Skip to main content

Kisah Sukses Nanang Suherman, Dulu Loper Koran Kini Pengusaha Ayam Goreng Nelongso

Bagi penikmat kuliner Depok, mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Ayam Goreng Nelongso. Kuliner berbahan dasar ayam ini tengah populer karena harganya yang super murah, menjadi primadona khususnya kalangan mahasiswa. Bagaimana tidak? Spanduk di rumah makan ini menawarkan makan ayam goreng nelongso + nasi = Rp 5.000. Sangat menggiurkan bukan! Mau makan ayam goreng, tapi tetep hemat di kantong. 

Dan ternyata, tidak hanya olahan ayam goreng saja yang disajikan di sini,  beragam menu ditawarkan seperti bebek goreng, bebek bakar dan aneka olahan ikan goreng. Tidak ketinggalan varian sambal yang menjadi ciri khas dan rasanya makyuus pedasnya👍. Ada lebih dari 8 jenis sambal yang bisa dijadikan cocolan saat bersantap, diantaranya ada sambal ebi, sambal teri, sambal mangga muda, sambal korek pedas dan lainnya. Hmmm, bikin ngiler ya 😋.

instagram @nanang_anakbaik

Tapi tahukah kalau kuliner Ayam Goreng Nelongso sebenarnya sudah di kenal lebih dulu di Kota Malang. Pemiliknya membuka pertama kali di kota Malang sejak tahun 2013 dan semakin sukses hingga memiliki 71 cabang yang tersebar di berbagai kota besar. DIbalik kesuksesan Ayam Goreng Nelongso, sosok sang pemilik menjadi sorotan, lantaran kegigihannya dan ketekunannya dalam membangun usaha kuliner ini. 

Ia adalah Nanang Suherman. Pria kelahiran Probolinggo, 5 Januari 1987 merupakan pengusaha muda yang sukes berbisnis kuliner. Bukan tanpa kendala, banyak lika liku yang beliau hadapi dalam perjuangannya berbisnis sebelum akhirnya membanting setir ke dunia kuliner yang kini membesarkan namanya. Lalu seperti apa cerita selengkapnya dari sosok pengusaha besar tersebut? Berikut ulasannya ☺️

Berasal Dari Keluarga Sederhana

Tinggal di sebuah kota kecil tepatnya di Pajarakan, Probolinggo, sosok Nanang Suherman merupakan anak lelaki tunggal yang berasal dari keluarga sederhana. Kendati merasakan kemiskinan semasa kecil, Nanang tumbuh menjadi pemuda yang penuh mimpi dan ambisi. Ia bertekad untuk dapat melanjutkan kuliah meski sang ibu kurang mendukung karena keterbatasan biaya. 

Sayangnya, Nanang harus putus kuliah di semester awal sebab orang tua sudah tidak lagi dapat membiayai kuliah dan memintanya kembali pulang. Namun, Nanang bersikukuh untuk memilih tetap tinggal dan mencari kehidupan sendiri di Malang. 

Mengawali Bisnis Mulai Loper Koran Sampai Biji Plastik

Tahun 2005 adalah pertama kalinya ia menginjakkan kaki di Malang. Demi menyambung hidup dan membiayai kuliah, ia harus mengambil keputusan besar untuk mulai bekerja. Beruntung, ia memiliki teman yang menjadi agen loper koran. Ia lalu mengulak koran dan temannya dan mulai berjualan di lampu merah Dinoyo. Kendati yang ia lakukan mendapatkan cibiran dan hinaan dari sanak saudara yang malu melihatnya berjualan koran, Nanang tidak memperdulikan. Sebab ia sudah memiliki mindset  ingin mencapai agen loper koran. 

“Saya atur bisnis itu, saya tabung hasilnya, dah bener. 4 bulan saya sudah punya 3 orang karyawan dan saya sudah scaling up menjadi agen loper koran. Jadi saya sudah punya gerobak di beberapa titik. Ya kalau sudah ada gerobak di beberapa titik, itu biasanya musuhnya adalah satpol pp. Dan ternyata bener gerobak-gerobak saya banyak dihancurin sama mereka. Itu adalah bisnis pertama, berkembang sampai saya habis di loper koran” ujarnya pada sebuah video yang diunggah pada kanal YouTube Pecah Telur 

Nanang kemudian mencoba peruntungan di bisnis lainnya mulai dari menjadi sales komputer hingga bisa membuka toko komputer sendiri dan memenangkan beberapa projek pemerintahan saat itu. Kemudian berbisnis menjadi makelar mobil hingga mempunyai showroom mobil bekas yang rata-rata masih di harga 10-20 juta. Hanya saja setiap usahanya harus tutup dan gulung tikar. Sampai akhirnya ia harus melakoni pekerjaan sebagai pegawai di salah satu perbankan. 

