Skip to main content

Tertarik Bisnis Kuliner Rumahan? Cari Resep Ide Jualannya Pakai Yummy App Aja!

Di masa pandemi Covid-19, bisnis kuliner rumahan dianggap memiliki potensi besar. Perilaku konsumen telah mengalami perubahan dalam mengonsumsi produk dan layanan di fase adaptasi kebiasaan baru (AKB). Selama menjalani masa Pembatasan Sosial Berskala Besar, dan sekarang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), sebagian besar masyarakat lebih memilih makan dirumah, atau memesan makanan secara online daripada datang langsung ke restoran. Efek pandemi juga menyebabkan permintaan terhadap produk makanan sehat semakin meningkat. Sehingga bagi sebagian orang yang punya hobi memasak dan membuat kue di rumah, mulai menjual produk makanannya ke group komunitas atau secara online melalui media sosial dan aplikasi layanan pesan antar makanan. 

Dengan potensi ini, bisnis kuliner rumahan bisa menjadi pilihan peluang usaha untuk kembali bangkit secara ekonomi di fase AKB. Untuk mulai bisnisnya pun tidak memerlukan investasi yang besar dan selalu ada pasar untuk produk makanan yang lezat.

Namun, sebelum memulai bisnis kuliner rumahan, ada hal-hal yang perlu diperhatikan yakni

  1. Pilih jenis kuliner rumahan yang tepat. Untuk itu, perlu dilakukan riset sederhana dengan mengamati jenis makanan rumahan yang selama ini dijual di pasaran.  
  2. Memiliki pengetahuan proses pembuatan makanan yang dipilih. Jenis makanan beragam, maka perlu mengetahui bagaimana cara pembuatannya agar sesuai dengan rencana bisnis. 
  3. Utamakan kualitas dan rasa. Karena kuliner adalah bisnis makanan, jadi soal rasa tidak pernah bohong!. Bila makanannya enak, pasti pembeli akan kembali berdatangan. Selain itu, kualitas nutrisi dan kebersihan produk harus dijaga, apalagi di masa pandemi, orang banyak yang semakin peduli dengan kesehatan. 
  4. Tonjolkan ciri khas sendiri. Bersaing di bisnis kuliner tentu tidak mudah sebab pesaing memang banyak. Maka, perlu menonjolkan ciri khas kuliner baik tampilan, rasa maupun kemasan yang dimiliki agar menjadi pembeda dengan produk pesaing. 

Lalu, bagaimana mendapatkan solusi agar tercapai keempat poin tersebut?. Tidak perlu bingung, pakai saja aplikasi memasak Yummy App yang dapat memberikan inspirasi menu bernilai jual untuk bisnis kuliner rumahan secara lengkap, informatif  dan inovatif. 

Nah, mau tau seperti apakah Yummy App beserta fitur-fitur terbaiknya dan keunggulannya bagi pemula bisnis kuliner rumahan, berikut ini ulasannya ☺️

Aplikasi Yummy itu apa?

Yummy adalah multi-platform food-focused digital media yang membahas mengenai resep, tutorial, tips & trick memasak yang berdiri sejak tahun 2016 di bawah naungan IDN Media. Aplikasi ini juga menghadirkan konten-konten seputar dunia memasak di social media pada Facebook “Yummy Indonesia” dan Instagram @yummy.idn

Yummy App merupakan aplikasi memasak berbahasa Indonesia yang memiliki jutaan resep dari chef Indonesia.  Cara menggunakan aplikasi Yummy App ini tergolong mudah dengan fitur-fitur yang lengkap untuk menunjang kegiatan masak memasak. Selain itu, tampilan yang disuguhkan aplikasi ini rapi, atraktif, dengan warna yang cerah dan menarik. Kehadiran aplikasi memasak Yummy App sesuai dengan visinya yakni diharapakan dapat membantu generasi millennial dan Gen Z di Indonesia untuk memasak apa saja dengan mudah.

Bagaiman cara mendaftar akun di Yummy App? 

Aplikasi Yummy App, tersedia secara gratis dengan mendownload di Google Play Store 'Yummy App by IDN" atau App Store "Yummy App-Resep Masakan". Melakukan pendaftaran akun cukup mudah, bisa mendaftar menggunakan email, atau akun google serta akun facebook. Pengguna yang berhasil mendaftar akun di Yummy App, automatically mendapat sebutan chef, kemudian mulailah menjelajahi aneka resep masakan yang ada di aplikasi 

Apa saja fitur terbaik di Yummy App?

