Skip to main content

Explore Cologne Cathedral, Skycraper Gothic Abad Pertengahan (Part 2)

Cerita di Part 1 sudah dibahas tentang lokasi katedral, keunikan yang menjadikannya the biggest and highest in the world, dan pesona arsitektur gotik katedral. Baca cerita lengkapnya, klik disini 😉👇  

COLOGNE CATHEDRAL Part 1

Kontruksi Memakan Waktu Lebih Dari 600 Tahun

Dibalik kemegahan arsitektur Katedral Köln tersimpan sejarah panjang pembangunan katedral yang memakan waktu cukup lama.  Awal Katedral Baru mulai di bangun pada tahun 1248, yang konon sebelumnya telah ada situs Gereja Roma abad ke-4, diikuti gereja lain di abad ke-6, dan Katedral Lama yang selesai dibangun tahun 818 M. Katedral Lama  yang mengalami kerusakan akibat petir,  sekitar 300 tahun kemudian dibakar untuk membangun Katedral Baru saat ini. Batu fondasi pertama yang kita lihat hari ini diletakkan oleh Uskup Agung Konrad von pada Pesta Maria Diangkat ke Surga tanggal 15 Agustus 1248.

Pada abad ke-16 sekitar tahun 1510, pembangunan katedral dihentikan karena kekurangan dana dan kurangnya minat publik terhadap arsitektur gothic. Sehingga pembangunan kontruksi katedral dihentikan selama hampir 300 tahun. 

Sekitar pergantian abad ke-19, minat publik kembali muncul untuk menyelesaikan pembangunan katedral berkat antusiasme para pendukung gerakan Romanesque Jerman pada Abad Pertengahan dan gaya gothic. Maka, atas prakarsa dari Raja Prusia Frederick William IV, warga Cologne mendirikan Zentral-Dombau-Verein (Masyarakat Gedung Katedral Pusat), yang tugas utamanya mengumpulkan sumbangan untuk penyelesaian pembangunan katedral. Dalam hal ini Prusia turut membantu mendanai pekerjaan kontruksi. 

Satu tahun kemudian, raja meletakkan batu pertama untuk melanjutkan pembangunan katedral. Katedral Köln akhirnya selesai di tahun 1880, 632 tahun setelah awal kontruksi dimulai dan diperkirakan telah menelan biaya hingga satu milliar dolar. Penyelesaian gereja dirayakan pada tanggal 15 Oktober. 

Menarik untuk diketahui, kalau ternyata fakta dibangunnya Katedral Köln adalah untuk menyimpan peninggalan harta karun Abad Pertengahan terutama relik Kuil Tiga Raja yang dibawa oleh Uskup Agung Cologne yaitu Rainald von Dassel setelah mengambilnya dari Milan ketika ditaklukan pada tahun 1164. Relik Tiga Raja berupa peti mati yang diyakni berisi sisa-sisa peninggalan Biblical Magi atau dikenal sebagai Tiga Raja/Tiga Orang Bijaksana (Three Wise Mens/Kings). Relik ini pernah di buka pada tahun 1864 dan ditemukan berisi tulang dan pakaian. Sebab dia tidak terkesan dengan katedral lama, oleh karena itu direncanakan katedral baru yang cukup megah dengan gaya arsitektur gotik untuk menampung harta karun peninggalan.  Sejak saat itu, setiap raja Jerman akan berziarah setelah penobatannya untuk memberikan hadiah kepada jenazah. Mereka mempercayai bahwa Kristus akan mengakui mereka sebagai raja, seperti yang telah Kristus lakukan terhadap Tiga Raja itu sendiri. 

