Skip to main content

Cegah Stress Anak Di Masa Pandemi Dengan Asah Kreativitas Bersama Faber-Castell Creative Art Series

Hai readers πŸ™‹πŸ»‍♀️ Sedang apa hari ini? Semoga harinya menyenangkan dan sehat selalu ya. 

Di hari Minggu yang cerah ini, saya mau sharing nih seputar parenting. Berbagi ilmu yang saya dapatkan dari acara webinar yang diadakan oleh Faber-Castell. Yuk, mari merapat readers ☺️

Menurut readers, apakah  hanya orang dewasa saja yang terdampak oleh pandemi covid-19? Sering kali orang dewasa lupa bahwa anak-anak juga turut menjadi korban dari paparan pandemi covid-19. 
Pandemi yang telah berlangsung satu tahun lebih ternyata tidak hanya dirasakan oleh orang dewasa, namun juga anak. Tanpa disadari bahwa anak merupakan korban tersembunyi dari dampak pandemi. Hal ini diungkap oleh Yohana Theresia, M.Psi., Psikolog dari Yayasan Heart of People.id dalam webinar parenting yang diadakan oleh Faber-Castell yang bertemakan "Soft Skill Apa yang Dibutuhkan di Era Digital” pada Sabtu, 25 September 2021.

Apa dampak pandemi pada anak?

Banyak orang dewasa berpikir bahwa anak-anak tidak mungkin terpapar stress di masa pandemi. Orang dewasa hanya melihat anak dengan kegiatannya bermain atau belajar saja. Tapi kenyataannya readers, anak-anak pun bisa terdampak stress di masa pandemi, sehingga banyak dari mereka yang menjadi frustasi. Anak-anak yang tadinya memiliki sifat periang, seketika dapat berubah menjadi pasif saat pandemi. Anak-anak juga dapat frustasi dikarenakan harus belajar melalui online learning atau pembelajaran jarak jauh. Mereka juga tidak dapat bertemu langsung dengan teman sebayanya dan harus ketemu lewat zoom. Ini contoh keseharian yang berlaku di saat pandemi, membuat anak menjadi stress dan frustasi. Sehingga memunculkan masalah-masalah baru pada diri anak. 

Di banyak kasus yang ditemui, dan berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan Soetikno, Agustina, Verauli, dan Tirta (2020) ditengarai adanya peningkatan permasalahan perilaku dan masalah akibat paparan stress di kala pandemi saat ini. Beberapa masalah yang timbul antara lain menarik diri dari keramaian (withdrawal), gangguan somatisasi atau gangguan psikologis yang ditandai dengan adanya keluhan di area fisik, agresi, depresi maupun masalah perilaku lainnya.

Apa faktor pencetus stress anak di masa pandemi?

Perubahan emosi dan perilaku anak yang terjadi selama pandemi, banyak dikeluhkan oleh orang tua. Kondisi ini bisa terjadi disebabkan oleh beberapa faktor pencetus, seperti. 

  1. Ruang bergerak yang terbatas.
  2. Hambatan menjalani proses pendidikan di masa pandemi.
  3. Orang tua yang sibuk.
  4. Kondisi psikologi yang tidak stabil. 

Pandemi memberikan ruang gerak menjadi terbatas dan anak “di paksa” untuk stay at home. Sedangkan anak-anak di usia sekolah membutuhkan banyak ruang gerak yang bebas untuk mengasah ketrampilan dalam dirinya. Seperti mengasah otot, mengembangkan diri secara kognitif serta social skill-nya. 

Sementara itu, metode online learning yang diterapkan di masa pandemi menjadi tantangan dan tidak mudah bagi banyak anak-anak untuk melaluinya. Berinteraksi mengandalkan internet tentunya berisiko anak tidak benar-benar paham dengan pelajaran yang diajarkan oleh gurunya. Sekolah pun tidak memberikan pendidikan memadai yang memuaskan rasa ingin tahu anak. ini bisa membuat anak frustasi karena keterbatasan metode ajar. 

Belum lagi, orang tua sibuk dengan masalahnya masing-masing. Apalagi dengan kondisi orang tua bekerja, ini sangatlah tidak mudah. Sehingga membuat anak merasa tidak mendapatkan support yang optimal. Ini semakin membuat kondisi psikologis anak menjadi tidak stabil. Akhirnya memunculkan masalah baru di rumah seperti masalah emosi, masalah perilaku, dan lainnya

Bagaimana cegah stress anak di masa pandemi?

