Skip to main content

Serunya Virtual PlayDate ke Planet Mochi bersama Paddle Pop & MungilMu

Hai Moms, apa kabar? Semoga Moms dan keluarga selalu sehat ya☺️

Di masa New Normal seperti sekarang ini telah memberikan dampak terhadap perkembangan mental dan kesehatan anak-anak kita. Sekolah tatap muka diliburkan sehingga Moms pun disibukkan aktivitas mendampingi anak-anak untuk bersekolah secara online dari rumah. Sedangkan bagi anak-anak, sejak pandemi harus kehilangan masa bermain bersama teman sebayanya dan menghabiskan lebih banyak waktu bermain di dalam rumah. Padahal berinteraksi sosial merupakan bagian terpenting dari proses tumbuh kembang anak. 

Kurangnya rutinitas dan hilangnya kontak sosial, tidak sedikit anak-anak mengalami tingkat stress yang tinggi, sulit untuk beradaptasi dengan situasi saat ini. Akhirnya, Moms pun di tuntut untuk menyiasati kondisi agar aktivitas keluarga yang dilakukan di dalam rumah selalu terasa menyenangkan dan tidak membosankan. 

Moms, meski anak-anak merasa “terjebak” di dalam rumah, bukan berarti mereka tidak bisa bersenang-senang dan belajar di saat bersamaan. Salah satu aktivitas seru di masa New Normal yang bisa kita lakukan bersama anak-anak adalah dengan mengikuti virtual playdate. 

Mungkin sebagian besar Moms sudah familiar dengan kegiatan virtual playdate, aktivitas bermain bersama secara daring yang dihadiri oleh dua anak atau lebih. Beruntungnya, teknologi saat ini sangat memudahkan bagi anak-anak bermain secara virtual, melihat teman-teman, bahkan melakukan berbagai aktivitas tanpa harus berkumpul fisik. Virtual playdate tidak hanya sekedar bermain bersama saja, aktivitas ini sangat bermanfaat membantu mengembangkan ketrampilan sosial, emosi dan fisik anak. Jadi, tidak hanya anak-anak saja yang happy bermain, tetapi juga Moms!

Virtual playdate kini sering diadakan oleh berbagai instansi yang peduli akan kebutuhan bermain anak-anak selama pandemi. Seperti yang baru-baru ini dilakukan oleh Paddle Pop, brand cemilan es krim anak produksi Unilever Indonesia, menghadirkan serangkaian pilihan aktivitas bermain #DiRumahAja yang dikemas menarik, aktraktif dan kreatif. 

Di bulan Juli 2021, Paddle Pop mengajak orang tua dan anak untuk menjelajahi dunia luar angkasa melalui program “Paddle Pop #MainYuk Liburan ke Planet Mochi” yang terinspirasi dari bentuk bulat Paddle Pop Mochi. Di setiap minggunya menghadirkan playdate session dengan banyak aktivitas bermain yang menyenangkan dan bermanfaat sambil mengenal planet di luar angkasa bersama Rumah Dandelion, Buumi Play Space dan Mungilmu. 

Saya berkesempatan mengikuti salah satu aktivitas playdate session bersama Mungilmu melalui zoom pada tanggal 10 Juli 2021 dengan tema “Main ke Planet Uranus bareng Nana Mirdad X Mungilmu”. Event virtual ini dihadiri lebih dari 100 peserta anak-anak dari berbagai kota di Indonesia. Apalagi, sebelumnya Paddle Pop memberikan gratis kotak main playdate bagi 100 pendaftar pertama di tiap session-nya. Sayangnya, saya tidak beruntung mendapatkannya, jadi harus menyiapkan alat dan bahan sendiri di rumah. Meski demikian, anak tetap merasakan keseruan bermain belajar bersama. Link YouTube Playdate Session bisa diklik disini https://youtu.be/UnnC5uIly84

Saya akan berbagai pengalaman kepada Moms, hal-hal menarik di kegiatan virtual playdate ini, siapa tahu bisa menjadi inspirasi Moms dan mempraktekan bermain bersama keluarga di rumah. Permainan ini direkomendasikan untuk anak usia 5+ dan tentunya didampingi oleh orang tua agar momen bermain menjadi lebih seru. Yuk Moms, ikuti ulasannya berikut ini ☺️

Berpetualang ke Playmate Galaksi Dengan Roket Sedotan

Tiba-tiba Pak Pos Jeri si Jerapah berpakaian astronot datang mengirimkan surat  dari luar angkasa!