Untuk melihat relik Kuil Tiga Raja dan harta Karun lainnya harus membeli tiket masuk. Infonya bisa dilihat di akhir chapter 👉Tips to go to Katedral Kõln 🇩🇪

Kisah sejarah Katedral Köln menarik lainnya yakni fakta katedral yang dihantam bom udara sebanyak 14 kali dan lebih dari 70 bom api meledak selama Perang Dunia II. Meski mengalami kerusakan parah, namun bangunan katedral tetap berdiri di kota yang rata dengan tanah. Menurut catatan sejarah, katedral memang tidak sepenuhnya dihancurkan oleh bom karena berfungsi sebagai landmark yang mudah dikenali oleh pilot. Butuh waktu bertahun-tahun untuk memulihkan kembali bangunan yang telah rusak. Perbaikan selesai pada tahun 1956, meskipun masih meninggalkan sisa-sisa tembok yang hancur sebagai memorial perang

Kini faktor utama yang mempengaruhi kerusakan katedral adalah dari pengaruh cuaca dan polusi lingkungan sehingga pemulihan dan pemeliharaan bangunan katedral dilakukan secara terus menerus. Akibatnya Katedral Köln disematkan sebagai  SItus Kontruksi Permanen (permanent construction site).

Skyline Katedral dan Lonceng Berayun Terbesar di Dunia

view kota dari skyline menara

View skyline cathedral
view kota dari skyline menara

Selain menikmati kemegahan arsitektur Katedral Köln, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan kota Cologne dari skyline menara katedral. Spot dek observasi berada diketinggian 100 meter (330 kaki) diatas permukaan tanah yang terletak di peron menara selatan. Diatas skyline pengunjung dapat menikmati pemandangan kota Cologne dan Sungai Rhine yang indah. Untuk menuju puncak perlu tenaga ekstra, karena harus mendaki 533 anak tangga batu. Meski skyline dibatasi oleh kawat, sehingga sedikit sulit untuk mengambil foto pemandangan diluar, tetapi tidak mengurangi keindahannya.

Serunya nih, sepanjang jalan menuju puncak menara, pengunjung akan melewati ruang lonceng dimana terdapat lonceng gereja berayun terbesar di dunia. Katedral Köln memiliki 11 lonceng gereja dimana 4 lonceng diantaranya sudah ada sejak Abad Pertengahan. Salah satunya bernama “Pretiosa” yang ditempatkan pada tahun 1448, masih dalam posisinya dan berayun hingga kini. Lonceng ini berbobot 10,5 ton dan merupakan lonceng terbesar di Eropa pada masa itu. 

ruang lonceng
Selain itu, pengunjung dapat melihat lonceng St. Peterglocke, dalam bahasa lokal dikenal dengan Decke atau Dekke Pitter yang sudah ada sejak tahun 1922. Ini merupakan lonceng gereja terbesar di dunia yang memiliki bobot seberat 24 ton dan berdiameter 3,22 meter. Lonceng berayun ini hanya berdering pada hari libur khusus seperti Natal dan Tahun Baru. 

Sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO

Fascade Cologne Cathedral
cologne cathedral
Menjadi ikon sejarah Jerman dan dunia yang perlu untuk dilestarikan keberadaannya, Katedral Köln dinobatkan menjadi Situs Warisan Dunia oleh UNESCO di tahun 1996. Menurut badan PBB, Katedral Köln mewujudkan gaya arsitektur gothic yang tinggi dalam kemurnian dan kesempurnaannya yang berbeda dengan katedral lainnya di dunia. 

Namun, di tahun 2004 Katedral Köln sempat bertengger dalam daftar World Herritage in Danger UNESCO, disebabkan adanya rencana pembangunan gedung-gedung tinggi di sekitar katedral yang dapat menghalangi tampilan visual katedral keseluruhan. Pada akhirnya di tahun 2006, pihak berwenang memutuskan untuk memberlakukan pembatasan ketinggian terhadap pembangunan gedung-gedung di dekat katedral, yang kemudian menghapuskan Katedral Köln dari daftar Warisan Dunia Dalam Bahaya UNESCO. 

Tips to go to Katedral Kõln

Equestrian Statue of Frederick Wilhelm III

Katedral Köln adalah simbol jantung kota Cologne dan telah dipilih sebagai objek wisata terbaik di Jerman. Menjadi situs warisan dunia yang tidak hanya mencolok dalam keindahannya, tetapi juga menyimpan misteri sejarah dan peninggalan berharga yang telah dilestarikan sejak zaman kuno. Tempat wisata selama ratusan tahun yang menarik lebih dari 6 juta pengunjung setiap tahunnya, Para pelancong, pencinta arsitektur, peziarah dari seluruh dunia berduyun-duyun mengunjungi katedral ini untuk melihat kuil TIga Raja, menikmati keindahan seni arsitektur gereja, dan mengikuti jejak para penziarah yang telah datang ketempat ini selama lebih dari 1.000 tahun.  