Pemberian gadget pada anak banyak di ambil orang tua sebagai cara instan untuk atasi stress anak. Menawarkan win-win solution, dimana dengan gadget anak menjadi tenang, ibunya menjadi senang. Padahal, pemberian gawai pada anak bukalah tanpa dampak. 

“Pemberian gawai seperti dua mata uang, selain positif dari gawai seperti memberikan kemudahan, informasi dan juga hiburan namun gawai juga memiliki efek negatif, khususnya jika tanpa dibatasi waktu penggunaannya”, ungkap Yohana. 

Beberapa efek negatif dari gawai menurut Yohana berdasarkan riset yang dilakukan oleh Straker, Leon M. & Howie, Erin K. (2016) dan Dr. John Hutton (2020), yakni gangguan kesehatan fisik, terlambat bicara, masalah atensi dan konsentrasi, masalah pada executive function serta masalah perilaku. 

Untuk itu, Yohana menyarankan kepada orang tua untuk cerdas memiliki bentuk permainan yang cocok bagi anak yang dibagi berdasarkan umur dan kebutuhannya. Permainan yang tepat juga sangat berguna untuk mendorong kreativitas bagi anak, dimana kreativitas sangatlah berguna bagi salah satu modal kesuksesan seseorang di masa depan. 

Apa aktivitas yang dapat boosting kreativitas anak? 

Kreatifitas adalah kemampuan untuk memproduksi atau mengembangkan suatu karya asli, ide, teknik atau pemikiran.

Salah satu cara yang membantu anak lepas dari gadget adalah dengan memberikan substitusi atau pengganti dari gadget tersebut. Disinilah peran orang tua menjadi “orang kreatif” yang membuat anak tertarik untuk transisi dari gadget ke bermain. 

Ada 4 jenis aktivitas bermain yang dapat boosting kreativitas anak, yaitu:

1) Alternate Uses Task. 

Permainan ini serupa dengan kegiatan brainstorming, dimana mengemas kegiatan dalam bentuk permainan sederhana. Misalnya, bermain tebak-tebakan manfaat suatu barang. Ini salah satu cara untuk mengajak anak berpikir kreatif. Semakin kreatif, semakin unik jawaban yang muncul. Bila sering melakukan kebiasaan seperti ini, anak akan terbiasa untuk berpikir kreatif. 

2) Guided Fantasy. 

Aktivitas ini bisa dilatih dengan membacakan buku cerita kepada anak sejak dini. Orang tua juga bisa memperkenalkan buku-buku yang tidak bergambar atau membiarkan anak membaca dan mengembangkan imajinasinya berdasarkan apa yang di dengar dan di baca. 

3) Open Ended Toys. 

Permainan yang dapat dimainkan berulang kali dengan cara berbeda. Contohnya permainan lego. Lego menawarkan berbagai cara bermain dan anak bisa membangun berbagai bentuk bangunan sesuai imajinasinya. Anak juga dapat memainkan lego sesuai kategori warna. Begitu banyak cara bermain yang ditawarkan Open Ended Toys, membuat anak semakin kaya ide untuk memainkannya.

4) Exposure to Art Activities. 
Aktivitas yang bisa membangun kreativitas dengan mengajak anak melakukan kegiatan yang berhubungan dengan seni. Misalnya menggambar, melukis, membuat clay, Faber-Castell Creative Art Series dan lainnya. 

Apa itu Faber-Castell Creative Art Series?

Salah satu bentuk permainan yang disarankan oleh Yohana adalah dalam bentuk eksplorasi permainan yang berbasis seni, seperti produk terbaru dari Faber-Castell, yakni Creative Art Series 2

Produk Faber-Castell Creative Art Series 2 ini merupakan produk yang sangat memperhatikan kebutuhan anak khususnya di usia Sekolah Dasar dan PAUD. 

“Didalamnya terdapat mewarnai, membuat prakarya/craft, yang memadukan unsur pengembangan atas motorik kasar, sensorik, pengenalan warna, melatih konsentrasi, dan tentunya kreativitas,” tutur Yohana.