Bu Guru Mungilmu (zoom): Suratnya ternyata dari Singa Paddle Pop diantar langsung dari Planet Mochi untuk mengajak teman teman semua liburan ke Planet Mochi
Kakak: Planet Mochi, dimana tuh Bun?. 
Bunda: Bunda juga ngga tahu kak. Kalo dari suratnya, “Ikuti petunjukku untuk mengetahui dimana Planet Mochi berada”. Nah, kaka sudah siapin belum bahan-bahannya. 
Kakak: Udah Bun.

LIburan ke Planet Mochi dipandu oleh dua orang Bu Guru Mungilmu yaitu Kak Azka dan Kak Arina. Semakin asyik, bermain bersama keluarga publik figur Nana Mirdad yang ditemani oleh sang suami-Andrew White dan kedua anaknya, Jason dan Sarah. Okay Moms, sebelum mulai berpetualangan, Moms dapat mengunduh instruksi permainannya di sini  πŸ‘‰ bit.ly/pdfMungilmu2

Pertama, gambar karakter planet yang lucu

Pada instruksi permainan terdapat gambar-gambar printables seperti planet, bintang, awan, singa Paddle Pop, roket dan karakter lainnya. Menariknya Moms, karakter gambar planet-nya sangat lucu, tiap planet punya warna dan mimik wajah yang berbeda-beda. Kalau Moms tunjukkan ke anak-anak, pasti mereka suka deh!. 

Kakak: ih, lucu banget Bun gambarnya.
Bunda: Nanti bunda minta abi cetak dulu kak.
Kakak: Kakak mau gambar aja, boleh bun?
Bunda: Beneran kakak mau gambar, banyak loh kak.
Kakak: Mau bun, biar kakak ga bosen, kan udah lama ngga gambar Bun. 

Percakapan singkat dengan si sulung yang kepingin menggambar semua karakter planet-nya. Ya sudah, akhirnya tidak jadi mencetak, yang penting anak happy ya Moms 🀭.
Ini sebenarnya bisa menjadi solusi alternatif kalau Moms tidak sempat mencetak gambar atau ingin menambah aktivitas anak-anak dirumah. Seperti diketahui, menggambar dan mewarnai dapat membantu meningkatkan konsentrasi pada anak, mengembangkan ketrampilan motorik halus serta meningkatkan kreatifitas dan ekspresi diri. 

Kedua, Siapkan Playmate Galaksi 

Mau menjelajah planet luar angkasa?. Buat dulu playmate galaksi-nya. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan seperti yang tertera pada gambar di bawah ini.
Hayuk Moms, susun gambar planet-nya di playmate galaksi. 
  • Bentangkan playmate di ruang yang lebar. 
  • Mulai susun sesuai garis orbit dari urutan yang paling tengah dahulu yaitu Matahari. Selanjutnya, garis lingkaran pertama yang paling terdekat dari matahari yaitu Merkurius. Kemudian, Venus pada garis orbit setelah Merkurius. Dilanjutkan dengan planet Bumi, planet Mars, planet Jupiter, planet bercincin Saturnus, dan yang terakhir planet Neptunus pada garis orbit paling luar dan paling jauh dari Matahari. 
  • Tempatkan gambar planet sesuai garis orbitnya ya Moms, agar tidak saling bertabrakan. 
  • Tempel menggunakan gambar planet pada playmate menggunakan double tape dan hiasi playmate dengan gambar bintang dan awan yang ada pada printables. 