Bukan sekedar aplikasi memasak biasa, Yummy App menghadirkan fitur-fitur terbaik dan terlengkap yang dapat meningkatkan kreatifitas memasak. Tampilan fiturnya menarik yang support untuk perangkat mobile, gambar berkualitas HD, kategori masakan yang tersusun rapi, detail resep masakan dengan porsi yang tersedia, kategori masakan yang tersusun rapi. Dibawah ini diantara tiga fitur utama yang dapat di eksplor di Yummy App:

Tidak perlu bingung lagi kalau mau masak dengan bahan seadanya dirumah. Aplikasi ini juga menawarkan kemudahan dalam mencari dan memilih resep masakan berdasarkan bahan yang dimiliki pada fitur Masak . Untuk memanfaatkan fitur ini, pengguna hanya perlu menekan ikon tanda "Masakyang ada di navigasi bawah halaman awal. Kemudian,  memilih bahan makanan yang terdapat di daftar pilih bahan. Hasil pencarian akan memberikan rekomendasi resep masakan sesuai bahan yang dipilih. Pengguna dapat menambahkan resep yang diinginkan ke dalam menu Favorit sehingga dapat menemukan dengan mudah saat akan memasak kembali.  

  • Fitur Upload Resep

Bagi yang gemar memasak, aplikasi ini menyediakan fitur Tulis Resep yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna untuk menulis resep masakan sendiri termasuk kreasi menu favorit. Nantinya, kreasi resep masakan yang terpublish ,mendapatkan uang tambahan sebesar 10ribu rupiah atau setara 100 Yummy Point, selain menjadi contekan para pengguna lain yang ingin mempraktikkan.

  • Fitur Filter Resep

Kita pasti pernah berpikir mau masak apa hari ini, dan seringkali memilih menu makanan yang mau di masak membuat bingung, apalagi kalau sudah tanggal-tanggal tua. Kendati demikian, fitur aplikasi Filter Resep memudahkan penggunanya menemukan resep-resep masakan berdasarkan budget, durasi memasak, dan porsi yang tersedia, Untuk filter budget start kurang dari Rp 10.000,-. Jadi, No Worry, kalau tanggal tua, tetap bisa masak dan makan enak!. 

Selain tiga fitur utamanya, pada halaman utama "Home" terdapat  kolom-kolom menu yang menarik untuk dijelajahi, diantaranya:

  • Cari Resep, memudahkan mencari resep masakan sesuai kebutuhan. 
  • Trending, menyajikan kumpulan resep masak yang menjadi trending terkini. 
  • Event & Promosi, memberikan informasi seputar agenda-agenda event yang diadakan oleh Yummy App, info tips & trick kuliner, dan lainnya
  • Akun Official, menampilkan akun resmi dari sponsor, beberapa chef ternama, publik figur, dan food enthusiast yang sudah memiliki ratusan resep dan pengikut.
  • Kreasi Makanan Ala Korea, berbagai koleksi ide resep masak Korean yang hits dan banyak digemari.
  • Resep Ide Jualan, Dijamin laku!, berisi ragam olahan bernilai jual untuk bisnis kuliner rumahan.
  • Rekomendasi, aneka resep-resep masakan yang paling banyak di recook serta mendapatkan rating terbaik

Apa saja keunggulan Yummy App?

Memenuhi keempat poin yang perlu diperhatikan dalam memulai bisnis kuliner, sebenarnya Yummy App memiliki keunggulan yang dapat menjadi solusi, yaitu:

  • Resep masakan lengkap dengan berbagai pilihan kategori masakan yang dapat dipilih, untuk memudahkan menentukan jenis kuliner yang tepat dijadikan bisnis. Dengan menggunakan menu kolom “Cari Resep”, kemudian pilih Filter Resep ”Kategori”, dan dapatkan rekomendasi resep-resep jenis kuliner sesuai kebutuhan. Fitur lainnya, ide makanan bernilai jual bisa langsung di lihat di menu kolom Resep Ide Jualan, Dijamin Laku! Yang terdapat di halaman awal.
  • Budget resep masakan mulai dari Rp 10.000,- saja. Memilih jenis kuliner yang tepat butuh riset untuk menguji resep apakah sudah memilik rasa yang enak dan layak jual. Di Yummy App, tersedia ragam resep ide jualan yang dapat di praktikan tanpa keluar biaya besar,  budget mulai dari Rp 10ribu aja.
  • Sarana belajar yang komplit untuk meningkatkan skill dan pengetahuan dalam memasak. Kalau punya ide makanan tapi ngga punya pengetahuan untuk memasaknya, kan sayang banget ya!. Karena ini sangat penting untuk berkreatifitas membuat inovasi produk baru. Dengan mengandalkan Yummy App masak apa saja jadi lebih mudah. Instruksi yang ditampilkan sederhana dan ringkas, serta  dilengkapi dengan video tutorial cara memasak, sehingga mudah dipahami bagi pengguna yang baru belajar memasak. Selain itu terdapat tips-tips seputar memasak yang dapat dilihat di fitur filter Kategori "Yummy Tips".
  • Mendapatkan informasi seputar tips & tricks bisnis kuliner yang dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan dalam menjalankan bisnis. 
  • Berkesempatan mengikuti kelas memasak online secara gratis yang bermanfaat untuk meningkatkan skill dan pengetahuan memasak. 
  • Berkesempatan bergabung di group komunitas terbesar di Indonesia. Melalui wadah "Yummy App Community”. memfasilitasi para member komunitas untuk saling berkomunikasi dan berdiskusi seputar dunia memasak dan kuliner yang tergabung dalam group whatsapp. 
  • Berkesempatan mendapatkan uang tambahan dari menulis resep dan program referral.

Recook Resep Ide Jualan ala Yummy App 

Poin utama memulai bisnis kuliner rumahan adalah menentukan jenis makanan yang tepat untuk ditawarkan. Tetapi, bagi pemula seringkali  mengalami kesulitan untuk menemukan ide resep kuliner yang cocok, ditambah harus memikirkan biaya yang dikeluarkan buat riset resep agar mendapatkan rasa yang enak dan layak jual.

Dengan aplikasi Yummy App sudah tidak perlu resah lagi dengan persoalan pusing cari ide resep. Soalnya Yummy App sudah menyediakan kolom khusus untuk resep makanan bernilai jual yang pas buat bisnis kuliner rumahan. 

Fitur kolom Resep Ide Jualan terdapat di halaman Home Yummy App, tinggal scroll ke bagian bawah aja. Di kolom Resep Ide Jualan berisi beragam resep-resep masakan yang dilengkapi dengan video tutorial tahapan cara pembuatan. Namun, jika sudah memiliki ide makanan yang mau di buat dan kepingin nambah inspirasi, dapat menggunakan fitur "Cari Resep", kemudian ketik jenis makanan yang di cari. Gunakan fitur "Filter Resep", jika ingin meringkas pencarian berdasarkan budget, kategori, durasi, dan porsi.

Sebagai review-nya, saya lakukan recook untuk dua resep yang ada di kolom Resep Ide Jualan dan menguji hasil masakan kepada keluarga dan tetangga untuk mendapatkan feedback.

a. Roti Susu Jepang Empuk

Salah satu bisnis kuliner rumahan yang bisa dijadikan peluang adalah tren makanan roti. Jenis makanan ini banyak diminati dan dikonsumsi sehari-sehari dengan harga yang terjangkau. Selain rasanya yang nikmat, aromanya yang harum, roti juga mengandung nilai nutrisi yang tinggi apalagi jika ditambahkan bahan pelengkap lainnya sesuai selera seperti sayuran, keju, meses, dan ham. Sangat mengenyangkan dan menyehatkan!. Sajian roti yang lagi viral sekarang adalah Roti Susu Jepang yang katanya nih memiliki tekstur sangat lembut, mengembang montok, dan beraroma milky susu. 