Sementara itu, Product Spv Faber-Castell International Indonesia, Harsyal Rosidi mengatakan bahwa Produk Creative Art Series ke-2 merupakan kelanjutan produk Creative Art Series yang pertama kali diluncurkan pada tahun lalu, produk ini diharapkan mengulangi kesuksesan dari edisi pertama.

“Produk ini dikembangkan sesuai dengan melihat kondisi yang terjadi pada saat ini, dimana pandemi menyebabkan anak mengalami kebosanan, serta dengan produk ini diharapkan akan memberikan kesempatan bagi orang tua dan anak untuk bisa meluangkan waktu bersama,” jelas Harsyal. 

Adapun Creative Art Series 2 terdiri atas 4 (empat) produk, yakni Basketball Arcade, Glow in the Dark Clock, Colour Your Own Drawstring Bag, Finger Printing Art Set yang melengkapi edisi sebelumnya Stone Deco Art, Origami Fashion Design, Colour Your Own Tote Bag, Air Jet Sport Car, Make Your Own Kite dan 3D Frame Art

Hasyal juga mengatakan bahwa didalam setiap kemasan Creative Art Series Faber-Castell juga disertai voucher untuk bisa mengikuti workshop yang diadakan secara daring oleh Faber-Castell.

Apa manfaat Faber-Castell Creative Art Series?

Ketika anak mulai merasa bosan dengan rutinitas yang ada. Aktivitas bermain ini dapat menjadi kegiatan pengganti gadget yang menarik bagi anak di masa pandemi. Beberapa manfaat yang didapatkan dari mengajarkan anak bermain Faber-Castell Creative Art Series, yaitu 

  • Kegiatan baru di masa pandemi.
  • Melatih gerak motorik anak, daya kosentrasi dan fokus.
  • Mengasah kreativitas.
  • Saat berkarya, tubuh merilis hormone kortisol yang mengurangi stress dan membuat tenang.
  • Meningkatkan kepercayaan diri anak dan mengajarkan kerjasama.
  • Ciptakan waktu kelekatan yang berkualitas bersama keluarga. 
  • Media mengekspresikan emosi

Unboxing Creative Art “Glow in the Dark Clock”

Readers, jujur saya seneng sekali sewaktu tahu termasuk orang pertama yang merasakan produk creative art series 2 dari Faber-Castell. Paket produk yang dikirimkan yaitu Creative Art “Glow in the Dark Clock”.  Sewaktu buka kotak bermain ini, woow isinya menarik dan bikin penasaran!😍. Even you don’t know how to make it, tapi sudah bisa membayangkan hasilnya bakalan keren. 

Faber Castell creative arts series

Dalam satu set produk komplit sudah termasuk:

  • 1 tube Acrylic Glitter Silver
  • 1 UHU All purpose 20 ml
  • 1 Grip Brush
  • 1 set bahan-bahan membuat jam dinding
  • Booklet petunjuk pembuatan. 
  • Kupon workshop senilai Rp60.000,- secara gratis!

Di sesi akhir acara webinar, peserta di pandu bagaimana cara membuat jam dinding ini. Ternyata mengerjakannya tidaklah sulit readers πŸ€—. Waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan creative art ini sekitar 30-45 menit saja. 
Oya, sedikit tips nih readers kalau selesai menggunakan kuas, sebaiknya segera di rendam dalam air. Cat akrilik jika sudah mengering sepeti karet dan mengeras. Kalau kuas dibiarkan mengering, sudah tidak bisa dipakai lagi. 
Bagaimana hasilnya readers, keren ya pake banget 🀭!. Nah, tinggal di beri baterai A2. Saya sudah coba, dan jam dindingnya berfungsi πŸ‘.  Dalam keadaan gelap, warna hijaunya memang terlihat glow in the dark. Selain jadi jam,  juga cakep buat hiasan dinding. 

Dengan membeli Creative Art Series, readers bisa membuat jam dinding yang bisa menyala dalam gelap dan bisa menghasilkan efek siluet yang bisa dikreasikan sendiri. 

Dimana beli Faber-Castell Creative Art Series?