Suatu waktu ada yang merubah pemikiran tatkala melihat sanak saudaranya yang begitu sukses pada usaha besi tua yang digeluti. Nanang tertarik untuk mencari tahu hingga seorang pamannya yang tinggal di Bumiayu memperbolehkannya untuk ikut bekerja padanya. Nanang memutuskan untuk keluar dari pekerjaan sebagai pegawai bank dengan gaji 1,8 juta dan memilih bekerja di usaha besi tua pamannya dengan gaji hanya 400 ribu. Meski ibunda kecewa, Nanang berusaha menyakinkan bahwa ini adalah dapat menjadi jalannya memiliki usaha besi tua. 

Pemilik akun IG @nanang_anakbaik ini menuturkan  “Kalau saya di perbankan, saya mungkin 10 tahun bahkan seumur hidup, saya nda mungkin punya bank. Tapi kalau di besi tua, walaupun saat ini gaji 400 setidaknya kalau nanti aku sudah fasih dan mahir, 2 tahun aku akan haji. Karena aku lihat perjuangan para saudara saudara ini rata-rata 1 tahunnya sdh beli mobil, terus di tahun kedua, tahun ketiga sampai tahun kelima sudah pada haji semua, ini mindset. Kalau dengan gaya saya, insyallah dua tahun saya akan haji”

Nanang mulai terjun dan fokus belajar di pengolahan biji plasti, sampai ia sudah memiliki tabungan sebesar 1,5 juta dan meminta izin kepada pamannya untuk dapat membuka usaha sendiri. Walhasil, bisnis pengolahan biji plastik yang Ia jalani berkembang dengan pesat. 

Motivasi Kuat dari Istri Tercinta

Kesuksesan memang tidak selalu berada di atas, ada kalanya terjatuh dari kesuksesan yang telah di bangun. Begitupun yang dirasakan Nanang, usaha pengolahan biji plastik mengalami kemerosotan, yang membutuhkan banyak modal hingga akhirnya ia harus terlilit hutang di berbagai bank dan non bank. Bukan sedikit, hutangnya mencapai 1,3 milyar. Ia mengatakan bahwa setiap hari bisa 3 orang debt collector yang datang untuk menagih hutang. 

Menyadari keadaan yang semakin sulit, Nanang memutuskan untuk kembali ke titik nol. Ia mengembalikan semua kepada pihak perbankan apa yang menjadi asetnya selama ini. Saat dititik terendahnya, sang istri senantiasa memahami keadaannya, memotivasi dan mensupport Nanang untuk kembali bangkit. Bahkan sang istri pun turut bekerja untuk membantu membiayai beban hidup. 

Karena sudah tidak mampu lagi untuk membayar kos-kosan, mereka sampai terusir dari rumah dan harus berpindah tidur dari satu pom bensin ke pom bensin lainnya. Ia pun sempat bekerja sebagai pemulung untuk dapat membayar biaya bersalin. Kendati hidup susah, sang istri selalu menyemangatinya dan berusaha menjaga martabat suami. Istri beliau pun bahkan tidak mengizinkannya untuk melamar pekerjaan karena melihat potensi suaminya dalam berwirausaha. 