Pada menu Resep Ide Jualan ala Yummy App ada nih cara membuat Roti Susu Jepang berikut dengan video tutorialnya. Bahan yang digunakan juga sangat sederhana lho yaitu: 250 gr tepung protein tinggi, 30 gr mentega, 30 gula pasir, 3 gr garam, 180 ml susu cair, 5 gr ragi instant.  Estimasi budget yang dikeluarkan Rp 15.000,-, dengan durasi memasak sekitar 25 menit, dan porsi untuk 4-6 orang. Dibawah ini hasil recook-nya :)

Saya menguji resep kepada keluarga di rumah, dan family yang tidak tinggal satu rumah, rentang usia dewasa dan anak-anak. Kalau dari feedback yang disampaikan, mengatakan rotinya enak, persis sama dengan yang dijual di luar. Berarti cocok nih buat ide bisnis kuliner di rumah ๐Ÿ‘. Lihat resep selengkapnya ada di link https://app.yummy.co.id/6et4UGimCbUoHdhk8

b. Otak-Otak Tahu

Kudapan makanan yang juga sangat digemari orang Indonesia diantaranya otak-otak. Panganan khas Palembang ini biasanya di buat dengan menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan utama pembuatan otak-otak. Namun, semakin  banyak yang berkreasi otak-otak dengan bahan utama selain ikan tenggiri, sehingga harga jualnya pun lebih terjangkau, khususnya kalau konsumennya anak-anak sekolah. 

Seperti ide resep jualan ala Yummy App yang juga menyajikan kreasi olahan otak-otak berbahan utama tahu. Yup, tahu loh gaes :) , lebih murah, kaya nutrisi dan bisa dimakan oleh vegetarian juga. Bahan-bahan lainnya kurang lebih sama dalam pembuatan otak-otak. Tahapan masaknya sudah di pandu dengan video tutorial, mudah masaknya hanya 5 langkah. Baca resep selengkapnya silahkan klik link  https://app.yummy.co.id/4b84yCtyYQsZMN35A.   Dibawah ini hasil recook Otak-Otak Tahu.

Biaya yang dikeluarkan sekitar 20ribu, dan bisa menghasilkan 30 potong otak-otak. Dari hasil uji rasa ke keluarga dirumah dan tetangga, mengatakan rasanya enak dengan cocolan saus sambal. Kalau sepupu saya mencampurkan dengan membuat kuah pempek, katanya rasanya jadi lebih nikmat. Jadi, cocok ya resep ini buat memulai bisnis kuliner dengan biaya yang tidak besar๐Ÿ‘

Bagaimana sudah terbayang kan mau bikin apa  buat bisnis kuliner di rumah, apalagi kalau cari resep ide jualannya di Yummy App, sudah ngga perlu bingung-bingung lagi deh. Jangan ragu untuk mulai bisnis kuliner rumahan, pilihlah yang mudah untuk pertama kali dengan investasi yang tidak besar, dan terakhir jangan mudah menyerah, teruslah berinovasi. Selamat mencoba ๐Ÿ™‚! 







Comments

  1. Sekarang ngga ada ceritanya ngga bisa masak. Lha tinggal buka aplikasi Yummy App, lihat tutorialnya, beres. Asal membacanya dengan teliti & mengerjakannya secara rapi, semua menu masakan di aplikasi itu akan jadi.

    Jadi pingin usaha makanan rumahan jg nih๐Ÿ˜✌

    ReplyDelete
  2. Masa sekarang ini harus pintar putar otak dalam mencari tambahan uang jajan yah, salah satunya dengan berjualan makanan. Aplikasi ini membantu banget mencari inspirasi resep enak nih, mantap juga ya!

    ReplyDelete
  3. Yummy App ini keren banget, bukan sekadar aplikasi resep dengan fitur untuk ide masak, tapi juga lebih jauh untuk ide bisnis kuliner, bahkan bisa posting resep buatan sendiri sehingga bisa berbagi ide. Invoasi kreatif yang belum ada di aplikasi lainnya.

    ReplyDelete
  4. Setuju banget sama point 3 karna, packaging yang bagus tanpa kualitas dan rasa akan kalah dengan produk makanan yang kualitas dan rasanya juara..

    ReplyDelete
  5. pandemi seperti ini ternyata yang terus menggeliat adalah bisnis kuliner rumahan
    senang ya ada aplikasi Yummy App yang membantu ide resep kuliner rumahan

    ReplyDelete
  6. Aku suka bgt sm aplikasi masak2 semacam Yummy Apps ini deh. Secara aku newbie bgt dlm dunia masak-memasak. Beruntung jaman skrg udh gak usah malu lg klo gak bisa masak, krn ada Yummy Apps ini.