Saat ini Creative Art Series Faber-Castell tersedia secara eksklusif melalui official store Faber-Castell yang ada di Tokopedia dan juga Shopee. Readers juga bisa mendapatkan akses Workshop Online Faber-Castell yang super seru! Kode unik untuk mengakses ruang kelas bisa ditemukan di dalam box. Selamat berkreatifitas ☺️




Comments

  1. Asyik banget nih kak, sayang aku kemarin gak bisa ikutan workshopnya karena baru punya bayi. Padahal kedua anakku suka banget crafting begini.

    ReplyDelete
  2. Saya jadi bangga dan senyum sendiri melihat jam glowing in the dark punya anak di kamar ini. Iya kami juga ikut workshopnya dan karena anak yg praktik, itu gajahnya gak ada miripnya sama sekali. Hehehe...
    Tapi beneran acara itu sangat seru. Anak sangat antusias dibuatnya

    ReplyDelete
  3. Nah, kebetulan.. saya sedang mencari sarana bermain seperti ini untuk keponakan, selain merangsang ide kreatif serta daya imajinasi, juga mengenalkan lebih dekat suatu objek yang mungkin sangat disukainya, seperti aneka satwa.

    Terima kasih, kak nuny!. Langsus cuss ke toko officialnya faber castell.

    ReplyDelete
  4. wahhh aku nonton video yubub nya aja tertarik ahhahah! seru banget jam nya bisa glowing in the dark pasti bikin anak excited juga kan mba

    ReplyDelete
  5. Wah saya juga pakai faber castle. Tapi baru tahu kalau ada yang model seri yang ini. Wkwkwk. Saya kudet deh. Makasih infonya.

    ReplyDelete
  6. Pandemi oh pandemi. Sebagaimana berita yang saya baca, kasus kesehatan mental menjadi salah satu hal yang paling meningkat tahun 2021 ini, apa lagi kalau bukan karena pandemi. Dan anak-anak pun tak luput sebagai korbannya yang bisa merasa terganggu kesehatan mentalnya karena stres ya, Kak.

    Faber Castell keren juga bisa berikan solusi dan cara untuk anak-anak agar tidak stres dengan inisiatif menghadirkan Faber Castell Creative Art Series ini.

    ReplyDelete
  7. Fabel Castell creative Series ini keren banget sih menurutku. Anak2 jadi enggak bosan dan tambah kreatif. Aku kemarin juga ikut acaranya yg bikin jam nyala dalam gelap. So cool!

    ReplyDelete
  8. Masya Allah, ada solusi nyata dari kita bagi anak-anak dengan hadirnya faber Castel sebagai teman anak untuk explore kreativitas, dan tentunya mencegah stress juga.

    ReplyDelete
  9. Keren juga program dari Faber Castell ini dengan menawarkan Creative Art Series untuk mengajak anak bermain. Anak juga bisa mencoba hal baru dengan program ini, dia bisa menyegarkan otak atau suasana hatinya dari rutinitas belajar daring di rumah.

    ReplyDelete
  10. Wah, jadi keinget mau merampungkan art series faber Castell ini juga kak. Alhamdulillah akupun berkesempatan mengikuti acara ini. Menarik banget art series ini untuk dukung kreativitasnya dan mengurangi kejenuhan belajar online-nya di rumah

    ReplyDelete
  11. Jadi makin kreatif soalnya bareng faber Castell.
    Dengan begitu aktivitas membuat art cantik di rumah maupun sambil belajar makin menyenangkan

    ReplyDelete
  12. Aih, cakep banget jam dindingnya... Kalau glow in the dark gitu anak-anak pasti suka, apalagi jamnya hasil bikin sendiri...
    Ternyata banyak macamnya ya faber castell art series ini, cek tokopedia ah...

    ReplyDelete
  13. senang sekali kemarin bisa ikut acara keren dan bermanfaat ini..banyak wawasan baru kudapat.. termasuk membuat hasta karya juga..

    ReplyDelete
  14. Anak-anak memang paling suka menggambar yaa, apalagi kalau mewarnai dengan pensil warna yang bagus. Ponakan saya juga langganan pakai faber castell, bagus dan awet. Mood menggambarnya jadi stabil, wkwkkw.

    ReplyDelete
  15. Bisa banget ya mba jadi media anak untuk eksplore diri, apalagi kayak anakku shareen suka sama hal baru.