Menyusun planet-planet di playmate galaksi, sangat seru dan menyenangkan Moms. Dipandu oleh Kak Arina, anak-anak diajarkan menempatkan gambar-gambar planet sesuai dengan garis orbitnya. Ini sangat memudahkan bagi anak-anak belajar sains dalam mengenal dan mengingat planet-planet apa saja yang ada di tata surya. Bu Guru Azka juga mengajarkan cara menghapal nama-nama planet dengan singkatan “mevebumajusaturnep”. Moms, pasti sudah tahu ya kepanjangan dari mevebumajusaturnep. Dalam sesi ini banyak terjadi interaksi komunikasi antara anak-anak dan Bu Guru Mungilmu. Mendorong kepercayaan diri anak untuk berani mengutarakan pendapat dan berbagi pengetahuan dengan yang lain. Jadi, anak-anak serasa seperti berada di real sekolahan. 

Ketiga, Merakit Roket Sedotan

Singa Paddle Pop mengundang ke Planet Mochi. Untuk terbang ke Planet Mochi, harus pakai roket!. Roket yang mau dibuat ini unik banget. bahan bakarnya cuma pakai tenaga tiup. Alat dan bahan, Moms bisa lihat pada gambar di bawah ini.
Cara bikinnya mudah dan simpel. 
  1. Gunting gambar roket yang ada di printables. 
  2. Buat tabung dari bahan kertas ukuran persegi panjang. Tabung ini diibaratkan selongsong roket.
  3. Gulung kertas, rekatkan pada belakang roket menggunakan double tape. 
  4. Tekan atau lipat di satu ujung atasnya , tutup dengan double tape, jangan sampai ada celah lubang angin agar saat ditiup dengan sedotan, roket bisa terbang. 
  5. Masukkan sedotan di lubang yang terbuka. Tiup sedotan ke playmate, wuuzzzz roket siap meluncur πŸš€πŸš€. 
Sesi membuat roket sedotan sangat bermanfaat dalam meningkatkan konsentrasi dan mengembangkan kreatifitas anak. Momen keseruannya, pas semua peserta mencoba menerbangkan roket sedotannya masing-masing. Hmmm, ada yang berhasil terbang, tapi ada juga yang belum berhasil terbang. Nah, nanti kalau Moms mencoba, tiupnya yang kuat ya.  Dari belajar bersama ini, setidaknya anak-anak sudah dapat berimajinasi membayangkan terbang ke planet yang ia mau dengan roket buatannya

Cari Tahu Ada Dimana Pendaratan Ke Planet Mochi 

Menyusun gambar planet di playmate galaksi, check✅!. Tapi kok belum ketemu juga, dimana Planet Mochi?. Nah, sekarang kita harus cari tahu dulu Planet Mochi-nya dimana menggunakan aplikasi ASSEMBLR. 

Moms dapat mengunduh gratis aplikasi ASSEMBLR di google playstore, klik disini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.octagonstudio.assemblr. Aplikasi ini digunakan untuk memunculkan objek pada gambar menjadi tampilan dalam bentuk tiga dimensi (3D) sehingga tampak nyata.  
Jika Moms sudah ada aplikasi ASSEMBLR, pada kolom pertanyaan “Whose marker you want to see?” klik “search” dan ketik “planetmochi”. Nanti akan muncul icon planet seperti yang ada pada printables. Klik “scan” arahkan pada gambar planet yang ingin dilihat atau QR kode yang tertera di printables. Seketika akan muncul diatas permukaan media, planet yang tampak nyata yang bisa dilihat secara horisontal dan vertikal.

Menurut saya ini keren πŸ‘dan pembelajaran baru bagi anak-anak. Sekali anak mencoba, mengundang rasa ingin tahu dan ingin mencoba lagi dan lagi. Kalau sebelumnya berimajinasi di pikiran sendiri, dengan melihat objek planet dalam bentuk 3D, anak mendapatkan visualisasi yang lebih bagus dan mudah mengidentifikasikan objek. Bahkan setelah permainan usai, anak tetap bisa mempraktekannya kembali. Yang pasti cara belajar seperti ini sangat memudahkan anak dalam mengenal karakter planet di luar angkasa.  