“ngga usah deh yang, mending kamu tidur aja cari inspirasi. Aku nikahin kamu tuh karena aku tau kamu punya potensi. Kalau kamu ujungnya hanya bekerja atau menjadi karyawan, aku mending ngga menikah sama kamu dari dulu. Aku lebih baik kamu hari ini jualan cilok daripada kamu harus kerja di tempat lain” Tambahnya tentang sang istri yang senantiasa menyemangati

Memutuskan Membuka Warung Makan

keberuntungan itu tidak pernah ada, yang ada itu bagaimana kita terus berusaha ada peluang, tapi kalau tidak kita ambil, tidak jadi beruntung. Situ kan ada peluang, saya untuk membuka warung.  karena apa? ada bekas gerobak, dan lain lain yang sudah tersedia, dan saya ambil keputusan itu sehingga akhirnya jadilah saya buka warung

Beliau mengisahkan hanya memiliki simpanan 500ribu untuk ia bisa gunakan menyewa tempat berjualan. Mendapatkan penolakan dimana-mana, akhirnya ia menemukan sebuah rumah bekas warung yang oleh pemiliknya, ia diperbolehkan menggunakan peralatan yang ada di warung tersebut seperti wajan, kompor, meja dan gerobak. 

Dari sinilah ia terinspirasi untuk membuat warung makan yang menjual lalapan dan bebek. Meski tidak mahir memasak, ia menyakini selama lidahnya sehat dimana makanan atau warung yang jual makanan yang ia suka, itu selalu ramai. Maka menandakan lidahnya sehat dan umum. Selebihnya ia mengandalkan belajar resep dari google dan youtube. 

Tapi malang, setelah tiga bulan berjalan, gerobak jualannya di curi orang. Tidak patah semangat, Nanang pun indah di salah satu pujasera. Di tempat inilah berdiri usaha Ayam Goreng Nelongso. Bukan tanpa alasan nama ini tercetus. Ia menuturkan sebelumnya warung makannya ia beri nama Griya Bebek & Ayam Mas Nanang. Namun, usahanya sempat terhalang oleh penjual senior yang tidak menginginkan ia menjual menu makanan lalapan, hingga beritanya sampai kepada pengelola. 

“Ini buka lalapan, sego sambal. Saya tidak jual ayam goreng, Cuma sayap sama ceker, jadi sayap goreng, ceker goreng, ditaruh di nasi saya siram sambal. Pokoknya saya harus bisa jualan. Namanya apa mas. Namanya Ayam Goreng Nelongso, langsung nyeletuk aja saat itu, Allah yang kasih nama” tutur ayah 6 orang anak ini.

Mengembangkan Ayam Goreng Nelongso 

Siapa sangka usaha menjual Ayam Goreng Nelongso laris manis hingga diawal ia dapat mengantongi setoran sebesar 50-100ribu. Namun, usahanya harus terkena penggusuran, dan ia lanjut pindah ke salah satu ruko di area bagian depan pujasera. Disana, Nanang dapat membuka kembali kedai makannya selama 24 jam. 

Semakin terkenal, ia membuka cabang ke-2 dan ke-3. Selama berjualan di sana, musibah kembali menimpa kedainya tersebut terbakar habis. Bahkan kebakaran kedainya sempat diliput berbagai media nasional.

Instagram @ayamnelongso

Pantang menyerah, ia terus berjuang dan mendirikan kembali restoran ayam gorengnya. Karena saat itu media meliput kebakaran outletnya dengan Ayang Goreng Nelongso, akhirnya memutuskan untuk membuka kembali dengan nama kedai Ayam Goreng Nelongso dengan tetap mempertahankan logo aslinya. 

Kini, kedai makannya kian ramai dan viral hingga bisa membuka cabang ke-4, cabang ke-5 hingga cabang ke 71 yang baru saja grand opening di Purwosari pada 24 Juni 2021.

Untuk merekrut karyawannya, Nanang menerapkan hal yang sangat sederhana, yakni memastikan orang yang ia rekrut adalah orang baik. Ia memilih untuk tidak mengambil professional, baginya yang terpenting adalah membuat pintar orang baik. Sehingga ia dapat memasrahkan dan mempercayakan bisnisnya kepada orang baik. 

Ayam Goreng Nelongso memiliki varian menu yang menarik tak hanya jenis makanan ayam dan bebek tapi juga berbagai jenis sambal sehingga konsumen dapat dengan bebas memilih sesuai selera. Ayam Goreng Nelongso semakin terus berkembang dan tersebar di berbagai cabang di Malang dan kota di Indonesia, seperti Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Denpasar dan masih banyak kota lain dengan total cabang outlet saat ini hingga 71 cabang. 