    ReplyDelete
  16. faber castle memang pensil gambar yang dapat menunjang kreatifitas dalam menggambar, sudah terkenal sejak saya masih di bangku sekolah

    ReplyDelete
  17. Pas banget sih ini aku lg nyari sesuatu yg bisa bikin anakku jd lebih kreatif di rumah. Keknya seru bgt deh ikutan workshopnya langsung 😍

    ReplyDelete
  18. Faber Castle dari dulu sampe skrg msh eksis terus ya. Aplg ada produk2 inovatif begini, pelanggan tetep setia deh.

    ReplyDelete
  19. Salut sama Faber Castell. Ada aja inovasinya sehingga kreativitas dan imaginitas jadi makin terasah ya

    ReplyDelete
  20. Keren.. inovasi menarik nih. Perlu dilakukan oleh ibu2 yg malas ngurus anak dan lebih ngasih gadget ke anak

    ReplyDelete
  21. Anakku suka banget nih kalo ada art series seperti ini, bisa mengasah kreativitas dan mengisi waktu luang setelah PJJ

    ReplyDelete
  22. Anak-anak seneng banget nih mbak mainan ini meski finishing tetap emaknya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba :D. Menarik soalnya Art series dari faber Castell. Bikin anak ketagihan. Untungnya masih ada sisanya bahannya. Jadi bisa buat main anak anak

      Delete
  23. anak emmang ahrus dibaisakan sejak dini untuk kreatif

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengurus Visa China Ternyata Hanya 4 Hari!!

Travel plan saya selanjutnya adalah mengunjungi Shanghai, Cina. Untuk dapat mengunjungi Cina, tentunya harus siap dengan visa-nya. Nah, saya mau berbagi sewaktu saya mengurus visa China :-) fresh bulan April 2012 dan ternyata sangat mudah dan simpel. Karena baru pertama kali mengurus visa sendiri, jadi saya sangat interest sekali searching informasi. Untuk website resminya bisa klik disini VISA FOR CHINA . Sebenarnya persyaratan untuk mengurus visa China tidak terlalu banyak, yuk follow my feeds dibawah ini ;-) Buka website resminya, pelajari visa apa yang mau kamu ambil dan tujuannya untuk apa, lihat di sini JENIS-JENIS VISA CHINA & PERSYARATAN  Kalau saya tujuannya untuk traveling biasa, jadi saya ambil Tourism and family visit visa (L-Visa) Isi formulir permohonan dengan lengkap , kamu bisa download  VISA APPLICATION FORM atau bisa langsung APPLY ONLINE . Kalau saya pribadi, sudah apply online, jadi isi data via online, setelah data lengkap dan tersimpan, ot

4 Rekomendasi Tempat Wisata Belanja di Shanghai

Wisata belanja di Shanghai memang tidak ada habisnya. Namun, yang paling membuat saya tertarik adalah market-market tradisionalnya, sangat unik dengan berbagai macam jajanan pasar. Berikut ini saya akan berikan  tempat belanja yang berhasil saya kunjungi selama di Shanghai yang bisa jadi referensi teman-teman. Mari follow my journey  di bawah ini ya :) Nanjing Road Nanjing Road merupakan pusat jalan perbelanjaan utama di Shanghai. Ini jalan yang panjang hingga beberapa kilometer yang saling terhubung. Terdiri dari Nanjing Rd Timur dan Nanjing Rd Barat. Nanjing Rd Timur paling dekat dengan The Bund, sedangkan Nanjing Rd Barat dekat dengan People's Square. Pada siang hari, Nanjing Road penuh menggeliat dengan riuhnya para pengunjung. Outlet-outlet disepanjang jalan menawarkan merek-merek terkenal yang tak terhitung jumlahnya dengan kualitas yang bagus tentunya. Nanjing Road memang pusat perbelanjaan modern dengan tetap menyajikan konsep tradisional. Terbukti dengan ma

Nabung di Bank BRI, Kena Pajak!!