Katedral Köln buka setiap hari. Saat musim panas (Nov-Apr)  buka jam 06.00-19.30. Waktu musim dingin (Mei-Okt) buka jam 06.00-21.00. Sedangkan pada hari Minggu dan hari libur buka jam 13.00-16.30

biaya tiket tower & cathedral treasure 
Mengunjungi katedral tidak dikenakan biaya alias gratis. Kalau mau menikmati pemandangan di  skyline menara harus membayar tiket sebesar 3 euro. Jam buka dek observasi mulai dari 09.00-18.00 (waktu musim panas) dan 09.00-16.00 (waktu musim dingin)

Khusus yang ingin jelajah sembari mempelajari sejarah Katedral Köln, tamasya berbayar diselenggarakan setiap hari Senin hingga Kamis. Cukup datang ke pintu masuk utama pada waktu yang telah ditentukan. Setiap hari tersedia dua jadwal tamasya berdurasi 2 jam yakni pertama dimulai pukul 10.00 dan kedua pukul 14.00

Cara menuju ke Katedral Köln sangat mudah. Lokasinya yang terletak di dekat area stasiun kereta api Cologne mudah dijangkau dengan transportasi umum dan mobil. Jika menggunakan metro atau kereta api, turun di halte "Dom/Hauptbahnhof".  

Selamat menjelajah, see you on next journey 😘


🙋Yuk baca juga tentang Berlin di sini https://www.nunypenguin.com/2014/09/10-things-to-do-in-berlin-part-1.html


Comments

  1. Kontruksi, skyline katedral dan lonceng berayun yang menjadi indikator kelayakan katedral koln masuk kedalam situs warisan dunia, keren.. keren

    ReplyDelete
  2. Loncengnya luar biasa sampai ber ton-ton bobotnya. Semakin banyak warisan dunia, akan semakjn banyak peninggalan sejarah yang bisa dipelajari. Sama seperti Indonesia.

    ReplyDelete
  3. 632 tahun buat bangun kontruksi, lama bener, lebih dari 6 generasi baru bisa lihat hasilnya 😅 Tapi gak heran kenapa sampai disebut Situs Kontruksi Permanen. Kalau ke sana sayang ya melewatkan pemandangan dari skyline menara 😍

    ReplyDelete
  4. Langsung nafas terhenti pas baca 533 anak tangga batu. Lumayan juga untuk bisa sampai ke skyline menara. Tapi kalau melihat city view Cologne yang indah, nampaknya capai menaiki anak tangga akan terbayar lunas.

    ReplyDelete
  5. Wah baca ini aku jadi kayak belajar sejarah kak. Lihat foto fotonya betapa megahnya tempat tempat itu dan belajar sejarah tempat tempat itu. Arsitekturnya megah ya

    ReplyDelete
  6. Tercengang waktu tahu untuk membangun kontruksi memerlukan waktu 632 tahun
    gak heran sih masuk ke daftar warisan dunia by UNESCO..
    Jadi penasaran pengen lihat langsung kemegahannya. Terutama arsitekturnya.. ya ampun keren banget

    ReplyDelete
  7. WOW...itulah yg kurasakan melihat foto2 dan membaca sejarah bangunan megah ini.. Pasti bila melihatnya langsung aku akan makin kagum... Terima kasih sudah berbagi hal ini ya..

    ReplyDelete
  8. Wah bisa naek ke menara buat ngeliat pemandangan kota Cologne, tapi itu kudu ngelewatin 500an anak tangga olahraga banget ya. Tapi bakal sebanding lah ya buat observasi di skyline menaranya.

    ReplyDelete
  9. Keren banget Kak pernah ke Katedral di Jerman! Aku ikut menikmati dari blogpost mu aja udah seneng banget, emang bangunan ini tuh indah banget sih yaaaa. Bakal puas banget kalau bisa mengunjungi ini secara langsung.

    ReplyDelete
  10. Bangsa Eropa emang sangat menghargai jasa2 pembuatnya dulu. Tak terkecuali Jerman ini.

