengetahui tabungan saya dikenakan pajak yang tidak ada ketentuannya berapa persen. Yang terpotong saat itu pajaknya Rp 5.607,- belum lagi potongan administrasi sebesar Rp 10ribu.

16 Things To Do In Shanghai (Part 1 - Sightseeing Shanghai)

Salah satu tujuan trip untuk solo traveling saya yang pertama adalah Shanghai, China. Satu minggu, saya habiskan waktu hanya di kota Shanghai, dan memang tidak membuat itenary untuk mengunjungi kota lain seperti Beijing. Mungkin saya ingin lebih dekat dengan kota Shanghai, sebagai kota Metropolis dari China. Untuk penerbangan ke China, saya menggunakan Singapore Airlines,dengan tujuan Pudong International Airport. Keberangkatan pagi hari jam 09:10, transit di Singapura, dan berlanjut jam 13:00 menuju Shanghai. Lama perjalanan Singapura-Shanghai sekitar 4 jam 45 menit. Tiba di Shanghai sekitar jam 7 malam. Sedangkan kembali ke Jakarta, saya ambil keberangkatan malam hari jam 19:10 tiba di Singapura jam 01:00 dini hari. Hanya saja, transit di Singapura agak lama 5 jam, jadi lumayan buooseenin. Berlanjut penerbangan ke Jakarta pagi jam 07:00, delay satu jam dari awal jadwal 05:00 Sedangkan untuk budget cost sendiri, rasanya bukan ala backpacker :-D

Weekend Banking BCA KCP Grand Indonesia

Bagi nasabah BCA,layanan weekend banking sangat membantu dalam memudahkan nasabahnya melakukan transaksi di hari Sabtu dan Minggu. Waktu itu saya menggunakan layanan ini untuk pembukaan rekening baru. Layanan weekend banking BCA diwilayah Jakarta Selatan & Jakarta Pusat hanya dilayani di dua lokasi,yaitu KCP Grand Indonesia dan KCP Pondok Indah Mall. Layanan Weekend Banking ini buka setiap Sabtu dan Minggu (Kecuali hari libur) dari pukul 10.00-15.00 WIB.  Untuk itu, saya memilih mendatangi kantor BCA di Grand Indonesia yang masih dekat dengan kantor. Hampir saja saya salah tujuan lokasi Bank BCA. Karena layanan weekend banking BCA bukan berlokasi di Menara BCA(tepat di depan jalan utama Grand Indonesia), tapi berada di Grand Indonesia Westmall Lantai LG. Sayangnya, saya tidak bisa melakukan pembukaan rekening baru, karena kartu identitas saya beralamatkan di Depok. Layanan pembukaan rekening baru pada saat weekend hanya melayani pembukaan rekening dengan kartu identitas wil

16 Things To Do In Shanghai (Part 2 - Sightseeing Shanghai)

Pada Part 1 yaitu tempat-tempat menarik untuk dikunjungi selama di Shanghai , saya sudah memberikan 5 tempat menarik di Shanghai. Nah, berlanjut di Part 2, masih sama, rekomendasi tempat-tempat menarik seperti temple, mesjid, garden, dan gedung tertinggi, dan arena. Follow my journey  di bawah ini ya 😄  6. Yu Yuan Garden and Bazaar Yu Yuan Garden adalah taman paling terkenal di Shanghai. Terletak di jantung Kota Tua Shanghai, dan salah satu tempat wisata paling menarik dan menjadi pusat kunjungan para turis di Shanghai.  Dekat dengan Yu Yuan Garden dapat ditemui pasar dengan sederetan outlet-outlet, rumah makan, yang menjual berbagai macam produk, mulai dari souvenir, pakaian, makanan khas, dan lain-lain. Suasananya rame betul, belum lagi bangunan-bangunan sekitar pasar yang terlihat sangat klasik khas tradisional China. Harga souvenir di sini relatif murah, mulai dari harga 5 RMB-90 RMB tergantung dari jenis souvenir. Untuk produk baju harganya bisa diatas 100 RMB.