Cara lainnya selain menggunakan gambar yang telah di cetak. Moms, juga dapat menggunakan perangkat lain untuk membuka file PDF. Prakteknya tetap sama, hanya saja ada dua perangkat yang digunakan, satu untuk aplikasi dan satu lagi untuk membuka file PDF. Video YouTube di bawah ini, saya mempraktekan dengan membuka file PDF di tablet πŸ‘‰https://youtu.be/4zDVw3IYwb4
Bu Guru Azka tidak hanya sekedar mengajarkan bermain menggunakan aplikasi ASSEMBLR, tetapi juga mengajak anak berinteraksi untuk mencari dan memecahkan masalah bersama-sama. Dengan begitu, anak terdorong rasa ingin tahunya dan meningkatkan rasa kepercayaan dirinya untuk mengungkapkan jawaban yang ditemukan. Memang sih Moms, saat di sesi ini ramai dengan celoteh anak-anak. Setiap dilontarkan pertanyaan tentang satu planet, ramai-ramai membaca keterangan planet tersebut dari aplikasi maupun gambar tulisan di layar zoon.  Seru ya!. Saya saja yang sekedar mendampingi si sulung, benar-benar menikmati suasana ini. Jadi kebayang, bagaimana rindunya anak-anak dengan dunia sekolah yang nyata. Semoga pandemi segera berlalu ya nak, dan bisa kembali sekolah seperti sedia kala. 

Nah, kita sudah jelajahi planet dibantu aplikasi ASSEMBLR, tapi sudah di cari-cari 🧐kok bukan Planet Mochi ya. Dari hasil pencarian, planet-planet lain mengatakan kalau Planet Mochi itu berwarna biru, diiinggiiin, planet ke tujuh dari matahari, dan disebut juga dengan Raksasa Es. Kira-kira sudah tahu jawabannya belum??

Coba sekarang kita cek, di printables planet apa yang belum ada?. Yup benar, Planet Uranus. Tapi kan ngga tahu Planet Uranus itu seperti apa 🀷, dan bener ngga Singa Paddle Pop sedang ada di Planet Uranus. Jawabannya balik lagi minta bantuan aplikasi ASSEMBLR. Scan gambar Singa Paddle Pop, dan lihat apa yang terjadi 🀩. Ulala, ternyata Singa Paddle Pop ada di Planet Uranus, dan ternyata Planet Mochi itu adalah Planet Uranus. Kok bisa ya??. Nah, biar ngga penasaran, Moms kudu wajib praktekkan bareng anak-anak dirumah dengan kreasi bercerita versi Moms πŸ˜‰.

Kreasi Planet Uranus & Roket dari Paddle Pop Mochi

Misteri Planet Mochi terpecahkan!. Sekarang bagaimana bisa mendaratkan roket di Planet Uranus, kalau playmate galaksinya tidak ada Planet Uranus?πŸ€”

Bu Guru Azka (zoom): Kita baru bisa mendarat di Planet Uranus, jika kita sudah bisa melengkapi playmate kita. Kita harus mencari solusinya bersama-sama. Oh, kita punya Paddle Pop Mochi, yang warnanya bulat seperti planet.

Anak-anak kembali diajak memecahkan masalah dengan cara yang kreatif, berkreasi membuat Planet Uranus dari Paddle Pop Mochi. Dipandu oleh Kak Arina, anak-anak bebas berkreatifitas menggambar dan mewarnai diatas piring kertas putih. Oya, Moms juga bisa menggunakan piring makan asalkan berwarna putih. Gunakan cotton bud untuk alat menggambar dan mewarnai dengan pewarna makanan agar aman apabila tertelan oleh anak. Makan sedikit bagian atas mochi agar terlihat lapisan cincinnya seperti Planet Uranus. Taruh es krim mochi di piring, hiasi dengan sprinkles atau meses warna-warni. Rekatkan bagian belakang gambar Singa Paddle Pop dengan batang tusuk gigi, lalu tancapkan di atas mochi. Taaaraaa, sudah sampai deh di Planet Mochi!.😍