    ReplyDelete
  7. Mulai Januari 2021 ini aku juga mulai bisnis kroket, risol mayo, risol sayur, dan sosis solo. Demi memenuhi ekonomi yang sedang tidak baik-baik saja..

    ReplyDelete
  8. Pakai YummyApp itu asiknya bisa cari resep yang sesuai dengan stok kulkas di rumah hehe. Udah gitu bisa disesuaikan juga waktunya

    ReplyDelete
  9. Dulu aku pernah jualan Hotang (Hotdong Kentang) pas praktik kuliah Kewirausahaan.
    Nah, resepnya aku cari di Yummy Apps.

    Sekarang bisa memasak itu bukan lagi hal mustahil, apalagi untuk aku pekerja kantoran nyambi freelance yang jarang banget bisa belajar masak ala ala emak.

    Tapi kalau lagi pengen masak, aku biasanya cari referensinya di Yummy App, mau bikin appetizer - desert semua ada..

    ReplyDelete
  10. jadi ingat, dulu waktu saya mau usaha pempek, saya lihat resepnya di yummy. dan emang enak sih, karena referensi resepnya kan banyak ya, jadi saya coba satu - satu sampai ketemu yang enak

    ReplyDelete
  11. Aku baru sekitar 1 bulanan ini download dan pakai aplikasinya. Memang membantu sekali sih buat aku improve skill masak jua. Biar tambah variatif lagi makanan yang dibikin.

    ReplyDelete
  12. Saya banget nih Mbak yang kalau punya bisnis nanti maunya bisnis kuliner. :)
    Udah tau beberapa tahun terakhir ini tentang Yummy App, tapi belum pernah download aplikasinya. Nanti saya coba deh, siapa tau ketemu ide-ide bisnis kuliner yang cuan ya. Hehe.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengurus Visa China Ternyata Hanya 4 Hari!!

Travel plan saya selanjutnya adalah mengunjungi Shanghai, Cina. Untuk dapat mengunjungi Cina, tentunya harus siap dengan visa-nya. Nah, saya mau berbagi sewaktu saya mengurus visa China :-) fresh bulan April 2012 dan ternyata sangat mudah dan simpel. Karena baru pertama kali mengurus visa sendiri, jadi saya sangat interest sekali searching informasi. Untuk website resminya bisa klik disini VISA FOR CHINA . Sebenarnya persyaratan untuk mengurus visa China tidak terlalu banyak, yuk follow my feeds dibawah ini ;-) Buka website resminya, pelajari visa apa yang mau kamu ambil dan tujuannya untuk apa, lihat di sini JENIS-JENIS VISA CHINA & PERSYARATAN  Kalau saya tujuannya untuk traveling biasa, jadi saya ambil Tourism and family visit visa (L-Visa) Isi formulir permohonan dengan lengkap , kamu bisa download  VISA APPLICATION FORM atau bisa langsung APPLY ONLINE . Kalau saya pribadi, sudah apply online, jadi isi data via online, setelah data lengkap dan tersimpan, ot

4 Rekomendasi Tempat Wisata Belanja di Shanghai

Wisata belanja di Shanghai memang tidak ada habisnya. Namun, yang paling membuat saya tertarik adalah market-market tradisionalnya, sangat unik dengan berbagai macam jajanan pasar. Berikut ini saya akan berikan  tempat belanja yang berhasil saya kunjungi selama di Shanghai yang bisa jadi referensi teman-teman. Mari follow my journey  di bawah ini ya :) Nanjing Road Nanjing Road merupakan pusat jalan perbelanjaan utama di Shanghai. Ini jalan yang panjang hingga beberapa kilometer yang saling terhubung. Terdiri dari Nanjing Rd Timur dan Nanjing Rd Barat. Nanjing Rd Timur paling dekat dengan The Bund, sedangkan Nanjing Rd Barat dekat dengan People's Square. Pada siang hari, Nanjing Road penuh menggeliat dengan riuhnya para pengunjung. Outlet-outlet disepanjang jalan menawarkan merek-merek terkenal yang tak terhitung jumlahnya dengan kualitas yang bagus tentunya. Nanjing Road memang pusat perbelanjaan modern dengan tetap menyajikan konsep tradisional. Terbukti dengan ma

Nabung di Bank BRI, Kena Pajak!!