    Coba negara kita juga meniru bangsa Eropa ini dlm melestarikan peninggalan sejarah masa lampau.

    Kekuatan kerajaan kita di masa lalu juga tak kalah keren. Namun akibat perang dan minim dana restorasi, ya peninggalan masa lampau ini terpaksa kembali ditutup tanah/dibiarkan terbengkalai. Miris.

    ReplyDelete
  11. Jaman dulu mungkin karena bangunan tinggi belum banyak ya, jadinya mudah untuk kena sambaran petir. Namun sekarang, jadi keren bangunannya dan jadi destinasi wisata keren

    ReplyDelete
  12. Waktu pembangunan katedralnya cukup lama jg ya ka sampai 632 tahun dan salut dikerjakan sampai tuntas. Isi katedralnya jg bagus, thank u ka insight.y, meski gabisa kesana langsung tapi lewat blog pos ini jadi tau beberapa hal tentang katedral ini 😁

    ReplyDelete
  13. Lihat foto bangunannya, khas bgt ya unsur klasiknya ya kak. Kayak Eropa bgt juga.

    ReplyDelete
  14. Berasa ikut menikmati kathedral koln dan belajar sejarahnya. Pantesan aja bangunan bisa kokoh seperti itu, proses konntruksi aja sampe ratusan tahun. Gak heran bangunan-bangunan eropa itu epic dan berciri khas

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengurus Visa China Ternyata Hanya 4 Hari!!

Travel plan saya selanjutnya adalah mengunjungi Shanghai, Cina. Untuk dapat mengunjungi Cina, tentunya harus siap dengan visa-nya. Nah, saya mau berbagi sewaktu saya mengurus visa China :-) fresh bulan April 2012 dan ternyata sangat mudah dan simpel. Karena baru pertama kali mengurus visa sendiri, jadi saya sangat interest sekali searching informasi. Untuk website resminya bisa klik disini VISA FOR CHINA . Sebenarnya persyaratan untuk mengurus visa China tidak terlalu banyak, yuk follow my feeds dibawah ini ;-) Buka website resminya, pelajari visa apa yang mau kamu ambil dan tujuannya untuk apa, lihat di sini JENIS-JENIS VISA CHINA & PERSYARATAN  Kalau saya tujuannya untuk traveling biasa, jadi saya ambil Tourism and family visit visa (L-Visa) Isi formulir permohonan dengan lengkap , kamu bisa download  VISA APPLICATION FORM atau bisa langsung APPLY ONLINE . Kalau saya pribadi, sudah apply online, jadi isi data via online, setelah data lengkap dan tersimpan, ot

4 Rekomendasi Tempat Wisata Belanja di Shanghai

Wisata belanja di Shanghai memang tidak ada habisnya. Namun, yang paling membuat saya tertarik adalah market-market tradisionalnya, sangat unik dengan berbagai macam jajanan pasar. Berikut ini saya akan berikan  tempat belanja yang berhasil saya kunjungi selama di Shanghai yang bisa jadi referensi teman-teman. Mari follow my journey  di bawah ini ya :) Nanjing Road Nanjing Road merupakan pusat jalan perbelanjaan utama di Shanghai. Ini jalan yang panjang hingga beberapa kilometer yang saling terhubung. Terdiri dari Nanjing Rd Timur dan Nanjing Rd Barat. Nanjing Rd Timur paling dekat dengan The Bund, sedangkan Nanjing Rd Barat dekat dengan People's Square. Pada siang hari, Nanjing Road penuh menggeliat dengan riuhnya para pengunjung. Outlet-outlet disepanjang jalan menawarkan merek-merek terkenal yang tak terhitung jumlahnya dengan kualitas yang bagus tentunya. Nanjing Road memang pusat perbelanjaan modern dengan tetap menyajikan konsep tradisional. Terbukti dengan ma

Nabung di Bank BRI, Kena Pajak!!