Disini saya mau berbagi tentang pengalaman saya menabung di BRI beberapa bulan kemarin, karena saya pikir menabung di bank pemerintah seperti BRI, tidak ada banyak potongan yang macam-macam. Sebelumnya saya menabung di Bank Muamalat Syariah yang sebenarnya sudah cocok sekali dan tidak banyak memberikan potongan kepada nasabah kecuali untuk biaya administrasi yang relatif masih dibawah Rp 10ribu. Tapi karena desakan orangtua untuk di pindah ke bank pemerintah, akhirnya saya memutuskan untuk membuka rekening di Bank BRI dekat kantor saya. Pembukaan rekening saya dengan setoran Rp 600ribu. Masih di bulan yang sama,saya mentransfer setoran ke rekening BRI sebesar Rp XX.000.000,- (maaf off the record). Pada bulan berikutnya, saya mendapatkan bunga bank sebesar Rp 28.036,-. Dan saya cukup kaget ketika saya mengetahui tabungan saya dikenakan pajak yang tidak ada ketentuannya berapa persen. Yang terpotong saat itu pajaknya Rp 5.607,- belum lagi potongan administrasi sebesar Rp 10ribu.

16 Things To Do In Shanghai (Part 1 - Sightseeing Shanghai)

Salah satu tujuan trip untuk solo traveling saya yang pertama adalah Shanghai, China. Satu minggu, saya habiskan waktu hanya di kota Shanghai, dan memang tidak membuat itenary untuk mengunjungi kota lain seperti Beijing. Mungkin saya ingin lebih dekat dengan kota Shanghai, sebagai kota Metropolis dari China. Untuk penerbangan ke China, saya menggunakan Singapore Airlines,dengan tujuan Pudong International Airport. Keberangkatan pagi hari jam 09:10, transit di Singapura, dan berlanjut jam 13:00 menuju Shanghai. Lama perjalanan Singapura-Shanghai sekitar 4 jam 45 menit. Tiba di Shanghai sekitar jam 7 malam. Sedangkan kembali ke Jakarta, saya ambil keberangkatan malam hari jam 19:10 tiba di Singapura jam 01:00 dini hari. Hanya saja, transit di Singapura agak lama 5 jam, jadi lumayan buooseenin. Berlanjut penerbangan ke Jakarta pagi jam 07:00, delay satu jam dari awal jadwal 05:00 Sedangkan untuk budget cost sendiri, rasanya bukan ala backpacker :-D

Weekend Banking BCA KCP Grand Indonesia

Bagi nasabah BCA,layanan weekend banking sangat membantu dalam memudahkan nasabahnya melakukan transaksi di hari Sabtu dan Minggu. Waktu itu saya menggunakan layanan ini untuk pembukaan rekening baru. Layanan weekend banking BCA diwilayah Jakarta Selatan & Jakarta Pusat hanya dilayani di dua lokasi,yaitu KCP Grand Indonesia dan KCP Pondok Indah Mall. Layanan Weekend Banking ini buka setiap Sabtu dan Minggu (Kecuali hari libur) dari pukul 10.00-15.00 WIB.  Untuk itu, saya memilih mendatangi kantor BCA di Grand Indonesia yang masih dekat dengan kantor. Hampir saja saya salah tujuan lokasi Bank BCA. Karena layanan weekend banking BCA bukan berlokasi di Menara BCA(tepat di depan jalan utama Grand Indonesia), tapi berada di Grand Indonesia Westmall Lantai LG. Sayangnya, saya tidak bisa melakukan pembukaan rekening baru, karena kartu identitas saya beralamatkan di Depok. Layanan pembukaan rekening baru pada saat weekend hanya melayani pembukaan rekening dengan kartu identitas wil

16 Things To Do In Shanghai (Part 2 - Sightseeing Shanghai)

Pada Part 1 yaitu tempat-tempat menarik untuk dikunjungi selama di Shanghai , saya sudah memberikan 5 tempat menarik di Shanghai. Nah, berlanjut di Part 2, masih sama, rekomendasi tempat-tempat menarik seperti temple, mesjid, garden, dan gedung tertinggi, dan arena. Follow my journey  di bawah ini ya πŸ˜„  6. Yu Yuan Garden and Bazaar Yu Yuan Garden adalah taman paling terkenal di Shanghai. Terletak di jantung Kota Tua Shanghai, dan salah satu tempat wisata paling menarik dan menjadi pusat kunjungan para turis di Shanghai.  Dekat dengan Yu Yuan Garden dapat ditemui pasar dengan sederetan outlet-outlet, rumah makan, yang menjual berbagai macam produk, mulai dari souvenir, pakaian, makanan khas, dan lain-lain. Suasananya rame betul, belum lagi bangunan-bangunan sekitar pasar yang terlihat sangat klasik khas tradisional China. Harga souvenir di sini relatif murah, mulai dari harga 5 RMB-90 RMB tergantung dari jenis souvenir. Untuk produk baju harganya bisa diatas 100 RMB.