Moms juga dapat membantu anak melakukan kegiatannya. Ini tentunya bisa meningkatkan bonding antara orang tua dan anak. Banyak sekali manfaat dari kegiatan menggambar, salah satunya nih Moms yaitu meningkatkan memori. Menggambar akan menciptakan memori yang saling berhubungan dengan mengintegrasikan informasi visual dan motorik secara bersamaan. Jadi, momen-momen yang membuat anak nyaman dan senang, akan lebih mudah diingat dalam memori anak. Saya membantu si sulung ikut menggambar, si sulung mengganti gambar Singa Paddle Pop dengan kreasi gambarnya sendiri. Kata si sulung “Aku kan Little Astronot, Bun”. Baiklah nak, kalau kau happy, emak pun ikut happyπŸ€—. Alat dan bahan dapat dilihat pada gambar di bawah ini ya Moms.

Pulang Ke Bumi Dengan Roket Mochi

Eiitsss, belum selesai ya Moms petualangannya. Diceritakan oleh Bu Guru Azka, kalau roket  kertas rusak, harus cari ide lagi untuk membuat roket yang akan di pakai untuk kembali ke bumi.

Bu Guru Azka mengajak cari ide lagi. Anak-anak jadi terpancing mengembangkan kapasitas berpikir mereka. Dan pinter loh,ada yang satu peserta yang dapat menjawab dengan benar. 

Karina (peserta): Kayaknya bisa pakai Mochi lagi. 

Saat Bu Guru Azka tampilkan di layar zoom, riuh anak-anak membaca tulisan di layar “Ayo Coba Tumpuk Es Krim Mochi Seperti Roket Dan Membuat Corong Roket!”. 

Sesi terakhir ini kembali mengajak anak-anak berkreasi membuat roket πŸš€πŸš€dari es krim mochi. Cara buatnya juga ngga susah kok Moms. Taruh Paddle Pop Mochi diatas piring dan susun tumpuk. Agar tumpukan-nya tidak jatuh, gunakan tusuk gigi sebagai penyangga. Gunting gambar kerucut, lalu satukan sisi ujung kerucut dengan double tape. Taruh kerucut roket diatas susunan mochi. Yeaay, bisa pulang ke Bumi, dan pesta makan mochi!
Hasil roket mochi si sulung cuma bisa dua tumpuk, yang lainnya sudah mendarat duluan ke perut. Alasan si sulung “Harus buru-buru di makan Bun, nanti meleleh”. Ah, bisa saja kau nak 😁. Kekompakan keluarga Nana Mirdad tetap seru hingga acara selesai, pesta makan Mochi!

Kegiatan playdate memberikan banyak manfaat bagi perkembangan anak-anak. Meski dilakukan secara virtual, anak-anak terbantu menjaga ketrampilan sosialisasi, komunikasi, emosi dan fisik mereka. Anak-anak tetap dapat bersenang-senang, merasa nyaman, betah dan bebas mengekspresikan diri ketika berada disekitar teman-teman yang sebaya dengannya. Tidak terasa satu jam mengikuti virtual playdate Paddle Pop, suasana menyenangkan melihat anak-anak yang riang dan kelezatan es krim mochi yang bikin hati senang. Thank you Paddle Pop for this wonderful adventure πŸ’

Review Si Kenyal Lembut Paddle Pop Mochi

(3 hari sebelum acara)
Bunda: Kak, udah pernah belom makan es krim mochi
Kakak: udah Bun (sambil tiduran nonton TV)
Bunda: Enak kak? . Es krim mochi yang Paddle Pop,  bukan yang lain
Kakak: Iya Bun, enak. Di Indomaret ada
Bunda: Harganya berapaan Kak?
Kakak: Ngga tau Bun, aku lupa. Kaka Afifah (sepupunya) yang beliin.