Disini saya mau berbagi tentang pengalaman saya menabung di BRI beberapa bulan kemarin, karena saya pikir menabung di bank pemerintah seperti BRI, tidak ada banyak potongan yang macam-macam. Sebelumnya saya menabung di Bank Muamalat Syariah yang sebenarnya sudah cocok sekali dan tidak banyak memberikan potongan kepada nasabah kecuali untuk biaya administrasi yang relatif masih dibawah Rp 10ribu. Tapi karena desakan orangtua untuk di pindah ke bank pemerintah, akhirnya saya memutuskan untuk membuka rekening di Bank BRI dekat kantor saya. Pembukaan rekening saya dengan setoran Rp 600ribu. Masih di bulan yang sama,saya mentransfer setoran ke rekening BRI sebesar Rp XX.000.000,- (maaf off the record). Pada bulan berikutnya, saya mendapatkan bunga bank sebesar Rp 28.036,-. Dan saya cukup kaget ketika saya mengetahui tabungan saya dikenakan pajak yang tidak ada ketentuannya berapa persen. Yang terpotong saat itu pajaknya Rp 5.607,- belum lagi potongan administrasi sebesar Rp 10ribu.

16 Things To Do In Shanghai (Part 1 - Sightseeing Shanghai)

Salah satu tujuan trip untuk solo traveling saya yang pertama adalah Shanghai, China. Satu minggu, saya habiskan waktu hanya di kota Shanghai, dan memang tidak membuat itenary untuk mengunjungi kota lain seperti Beijing. Mungkin saya ingin lebih dekat dengan kota Shanghai, sebagai kota Metropolis dari China. Untuk penerbangan ke China, saya menggunakan Singapore Airlines,dengan tujuan Pudong International Airport. Keberangkatan pagi hari jam 09:10, transit di Singapura, dan berlanjut jam 13:00 menuju Shanghai. Lama perjalanan Singapura-Shanghai sekitar 4 jam 45 menit. Tiba di Shanghai sekitar jam 7 malam. Sedangkan kembali ke Jakarta, saya ambil keberangkatan malam hari jam 19:10 tiba di Singapura jam 01:00 dini hari. Hanya saja, transit di Singapura agak lama 5 jam, jadi lumayan buooseenin. Berlanjut penerbangan ke Jakarta pagi jam 07:00, delay satu jam dari awal jadwal 05:00 Sedangkan untuk budget cost sendiri, rasanya bukan ala backpacker :-D

Weekend Banking BCA KCP Grand Indonesia

Bagi nasabah BCA,layanan weekend banking sangat membantu dalam memudahkan nasabahnya melakukan transaksi di hari Sabtu dan Minggu. Waktu itu saya menggunakan layanan ini untuk pembukaan rekening baru. Layanan weekend banking BCA diwilayah Jakarta Selatan & Jakarta Pusat hanya dilayani di dua lokasi,yaitu KCP Grand Indonesia dan KCP Pondok Indah Mall. Layanan Weekend Banking ini buka setiap Sabtu dan Minggu (Kecuali hari libur) dari pukul 10.00-15.00 WIB.  Untuk itu, saya memilih mendatangi kantor BCA di Grand Indonesia yang masih dekat dengan kantor. Hampir saja saya salah tujuan lokasi Bank BCA. Karena layanan weekend banking BCA bukan berlokasi di Menara BCA(tepat di depan jalan utama Grand Indonesia), tapi berada di Grand Indonesia Westmall Lantai LG. Sayangnya, saya tidak bisa melakukan pembukaan rekening baru, karena kartu identitas saya beralamatkan di Depok. Layanan pembukaan rekening baru pada saat weekend hanya melayani pembukaan rekening dengan kartu identitas wil

16 Things To Do In Shanghai (Part 2 - Sightseeing Shanghai)

Pada Part 1 yaitu tempat-tempat menarik untuk dikunjungi selama di Shanghai , saya sudah memberikan 5 tempat menarik di Shanghai. Nah, berlanjut di Part 2, masih sama, rekomendasi tempat-tempat menarik seperti temple, mesjid, garden, dan gedung tertinggi, dan arena. Follow my journey  di bawah ini ya 😄  6. Yu Yuan Garden and Bazaar Yu Yuan Garden adalah taman paling terkenal di Shanghai. Terletak di jantung Kota Tua Shanghai, dan salah satu tempat wisata paling menarik dan menjadi pusat kunjungan para turis di Shanghai.  Dekat dengan Yu Yuan Garden dapat ditemui pasar dengan sederetan outlet-outlet, rumah makan, yang menjual berbagai macam produk, mulai dari souvenir, pakaian, makanan khas, dan lain-lain. Suasananya rame betul, belum lagi bangunan-bangunan sekitar pasar yang terlihat sangat klasik khas tradisional China. Harga souvenir di sini relatif murah, mulai dari harga 5 RMB-90 RMB tergantung dari jenis souvenir. Untuk produk baju harganya bisa diatas 100 RMB.