16 Things To Do In Shanghai (Part 3 - Sightseeing Shanghai)

Masih berlanjut dari Part 1 dan Part 2 tentang tempat-tempat apa saja sih yang bisa dikunjungi dan menarik di Shanghai. Dan pada bagian terakhir ini yaitu Part 3, tempat menarik lainnya diantaranya makam nasional, masih seputar temple, tengok kebon binatang ala Shanghai, jajal penasaran naik gedung tertinggi di Shanghai. Yuk, checkidot di follow my journey πŸ˜ƒ 11. Longhua Pagoda & Longhu Temple Longhu Temple Temple kali ini yang saya datangi berada jauh dari pusat kota Shanghai. Saya menggunakan taksi untuk menuju ke temple ini, daerah tempat ini memang jarang dikunjungi untuk para turis untuk hari-hari biasa, terkecuali mereka yang ingin bersembahyang atau ada kegiatan perayaan. Temple ini berada persis di samping pembangunan gedung bertingkat. Dan katanya, temple ini termasuk temple tertua di Shanghai. Terletak di Jalan Longhua sebelah selatan kota. Longhua Park terkenal dengan Longhua Temple dan Longhua Pagoda. Longhua Temple adalah kuil tertua di Shanghai y

Jalan-jalan ke Singapura ala Backpackers

Nuny & Neni This is me and my best friend, Neni. Beberapa waktu lalu, kami berdua backpacking ke Singapura. Jadi, memang kami siapkan sendiri, mulai dari beli tiket penerbangan sampai reservasi hostel. Banyak hal yang menarik selama 2 hari berada di Singapura, mulai dari bermalam di Changi Airport,sampai ketempat-tempat wisata,seperti Resort Island Sentosa. Berbagi cerita, semoga bisa memberikan informasi yang menyenangkan :) Mengurus Tiket dan Reservasi Penginapan Saat ini t iket penerbangan ke Singapura sangat mudah didapat,banyak airlines yang menyediakan jadwal penerbangan ke Singapura bahkan dengan harga promo yang sangat murah. Diantaranya ada Mandala Airlines, Air Asia Airlines, Batavia Air,Tiger Airways, Lion Air. www.thehivebackpackers.com Untuk reservasi penginapan,cukup mudah. Di Singapura banyak tersedia pilihan penginapan dari hostel backpackers sampai hotel berbintang. Salah satu hostel tujuan saya adalah The Hive Backpackers,yang t

4D3N Backpacking Malaysia Singapore Part 1 (Living in Chinatown Kuala Lumpur)

Setelah menyesuaikan waktu perjalanan dengan jadwal libur kami. Saya bersama sahabat saya, Ms. Neni berencana untuk  melakukan backpacking kembali. Tempat yang kami tuju masih dekat yaitu Malaysia dan Singapura. Perjalanan selama empat hari, kami mengunjungi Malaysia 2 hari 2 malam, dan Singapore 2 hari 1 malam. Ada banyak cerita menarik yang dapat dibagikan, termasuk juga beberapa tips bagi yang ingin berjalan-jalan hemat,tapi ngga ketinggalan untuk berkeliling tempat-tempat menarik di negara tujuan. Nuny & Neni Tiket Penerbangan Pulang-Pergi  Untuk penerbangan kali ini saya menggunakan jasa penerbangan Air Asia dan JetStar. Seperti diketahui Air Asia adalah pesawat asal Malaysia, dengan memanfaatkan tiket promo-nya, lumayan bisa mengurangi budget travel . Meskipun kami harus berangkat 3 bulan sesudahnya dari sejak diberlakukannya tiket promo :). Untuk penerbangan Air Asia dengan rute Jakarta - Kuala lumpur (tiket Rp 279ribu include tax airport) dan Kuala lump