Begitulah kalau emak kurang gaul kesukaan anak 🀭. Walhasil ke minimarket ketemu juga si Paddle Pop Mochi dengan varian rasa Chocolate Vanila seharga 3 ribu, dan jadinya beli 6 bungkus sekalian. 
Pertama kali coba es krim Mochi ya selesai acara playdate. Rasanya memang beneran yummy dan enakπŸ‘! Saat di gigit lapisan mochi-nya lembut dan kenyal. Kejutan rasa chocolate vanila terasa creamy banget. Meski meleleh, kekenyalan mochi-nya tetap terasa lembut. Paddle Pop hanya menggunakan  perasa dan perisai alami. Jadi, rasa manisnya pun pas, tidak terlalu manis. Paddle Pop Mochi buat anak-anak dan keluarga bisa menjadi cemilan yang aman, sehat dan menyegarkan.


Comments

Popular posts from this blog

Mengurus Visa China Ternyata Hanya 4 Hari!!

Travel plan saya selanjutnya adalah mengunjungi Shanghai, Cina. Untuk dapat mengunjungi Cina, tentunya harus siap dengan visa-nya. Nah, saya mau berbagi sewaktu saya mengurus visa China :-) fresh bulan April 2012 dan ternyata sangat mudah dan simpel. Karena baru pertama kali mengurus visa sendiri, jadi saya sangat interest sekali searching informasi. Untuk website resminya bisa klik disini VISA FOR CHINA . Sebenarnya persyaratan untuk mengurus visa China tidak terlalu banyak, yuk follow my feeds dibawah ini ;-) Buka website resminya, pelajari visa apa yang mau kamu ambil dan tujuannya untuk apa, lihat di sini JENIS-JENIS VISA CHINA & PERSYARATAN  Kalau saya tujuannya untuk traveling biasa, jadi saya ambil Tourism and family visit visa (L-Visa) Isi formulir permohonan dengan lengkap , kamu bisa download  VISA APPLICATION FORM atau bisa langsung APPLY ONLINE . Kalau saya pribadi, sudah apply online, jadi isi data via online, setelah data lengkap dan tersimpan, ot

4 Rekomendasi Tempat Wisata Belanja di Shanghai

Wisata belanja di Shanghai memang tidak ada habisnya. Namun, yang paling membuat saya tertarik adalah market-market tradisionalnya, sangat unik dengan berbagai macam jajanan pasar. Berikut ini saya akan berikan  tempat belanja yang berhasil saya kunjungi selama di Shanghai yang bisa jadi referensi teman-teman. Mari follow my journey  di bawah ini ya :) Nanjing Road Nanjing Road merupakan pusat jalan perbelanjaan utama di Shanghai. Ini jalan yang panjang hingga beberapa kilometer yang saling terhubung. Terdiri dari Nanjing Rd Timur dan Nanjing Rd Barat. Nanjing Rd Timur paling dekat dengan The Bund, sedangkan Nanjing Rd Barat dekat dengan People's Square. Pada siang hari, Nanjing Road penuh menggeliat dengan riuhnya para pengunjung. Outlet-outlet disepanjang jalan menawarkan merek-merek terkenal yang tak terhitung jumlahnya dengan kualitas yang bagus tentunya. Nanjing Road memang pusat perbelanjaan modern dengan tetap menyajikan konsep tradisional. Terbukti dengan ma

Nabung di Bank BRI, Kena Pajak!!

Disini saya mau berbagi tentang pengalaman saya menabung di BRI beberapa bulan kemarin, karena saya pikir menabung di bank pemerintah seperti BRI, tidak ada banyak potongan yang macam-macam. Sebelumnya saya menabung di Bank Muamalat Syariah yang sebenarnya sudah cocok sekali dan tidak banyak memberikan potongan kepada nasabah kecuali untuk biaya administrasi yang relatif masih dibawah Rp 10ribu. Tapi karena desakan orangtua untuk di pindah ke bank pemerintah, akhirnya saya memutuskan untuk membuka rekening di Bank BRI dekat kantor saya. Pembukaan rekening saya dengan setoran Rp 600ribu. Masih di bulan yang sama,saya mentransfer setoran ke rekening BRI sebesar Rp XX.000.000,- (maaf off the record). Pada bulan berikutnya, saya mendapatkan bunga bank sebesar Rp 28.036,-. Dan saya cukup kaget ketika saya mengetahui tabungan saya dikenakan pajak yang tidak ada ketentuannya berapa persen. Yang terpotong saat itu pajaknya Rp 5.607,- belum lagi potongan administrasi sebesar Rp 10ribu.