16 Things To Do In Shanghai (Part 3 - Sightseeing Shanghai)

Masih berlanjut dari Part 1 dan Part 2 tentang tempat-tempat apa saja sih yang bisa dikunjungi dan menarik di Shanghai. Dan pada bagian terakhir ini yaitu Part 3, tempat menarik lainnya diantaranya makam nasional, masih seputar temple, tengok kebon binatang ala Shanghai, jajal penasaran naik gedung tertinggi di Shanghai. Yuk, checkidot di follow my journey 😃 11. Longhua Pagoda & Longhu Temple Longhu Temple Temple kali ini yang saya datangi berada jauh dari pusat kota Shanghai. Saya menggunakan taksi untuk menuju ke temple ini, daerah tempat ini memang jarang dikunjungi untuk para turis untuk hari-hari biasa, terkecuali mereka yang ingin bersembahyang atau ada kegiatan perayaan. Temple ini berada persis di samping pembangunan gedung bertingkat. Dan katanya, temple ini termasuk temple tertua di Shanghai. Terletak di Jalan Longhua sebelah selatan kota. Longhua Park terkenal dengan Longhua Temple dan Longhua Pagoda. Longhua Temple adalah kuil tertua di Shanghai y

Jalan-jalan ke Singapura ala Backpackers

Nuny & Neni This is me and my best friend, Neni. Beberapa waktu lalu, kami berdua backpacking ke Singapura. Jadi, memang kami siapkan sendiri, mulai dari beli tiket penerbangan sampai reservasi hostel. Banyak hal yang menarik selama 2 hari berada di Singapura, mulai dari bermalam di Changi Airport,sampai ketempat-tempat wisata,seperti Resort Island Sentosa. Berbagi cerita, semoga bisa memberikan informasi yang menyenangkan :) Mengurus Tiket dan Reservasi Penginapan Saat ini t iket penerbangan ke Singapura sangat mudah didapat,banyak airlines yang menyediakan jadwal penerbangan ke Singapura bahkan dengan harga promo yang sangat murah. Diantaranya ada Mandala Airlines, Air Asia Airlines, Batavia Air,Tiger Airways, Lion Air. www.thehivebackpackers.com Untuk reservasi penginapan,cukup mudah. Di Singapura banyak tersedia pilihan penginapan dari hostel backpackers sampai hotel berbintang. Salah satu hostel tujuan saya adalah The Hive Backpackers,yang t

4D3N Backpacking Malaysia Singapore Part 1 (Living in Chinatown Kuala Lumpur)

Setelah menyesuaikan waktu perjalanan dengan jadwal libur kami. Saya bersama sahabat saya, Ms. Neni berencana untuk  melakukan backpacking kembali. Tempat yang kami tuju masih dekat yaitu Malaysia dan Singapura. Perjalanan selama empat hari, kami mengunjungi Malaysia 2 hari 2 malam, dan Singapore 2 hari 1 malam. Ada banyak cerita menarik yang dapat dibagikan, termasuk juga beberapa tips bagi yang ingin berjalan-jalan hemat,tapi ngga ketinggalan untuk berkeliling tempat-tempat menarik di negara tujuan. Nuny & Neni Tiket Penerbangan Pulang-Pergi  Untuk penerbangan kali ini saya menggunakan jasa penerbangan Air Asia dan JetStar. Seperti diketahui Air Asia adalah pesawat asal Malaysia, dengan memanfaatkan tiket promo-nya, lumayan bisa mengurangi budget travel . Meskipun kami harus berangkat 3 bulan sesudahnya dari sejak diberlakukannya tiket promo :). Untuk penerbangan Air Asia dengan rute Jakarta - Kuala lumpur (tiket Rp 279ribu include tax airport) dan Kuala lump