Disini saya mau berbagi tentang pengalaman saya menabung di BRI beberapa bulan kemarin, karena saya pikir menabung di bank pemerintah seperti BRI, tidak ada banyak potongan yang macam-macam. Sebelumnya saya menabung di Bank Muamalat Syariah yang sebenarnya sudah cocok sekali dan tidak banyak memberikan potongan kepada nasabah kecuali untuk biaya administrasi yang relatif masih dibawah Rp 10ribu. Tapi karena desakan orangtua untuk di pindah ke bank pemerintah, akhirnya saya memutuskan untuk membuka rekening di Bank BRI dekat kantor saya. Pembukaan rekening saya dengan setoran Rp 600ribu. Masih di bulan yang sama,saya mentransfer setoran ke rekening BRI sebesar Rp XX.000.000,- (maaf off the record). Pada bulan berikutnya, saya mendapatkan bunga bank sebesar Rp 28.036,-. Dan saya cukup kaget ketika saya mengetahui tabungan saya dikenakan pajak yang tidak ada ketentuannya berapa persen. Yang terpotong saat itu pajaknya Rp 5.607,- belum lagi potongan administrasi sebesar Rp 10ribu.

16 Things To Do In Shanghai (Part 1 - Sightseeing Shanghai)

Salah satu tujuan trip untuk solo traveling saya yang pertama adalah Shanghai, China. Satu minggu, saya habiskan waktu hanya di kota Shanghai, dan memang tidak membuat itenary untuk mengunjungi kota lain seperti Beijing. Mungkin saya ingin lebih dekat dengan kota Shanghai, sebagai kota Metropolis dari China. Untuk penerbangan ke China, saya menggunakan Singapore Airlines,dengan tujuan Pudong International Airport. Keberangkatan pagi hari jam 09:10, transit di Singapura, dan berlanjut jam 13:00 menuju Shanghai. Lama perjalanan Singapura-Shanghai sekitar 4 jam 45 menit. Tiba di Shanghai sekitar jam 7 malam. Sedangkan kembali ke Jakarta, saya ambil keberangkatan malam hari jam 19:10 tiba di Singapura jam 01:00 dini hari. Hanya saja, transit di Singapura agak lama 5 jam, jadi lumayan buooseenin. Berlanjut penerbangan ke Jakarta pagi jam 07:00, delay satu jam dari awal jadwal 05:00 Sedangkan untuk budget cost sendiri, rasanya bukan ala backpacker :-D

Weekend Banking BCA KCP Grand Indonesia

Bagi nasabah BCA,layanan weekend banking sangat membantu dalam memudahkan nasabahnya melakukan transaksi di hari Sabtu dan Minggu. Waktu itu saya menggunakan layanan ini untuk pembukaan rekening baru. Layanan weekend banking BCA diwilayah Jakarta Selatan & Jakarta Pusat hanya dilayani di dua lokasi,yaitu KCP Grand Indonesia dan KCP Pondok Indah Mall. Layanan Weekend Banking ini buka setiap Sabtu dan Minggu (Kecuali hari libur) dari pukul 10.00-15.00 WIB.  Untuk itu, saya memilih mendatangi kantor BCA di Grand Indonesia yang masih dekat dengan kantor. Hampir saja saya salah tujuan lokasi Bank BCA. Karena layanan weekend banking BCA bukan berlokasi di Menara BCA(tepat di depan jalan utama Grand Indonesia), tapi berada di Grand Indonesia Westmall Lantai LG. Sayangnya, saya tidak bisa melakukan pembukaan rekening baru, karena kartu identitas saya beralamatkan di Depok. Layanan pembukaan rekening baru pada saat weekend hanya melayani pembukaan rekening dengan kartu identitas wil

16 Things To Do In Shanghai (Part 2 - Sightseeing Shanghai)

Pada Part 1 yaitu tempat-tempat menarik untuk dikunjungi selama di Shanghai , saya sudah memberikan 5 tempat menarik di Shanghai. Nah, berlanjut di Part 2, masih sama, rekomendasi tempat-tempat menarik seperti temple, mesjid, garden, dan gedung tertinggi, dan arena. Follow my journey  di bawah ini ya ๐Ÿ˜„  6. Yu Yuan Garden and Bazaar Yu Yuan Garden adalah taman paling terkenal di Shanghai. Terletak di jantung Kota Tua Shanghai, dan salah satu tempat wisata paling menarik dan menjadi pusat kunjungan para turis di Shanghai.  Dekat dengan Yu Yuan Garden dapat ditemui pasar dengan sederetan outlet-outlet, rumah makan, yang menjual berbagai macam produk, mulai dari souvenir, pakaian, makanan khas, dan lain-lain. Suasananya rame betul, belum lagi bangunan-bangunan sekitar pasar yang terlihat sangat klasik khas tradisional China. Harga souvenir di sini relatif murah, mulai dari harga 5 RMB-90 RMB tergantung dari jenis souvenir. Untuk produk baju harganya bisa diatas 100 RMB.