Untuk video kisah perjalanan bisnis Nanang Suherman dapat dilihat di Kanal Youtube Pecah Telur "Spesial Edition 20th Untold Story of Ayam Goreng Nelongso" dibawah ini 



Comments

  1. keren ya , orang2 seperti ini pantang menyerah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kak Tira sudah mampir. Sehat selalu ya ☺️💙

      Delete
  2. Pengalaman mas Nanang Suherman luar biasa ya. Dalam menggapai kesuksesannya itu semangat kerja kerasnya yang tidak pantang menyerah. Itu patut dijadikan contoh bagi saya.

    Tulisan kak Nuny sangat menginspirasi. Salam kenal dan sehat selalu ya kak ❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kak sudah mampir. Salam kenal juga ya ☺️

      Delete
  3. Perlu di contoh nih sepak terjang mas Nanang agar kita termotivasi untuk lebih bersemangat dalam meraih kesuksesan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kak sudah mampir. Salam kenal dan sehat selalu ☺️💙

      Delete
  4. Kerja keras, doa dan tidak pindang menyerah membuahkan hasil 71 outlet ayam goreng ngelongso

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kak sudah mampir. Salam kenal dan sehat selalu ☺️💙

      Delete
  5. Keren yah kisah hidup dan kesusksesannya...aku setuju banget jika Keberuntungan itu harus diusahakan bukan diam menunggu mengharap keberuntungan tanpa melakukan apa2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kak sudah mampir. Salam kenal dan sehat selalu ☺️💙

      Delete
  6. Inspirasi semangat juang Pak Nanang memang bisa kita tiru, agar terus berusaha dalam melakoni tugas dengan baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kak sudah mampir. Salam kenal dan sehat selalu ☺️💙

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengurus Visa China Ternyata Hanya 4 Hari!!

Travel plan saya selanjutnya adalah mengunjungi Shanghai, Cina. Untuk dapat mengunjungi Cina, tentunya harus siap dengan visa-nya. Nah, saya mau berbagi sewaktu saya mengurus visa China :-) fresh bulan April 2012 dan ternyata sangat mudah dan simpel. Karena baru pertama kali mengurus visa sendiri, jadi saya sangat interest sekali searching informasi. Untuk website resminya bisa klik disini VISA FOR CHINA . Sebenarnya persyaratan untuk mengurus visa China tidak terlalu banyak, yuk follow my feeds dibawah ini ;-) Buka website resminya, pelajari visa apa yang mau kamu ambil dan tujuannya untuk apa, lihat di sini JENIS-JENIS VISA CHINA & PERSYARATAN  Kalau saya tujuannya untuk traveling biasa, jadi saya ambil Tourism and family visit visa (L-Visa) Isi formulir permohonan dengan lengkap , kamu bisa download  VISA APPLICATION FORM atau bisa langsung APPLY ONLINE . Kalau saya pribadi, sudah apply online, jadi isi data via online, setelah data lengkap dan tersimpan, ot

4 Rekomendasi Tempat Wisata Belanja di Shanghai

Wisata belanja di Shanghai memang tidak ada habisnya. Namun, yang paling membuat saya tertarik adalah market-market tradisionalnya, sangat unik dengan berbagai macam jajanan pasar. Berikut ini saya akan berikan  tempat belanja yang berhasil saya kunjungi selama di Shanghai yang bisa jadi referensi teman-teman. Mari follow my journey  di bawah ini ya :) Nanjing Road Nanjing Road merupakan pusat jalan perbelanjaan utama di Shanghai. Ini jalan yang panjang hingga beberapa kilometer yang saling terhubung. Terdiri dari Nanjing Rd Timur dan Nanjing Rd Barat. Nanjing Rd Timur paling dekat dengan The Bund, sedangkan Nanjing Rd Barat dekat dengan People's Square. Pada siang hari, Nanjing Road penuh menggeliat dengan riuhnya para pengunjung. Outlet-outlet disepanjang jalan menawarkan merek-merek terkenal yang tak terhitung jumlahnya dengan kualitas yang bagus tentunya. Nanjing Road memang pusat perbelanjaan modern dengan tetap menyajikan konsep tradisional. Terbukti dengan ma

Nabung di Bank BRI, Kena Pajak!!