16 Things To Do In Shanghai (Part 1 - Sightseeing Shanghai)

Salah satu tujuan trip untuk solo traveling saya yang pertama adalah Shanghai, China. Satu minggu, saya habiskan waktu hanya di kota Shanghai, dan memang tidak membuat itenary untuk mengunjungi kota lain seperti Beijing. Mungkin saya ingin lebih dekat dengan kota Shanghai, sebagai kota Metropolis dari China. Untuk penerbangan ke China, saya menggunakan Singapore Airlines,dengan tujuan Pudong International Airport. Keberangkatan pagi hari jam 09:10, transit di Singapura, dan berlanjut jam 13:00 menuju Shanghai. Lama perjalanan Singapura-Shanghai sekitar 4 jam 45 menit. Tiba di Shanghai sekitar jam 7 malam. Sedangkan kembali ke Jakarta, saya ambil keberangkatan malam hari jam 19:10 tiba di Singapura jam 01:00 dini hari. Hanya saja, transit di Singapura agak lama 5 jam, jadi lumayan buooseenin. Berlanjut penerbangan ke Jakarta pagi jam 07:00, delay satu jam dari awal jadwal 05:00 Sedangkan untuk budget cost sendiri, rasanya bukan ala backpacker :-D

Weekend Banking BCA KCP Grand Indonesia

Bagi nasabah BCA,layanan weekend banking sangat membantu dalam memudahkan nasabahnya melakukan transaksi di hari Sabtu dan Minggu. Waktu itu saya menggunakan layanan ini untuk pembukaan rekening baru. Layanan weekend banking BCA diwilayah Jakarta Selatan & Jakarta Pusat hanya dilayani di dua lokasi,yaitu KCP Grand Indonesia dan KCP Pondok Indah Mall. Layanan Weekend Banking ini buka setiap Sabtu dan Minggu (Kecuali hari libur) dari pukul 10.00-15.00 WIB.  Untuk itu, saya memilih mendatangi kantor BCA di Grand Indonesia yang masih dekat dengan kantor. Hampir saja saya salah tujuan lokasi Bank BCA. Karena layanan weekend banking BCA bukan berlokasi di Menara BCA(tepat di depan jalan utama Grand Indonesia), tapi berada di Grand Indonesia Westmall Lantai LG. Sayangnya, saya tidak bisa melakukan pembukaan rekening baru, karena kartu identitas saya beralamatkan di Depok. Layanan pembukaan rekening baru pada saat weekend hanya melayani pembukaan rekening dengan kartu identitas wil

16 Things To Do In Shanghai (Part 2 - Sightseeing Shanghai)

Pada Part 1 yaitu tempat-tempat menarik untuk dikunjungi selama di Shanghai , saya sudah memberikan 5 tempat menarik di Shanghai. Nah, berlanjut di Part 2, masih sama, rekomendasi tempat-tempat menarik seperti temple, mesjid, garden, dan gedung tertinggi, dan arena. Follow my journey  di bawah ini ya πŸ˜„  6. Yu Yuan Garden and Bazaar Yu Yuan Garden adalah taman paling terkenal di Shanghai. Terletak di jantung Kota Tua Shanghai, dan salah satu tempat wisata paling menarik dan menjadi pusat kunjungan para turis di Shanghai.  Dekat dengan Yu Yuan Garden dapat ditemui pasar dengan sederetan outlet-outlet, rumah makan, yang menjual berbagai macam produk, mulai dari souvenir, pakaian, makanan khas, dan lain-lain. Suasananya rame betul, belum lagi bangunan-bangunan sekitar pasar yang terlihat sangat klasik khas tradisional China. Harga souvenir di sini relatif murah, mulai dari harga 5 RMB-90 RMB tergantung dari jenis souvenir. Untuk produk baju harganya bisa diatas 100 RMB.