16 Things To Do In Shanghai (Part 3 - Sightseeing Shanghai)

Masih berlanjut dari Part 1 dan Part 2 tentang tempat-tempat apa saja sih yang bisa dikunjungi dan menarik di Shanghai. Dan pada bagian terakhir ini yaitu Part 3, tempat menarik lainnya diantaranya makam nasional, masih seputar temple, tengok kebon binatang ala Shanghai, jajal penasaran naik gedung tertinggi di Shanghai. Yuk, checkidot di follow my journey ๐Ÿ˜ƒ 11. Longhua Pagoda & Longhu Temple Longhu Temple Temple kali ini yang saya datangi berada jauh dari pusat kota Shanghai. Saya menggunakan taksi untuk menuju ke temple ini, daerah tempat ini memang jarang dikunjungi untuk para turis untuk hari-hari biasa, terkecuali mereka yang ingin bersembahyang atau ada kegiatan perayaan. Temple ini berada persis di samping pembangunan gedung bertingkat. Dan katanya, temple ini termasuk temple tertua di Shanghai. Terletak di Jalan Longhua sebelah selatan kota. Longhua Park terkenal dengan Longhua Temple dan Longhua Pagoda. Longhua Temple adalah kuil tertua di Shanghai y

Pengalaman Buyback LM di Butik Emas Gd. Antam Simatupang

Yang pertama memang selalu terasa spesial. Hari ini ceritanya melepas logam mulia pertama yang saya beli tahun 2017. Hasil nabung dari sisa gaji bulanan, di belikan LM. Ngga punya pengalaman beli-beli LM, dan berujung beli online di website toko perhiasan. Logam mulia klasik yang sertifikatnya masih terpisah, seberat 10 gram, seharga Rp 5.698.000,-. Itupun masih numpang simpen dulu di toko karena masih dapat free brankas, dan baru dikirim satu bulan kemudian via JNE.  Ngga berasa udah 5 tahun aja, ini LM bersemayam di laci lemari. Masih terbungkus dalam amplop hijau diselimuti lembar kuitansi pembelian. Sebenarnya belum butuh-butuh amat untuk menjual LM, tapi mengingat mau buat modal usaha. Setelah dipandang, dipikir dan diputuskan, harus rela melepas LM pertamaku dari genggaman๐Ÿฅบ. Browsing kira-kira dimana tempat yang oke buat buyback LM. Kalau mau gampang, bisa aja sih jual di toko emas atau butik jewellery. Pernah iseng tanya ke toko emas (yang ngga jualan LM), eh malah LM-nya dihar

Jalan-jalan ke Singapura ala Backpackers

Nuny & Neni This is me and my best friend, Neni. Beberapa waktu lalu, kami berdua backpacking ke Singapura. Jadi, memang kami siapkan sendiri, mulai dari beli tiket penerbangan sampai reservasi hostel. Banyak hal yang menarik selama 2 hari berada di Singapura, mulai dari bermalam di Changi Airport,sampai ketempat-tempat wisata,seperti Resort Island Sentosa. Berbagi cerita, semoga bisa memberikan informasi yang menyenangkan :) Mengurus Tiket dan Reservasi Penginapan Saat ini t iket penerbangan ke Singapura sangat mudah didapat,banyak airlines yang menyediakan jadwal penerbangan ke Singapura bahkan dengan harga promo yang sangat murah. Diantaranya ada Mandala Airlines, Air Asia Airlines, Batavia Air,Tiger Airways, Lion Air. www.thehivebackpackers.com Untuk reservasi penginapan,cukup mudah. Di Singapura banyak tersedia pilihan penginapan dari hostel backpackers sampai hotel berbintang. Salah satu hostel tujuan saya adalah The Hive Backpackers,yang t