Disini saya mau berbagi tentang pengalaman saya menabung di BRI beberapa bulan kemarin, karena saya pikir menabung di bank pemerintah seperti BRI, tidak ada banyak potongan yang macam-macam. Sebelumnya saya menabung di Bank Muamalat Syariah yang sebenarnya sudah cocok sekali dan tidak banyak memberikan potongan kepada nasabah kecuali untuk biaya administrasi yang relatif masih dibawah Rp 10ribu. Tapi karena desakan orangtua untuk di pindah ke bank pemerintah, akhirnya saya memutuskan untuk membuka rekening di Bank BRI dekat kantor saya. Pembukaan rekening saya dengan setoran Rp 600ribu. Masih di bulan yang sama,saya mentransfer setoran ke rekening BRI sebesar Rp XX.000.000,- (maaf off the record). Pada bulan berikutnya, saya mendapatkan bunga bank sebesar Rp 28.036,-. Dan saya cukup kaget ketika saya mengetahui tabungan saya dikenakan pajak yang tidak ada ketentuannya berapa persen. Yang terpotong saat itu pajaknya Rp 5.607,- belum lagi potongan administrasi sebesar Rp 10ribu.

16 Things To Do In Shanghai (Part 1 - Sightseeing Shanghai)

Salah satu tujuan trip untuk solo traveling saya yang pertama adalah Shanghai, China. Satu minggu, saya habiskan waktu hanya di kota Shanghai, dan memang tidak membuat itenary untuk mengunjungi kota lain seperti Beijing. Mungkin saya ingin lebih dekat dengan kota Shanghai, sebagai kota Metropolis dari China. Untuk penerbangan ke China, saya menggunakan Singapore Airlines,dengan tujuan Pudong International Airport. Keberangkatan pagi hari jam 09:10, transit di Singapura, dan berlanjut jam 13:00 menuju Shanghai. Lama perjalanan Singapura-Shanghai sekitar 4 jam 45 menit. Tiba di Shanghai sekitar jam 7 malam. Sedangkan kembali ke Jakarta, saya ambil keberangkatan malam hari jam 19:10 tiba di Singapura jam 01:00 dini hari. Hanya saja, transit di Singapura agak lama 5 jam, jadi lumayan buooseenin. Berlanjut penerbangan ke Jakarta pagi jam 07:00, delay satu jam dari awal jadwal 05:00 Sedangkan untuk budget cost sendiri, rasanya bukan ala backpacker :-D

Weekend Banking BCA KCP Grand Indonesia

Bagi nasabah BCA,layanan weekend banking sangat membantu dalam memudahkan nasabahnya melakukan transaksi di hari Sabtu dan Minggu. Waktu itu saya menggunakan layanan ini untuk pembukaan rekening baru. Layanan weekend banking BCA diwilayah Jakarta Selatan & Jakarta Pusat hanya dilayani di dua lokasi,yaitu KCP Grand Indonesia dan KCP Pondok Indah Mall. Layanan Weekend Banking ini buka setiap Sabtu dan Minggu (Kecuali hari libur) dari pukul 10.00-15.00 WIB.  Untuk itu, saya memilih mendatangi kantor BCA di Grand Indonesia yang masih dekat dengan kantor. Hampir saja saya salah tujuan lokasi Bank BCA. Karena layanan weekend banking BCA bukan berlokasi di Menara BCA(tepat di depan jalan utama Grand Indonesia), tapi berada di Grand Indonesia Westmall Lantai LG. Sayangnya, saya tidak bisa melakukan pembukaan rekening baru, karena kartu identitas saya beralamatkan di Depok. Layanan pembukaan rekening baru pada saat weekend hanya melayani pembukaan rekening dengan kartu identitas wil

16 Things To Do In Shanghai (Part 2 - Sightseeing Shanghai)

Pada Part 1 yaitu tempat-tempat menarik untuk dikunjungi selama di Shanghai , saya sudah memberikan 5 tempat menarik di Shanghai. Nah, berlanjut di Part 2, masih sama, rekomendasi tempat-tempat menarik seperti temple, mesjid, garden, dan gedung tertinggi, dan arena. Follow my journey  di bawah ini ya 😄  6. Yu Yuan Garden and Bazaar Yu Yuan Garden adalah taman paling terkenal di Shanghai. Terletak di jantung Kota Tua Shanghai, dan salah satu tempat wisata paling menarik dan menjadi pusat kunjungan para turis di Shanghai.  Dekat dengan Yu Yuan Garden dapat ditemui pasar dengan sederetan outlet-outlet, rumah makan, yang menjual berbagai macam produk, mulai dari souvenir, pakaian, makanan khas, dan lain-lain. Suasananya rame betul, belum lagi bangunan-bangunan sekitar pasar yang terlihat sangat klasik khas tradisional China. Harga souvenir di sini relatif murah, mulai dari harga 5 RMB-90 RMB tergantung dari jenis souvenir. Untuk produk baju harganya bisa diatas 100 RMB.