16 Things To Do In Shanghai (Part 3 - Sightseeing Shanghai)

Masih berlanjut dari Part 1 dan Part 2 tentang tempat-tempat apa saja sih yang bisa dikunjungi dan menarik di Shanghai. Dan pada bagian terakhir ini yaitu Part 3, tempat menarik lainnya diantaranya makam nasional, masih seputar temple, tengok kebon binatang ala Shanghai, jajal penasaran naik gedung tertinggi di Shanghai. Yuk, checkidot di follow my journey πŸ˜ƒ 11. Longhua Pagoda & Longhu Temple Longhu Temple Temple kali ini yang saya datangi berada jauh dari pusat kota Shanghai. Saya menggunakan taksi untuk menuju ke temple ini, daerah tempat ini memang jarang dikunjungi untuk para turis untuk hari-hari biasa, terkecuali mereka yang ingin bersembahyang atau ada kegiatan perayaan. Temple ini berada persis di samping pembangunan gedung bertingkat. Dan katanya, temple ini termasuk temple tertua di Shanghai. Terletak di Jalan Longhua sebelah selatan kota. Longhua Park terkenal dengan Longhua Temple dan Longhua Pagoda. Longhua Temple adalah kuil tertua di Shanghai y

Jalan-jalan ke Singapura ala Backpackers

Nuny & Neni This is me and my best friend, Neni. Beberapa waktu lalu, kami berdua backpacking ke Singapura. Jadi, memang kami siapkan sendiri, mulai dari beli tiket penerbangan sampai reservasi hostel. Banyak hal yang menarik selama 2 hari berada di Singapura, mulai dari bermalam di Changi Airport,sampai ketempat-tempat wisata,seperti Resort Island Sentosa. Berbagi cerita, semoga bisa memberikan informasi yang menyenangkan :) Mengurus Tiket dan Reservasi Penginapan Saat ini t iket penerbangan ke Singapura sangat mudah didapat,banyak airlines yang menyediakan jadwal penerbangan ke Singapura bahkan dengan harga promo yang sangat murah. Diantaranya ada Mandala Airlines, Air Asia Airlines, Batavia Air,Tiger Airways, Lion Air. www.thehivebackpackers.com Untuk reservasi penginapan,cukup mudah. Di Singapura banyak tersedia pilihan penginapan dari hostel backpackers sampai hotel berbintang. Salah satu hostel tujuan saya adalah The Hive Backpackers,yang t

4D3N Backpacking Malaysia Singapore Part 1 (Living in Chinatown Kuala Lumpur)

Setelah menyesuaikan waktu perjalanan dengan jadwal libur kami. Saya bersama sahabat saya, Ms. Neni berencana untuk  melakukan backpacking kembali. Tempat yang kami tuju masih dekat yaitu Malaysia dan Singapura. Perjalanan selama empat hari, kami mengunjungi Malaysia 2 hari 2 malam, dan Singapore 2 hari 1 malam. Ada banyak cerita menarik yang dapat dibagikan, termasuk juga beberapa tips bagi yang ingin berjalan-jalan hemat,tapi ngga ketinggalan untuk berkeliling tempat-tempat menarik di negara tujuan. Nuny & Neni Tiket Penerbangan Pulang-Pergi  Untuk penerbangan kali ini saya menggunakan jasa penerbangan Air Asia dan JetStar. Seperti diketahui Air Asia adalah pesawat asal Malaysia, dengan memanfaatkan tiket promo-nya, lumayan bisa mengurangi budget travel . Meskipun kami harus berangkat 3 bulan sesudahnya dari sejak diberlakukannya tiket promo :). Untuk penerbangan Air Asia dengan rute Jakarta - Kuala lumpur (tiket Rp 279ribu include tax airport) dan Kuala lump