16 Things To Do In Shanghai (Part 3 - Sightseeing Shanghai)

Masih berlanjut dari Part 1 dan Part 2 tentang tempat-tempat apa saja sih yang bisa dikunjungi dan menarik di Shanghai. Dan pada bagian terakhir ini yaitu Part 3, tempat menarik lainnya diantaranya makam nasional, masih seputar temple, tengok kebon binatang ala Shanghai, jajal penasaran naik gedung tertinggi di Shanghai. Yuk, checkidot di follow my journey 😃 11. Longhua Pagoda & Longhu Temple Longhu Temple Temple kali ini yang saya datangi berada jauh dari pusat kota Shanghai. Saya menggunakan taksi untuk menuju ke temple ini, daerah tempat ini memang jarang dikunjungi untuk para turis untuk hari-hari biasa, terkecuali mereka yang ingin bersembahyang atau ada kegiatan perayaan. Temple ini berada persis di samping pembangunan gedung bertingkat. Dan katanya, temple ini termasuk temple tertua di Shanghai. Terletak di Jalan Longhua sebelah selatan kota. Longhua Park terkenal dengan Longhua Temple dan Longhua Pagoda. Longhua Temple adalah kuil tertua di Shanghai y

Jalan-jalan ke Singapura ala Backpackers

Nuny & Neni This is me and my best friend, Neni. Beberapa waktu lalu, kami berdua backpacking ke Singapura. Jadi, memang kami siapkan sendiri, mulai dari beli tiket penerbangan sampai reservasi hostel. Banyak hal yang menarik selama 2 hari berada di Singapura, mulai dari bermalam di Changi Airport,sampai ketempat-tempat wisata,seperti Resort Island Sentosa. Berbagi cerita, semoga bisa memberikan informasi yang menyenangkan :) Mengurus Tiket dan Reservasi Penginapan Saat ini t iket penerbangan ke Singapura sangat mudah didapat,banyak airlines yang menyediakan jadwal penerbangan ke Singapura bahkan dengan harga promo yang sangat murah. Diantaranya ada Mandala Airlines, Air Asia Airlines, Batavia Air,Tiger Airways, Lion Air. www.thehivebackpackers.com Untuk reservasi penginapan,cukup mudah. Di Singapura banyak tersedia pilihan penginapan dari hostel backpackers sampai hotel berbintang. Salah satu hostel tujuan saya adalah The Hive Backpackers,yang t

4D3N Backpacking Malaysia Singapore Part 1 (Living in Chinatown Kuala Lumpur)

Setelah menyesuaikan waktu perjalanan dengan jadwal libur kami. Saya bersama sahabat saya, Ms. Neni berencana untuk  melakukan backpacking kembali. Tempat yang kami tuju masih dekat yaitu Malaysia dan Singapura. Perjalanan selama empat hari, kami mengunjungi Malaysia 2 hari 2 malam, dan Singapore 2 hari 1 malam. Ada banyak cerita menarik yang dapat dibagikan, termasuk juga beberapa tips bagi yang ingin berjalan-jalan hemat,tapi ngga ketinggalan untuk berkeliling tempat-tempat menarik di negara tujuan. Nuny & Neni Tiket Penerbangan Pulang-Pergi  Untuk penerbangan kali ini saya menggunakan jasa penerbangan Air Asia dan JetStar. Seperti diketahui Air Asia adalah pesawat asal Malaysia, dengan memanfaatkan tiket promo-nya, lumayan bisa mengurangi budget travel . Meskipun kami harus berangkat 3 bulan sesudahnya dari sejak diberlakukannya tiket promo :). Untuk penerbangan Air Asia dengan rute Jakarta - Kuala lumpur (tiket Rp 279ribu include tax airport) dan Kuala lump