16 Things To Do In Shanghai (Part 3 - Sightseeing Shanghai)

Masih berlanjut dari Part 1 dan Part 2 tentang tempat-tempat apa saja sih yang bisa dikunjungi dan menarik di Shanghai. Dan pada bagian terakhir ini yaitu Part 3, tempat menarik lainnya diantaranya makam nasional, masih seputar temple, tengok kebon binatang ala Shanghai, jajal penasaran naik gedung tertinggi di Shanghai. Yuk, checkidot di follow my journey 😃 11. Longhua Pagoda & Longhu Temple Longhu Temple Temple kali ini yang saya datangi berada jauh dari pusat kota Shanghai. Saya menggunakan taksi untuk menuju ke temple ini, daerah tempat ini memang jarang dikunjungi untuk para turis untuk hari-hari biasa, terkecuali mereka yang ingin bersembahyang atau ada kegiatan perayaan. Temple ini berada persis di samping pembangunan gedung bertingkat. Dan katanya, temple ini termasuk temple tertua di Shanghai. Terletak di Jalan Longhua sebelah selatan kota. Longhua Park terkenal dengan Longhua Temple dan Longhua Pagoda. Longhua Temple adalah kuil tertua di Shanghai y

Jalan-jalan ke Singapura ala Backpackers

Nuny & Neni This is me and my best friend, Neni. Beberapa waktu lalu, kami berdua backpacking ke Singapura. Jadi, memang kami siapkan sendiri, mulai dari beli tiket penerbangan sampai reservasi hostel. Banyak hal yang menarik selama 2 hari berada di Singapura, mulai dari bermalam di Changi Airport,sampai ketempat-tempat wisata,seperti Resort Island Sentosa. Berbagi cerita, semoga bisa memberikan informasi yang menyenangkan :) Mengurus Tiket dan Reservasi Penginapan Saat ini t iket penerbangan ke Singapura sangat mudah didapat,banyak airlines yang menyediakan jadwal penerbangan ke Singapura bahkan dengan harga promo yang sangat murah. Diantaranya ada Mandala Airlines, Air Asia Airlines, Batavia Air,Tiger Airways, Lion Air. www.thehivebackpackers.com Untuk reservasi penginapan,cukup mudah. Di Singapura banyak tersedia pilihan penginapan dari hostel backpackers sampai hotel berbintang. Salah satu hostel tujuan saya adalah The Hive Backpackers,yang t

4D3N Backpacking Malaysia Singapore Part 1 (Living in Chinatown Kuala Lumpur)

Setelah menyesuaikan waktu perjalanan dengan jadwal libur kami. Saya bersama sahabat saya, Ms. Neni berencana untuk  melakukan backpacking kembali. Tempat yang kami tuju masih dekat yaitu Malaysia dan Singapura. Perjalanan selama empat hari, kami mengunjungi Malaysia 2 hari 2 malam, dan Singapore 2 hari 1 malam. Ada banyak cerita menarik yang dapat dibagikan, termasuk juga beberapa tips bagi yang ingin berjalan-jalan hemat,tapi ngga ketinggalan untuk berkeliling tempat-tempat menarik di negara tujuan. Nuny & Neni Tiket Penerbangan Pulang-Pergi  Untuk penerbangan kali ini saya menggunakan jasa penerbangan Air Asia dan JetStar. Seperti diketahui Air Asia adalah pesawat asal Malaysia, dengan memanfaatkan tiket promo-nya, lumayan bisa mengurangi budget travel . Meskipun kami harus berangkat 3 bulan sesudahnya dari sejak diberlakukannya tiket promo :). Untuk penerbangan Air Asia dengan rute Jakarta - Kuala lumpur (tiket Rp 279ribu include tax airport) dan Kuala lump